Referensi Kuliner di Jalan Riau (Jalan RE Martadinata), Bandung




Jalan Riau, Bandung (sumber: ayobandung.com)
Jalan Riau, Bandung (sumber: ayobandung.com)

Bandung tidak hanya punya wisata alam sebagai tempat refreshing. Ibukota Provinsi Jawa Barat ini juga menyediakan bagi mereka yang doyan atau ngemil. Nah, apabila Anda juga berminat mencicipi kelezatan makanan saat liburan ke Kota Kembang, salah satu tempat yang wajib Anda datangi adalah Jalan Riau (sekarang bernama Jalan RE Martadinata). Pasalnya, kawasan ini sudah kondang sebagai pusat fashion dan .

Merupakan salah satu daerah yang berada dalam KSN (Kawasan Strategis Nasional), Bandung telah dibekali dengan sejumlah hal yang mendukungnya sebagai destinasi wisata populer. Wilayah Jalan Riau misalnya, terkenal sebagai pusat belanja, selain Jalan dan Jalan Ir. Juanda, dengan adanya berbagai distro maupun factory outlet yang menjual kaos, baju, dan lain-lain.[1]

Tak hanya itu, kawasan Jalan Riau juga populer sebagai gudangnya kuliner. Jika Anda sedang di Bandung dan ingin mengisi perut, langsung singgah saja ke wilayah ini. Anda akan menemukan banyak outlet, warung, kafe, atau restoran yang menawarkan aneka makanan dan minuman, mulai dari yang ringan hingga berat. Nah, berikut rekomendasi kuliner enak dan ngetop yang dapat ditemukan di Jalan Riau.

Angkringan Joss

Angkringan memang sudah identik dengan . Namun, saat berkunjung ke Bandung, Anda pun bisa menemukan warung sejenis, termasuk di kawasan Jalan Riau. Nah, salah satu angkringan populer di daerah tersebut yang wajib Anda datangi adalah Angkringan Joss yang terletak di Jalan RE Martadinata No. 189A dan beroperasi setiap hari mulai pukul empat sore waktu setempat.

Angkringan Joss (sumber: tribunnews)
Angkringan Joss (sumber: tribunnews)

Seperti angkringan di Yogyakarta, di sini, pembeli bisa langsung memilih sendiri yang akan disantap. Menu yang disediakan pun khas angkringan, seperti nasi kucing, nasi bakar, aneka baceman, usus, kulit ceker, kepala ayam, gorengan, serta sate kerang dan sate ayam. yang harus dibayar pun sangat terjangkau, mulai Rp3 ribu sampai Rp10 ribuan, tergantung menu.

Lihat Juga:   Pesona dan Update Harga Tiket Masuk Sanghyang Heuleut, Bandung

Nasi Kalong

Masih seputar kuliner malam, rekomendasi tempat lain adalah Nasi Kalong yang beralamat di Jalan RE Martadinata No. 102, Bandung. Walau namanya kalong, tetapi ini bukan nasi dengan kelelawar. Nama Nasi Kalong diambil karena tempat ini memang beroperasi mulai sore hingga malam hari sehingga pas dijadikan mengisi perut para ‘manusia nokturnal’ yang sedang ada di Bandung.

Nasi Kalong (sumber: pergikuliner.com)
Nasi Kalong (sumber: pergikuliner.com)

Restoran ini cukup populer dan sempat dikunjungi beberapa nama tersohor, seperti mantan Walikota Bandung, Ridwan Kamil, dan jurnalis kuliner kondang, Bondan Winarno. Menu andalan di tempat ini adalah Si Kalong, yakni nasi unik yang disajikan dengan warna sedikit gelap lantaran diberi bumbu kluwek. Dengan menggunakan beras merah, harga Nasi Kalong pun cukup murah, mulai Rp15 ribuan saja.

Marfee Martabak and Coffee Bar

Saat jalan-jalan ke Bandung dan ingin menikmati makanan yang ringan, Anda bisa langsung meluncur ke Marfee Martabak and Coffee Bar. Berlokasi di Jalan RE Martadinata No. 47, ini adalah sebuah kafe mini yang berada di lantai atas Rumah Sosis, yang menawarkan aneka martabak manis serta kopi. Tempat ini cocok dijadikan spot hangout waktu sore atau malam hari.

Marfee Martabak and Coffee Bar (sumber: pergikuliner.com)
Marfee Martabak and Coffee Bar (sumber: pergikuliner.com)

Ada banyak menu martabak yang dapat Anda pesan. Martabak Gulung misalnya, menyajikan rasa original dan keju dengan harga mulai Rp50 ribuan hingga Rp100 ribuan per porsi. Sementara, Martabak Tipker Version menawarkan rasa seperti cheese butter, classic, banana cheese, green tea cheese, nastar, hingga blueberry cheese dan ovomaltine dengan harga mulai Rp25 ribuan saja.

Fabrik Eatery & Bar

Buat Anda yang mengaku masih muda atau merasa berjiwa muda dan ingin nongkrong-nongkrong keren, salah satu rekomendasi yang dapat Anda coba adalah Fabrik Eatery & Bar. Café ini bisa Anda temukan di Jalan RE Martadinata No. 107, Bandung. Ini sering disebut sebagai tempat hangout anak gaul Bandung, serta kerap menggelar acara-acara yang kece.

Lihat Juga:   Update Cara Reservasi Segarra Ancol, Resto Pilihan di Pantai Carnaval
Fabrik Eatery & Bar (sumber: indoclubbing.com)
Fabrik Eatery & Bar (sumber: indoclubbing.com)

Punya tempat yang bersih dan luas setelah renovasi, Fabrik Eatery & Bar menawarkan berbagai makanan dan minuman ala bar pada umumnya. Selain itu, tempat ini juga kerap menyajikan bir botol kecil dengan harga mulai Rp200 ribuan untuk lima botol, sudah gratis chicken wing. Selain bisa bersantai, pengunjung pun dapat menyaksikan pertunjukan live music.

Marugame Udon

Apabila Anda ingin merasakan kelezatan udon khas Jepang saat liburan ke Bandung, Anda bisa langsung meluncur ke Marugame Udon. Berada di Jalan RE Martadinata No.112, ini adalah restoran udon yang menjadi favorit banyak yang singgah ke Kota Kembang. Pasalnya, selain rasanya yang mantap menggoyang lidah, ada banyak varian udon yang dapat Anda pesan.

Menu Marugame Udon (facebook: Marugame Udon Indonesia)
Menu Marugame Udon (facebook: Marugame Udon Indonesia)

Melansir situs resminya, untuk udon, sudah disediakan Kamaage Udon Family, Kamaage Udon Reguler, Zaru Udon, Kake Udon, Ontama Udon, Tori Baitan Udon, Spicy Tori Udon, Niku Udon, hingga Beef Curry Udon dan Yaki Udon Beef. Selain udon, restoran juga menawarkan tempura serta sejumlah paket kuliner, seperti Jubako Box, Paket Maru, serta paket untuk anak-anak.

Selain tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi lokasi kuliner enak di Jalan Riau atau Jalan RE Martadinata, Bandung. Beberapa nama yang sudah populer di kalangan traveler antara lain Café Bali, Iga Bakar Mas Giri, Warunk Upnormal, Pizza Hut, Kuku Mama, Karnivor, Paviliun Sunda, Warung Misbar, Suis Butcher, Steak House, Dakken Restaurant, Sleeping Forest Bandung, Sop Konro Marannu, Jumbo Eater, hingga 90 Gourmet.

[1] Perdana, Rangga Putera, Maylanny C., Ruth Mei Ulina Malau. 2016. Citra Kawasan Strategis Nasional Cekungan Bandung Melalui Instagram pada Pengguna Hashtag #ExploreBandung. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 4(2): 184-198.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan