Enak dan Murah, Ini Referensi Kuliner Dekat Stasiun Lempuyangan




Soto Ayam Pak Gareng - www.tuguwisata.com
Soto Ayam Pak Gareng - www.tuguwisata.com

Setelah melakukan yang jauh, biasanya badan lelah dan perut akan terasa kosong. Nah, apabila Anda kebetulan berencana ke melalui Stasiun Lempuyangan, Anda tidak perlu risau. Pasalnya, di dekat tersebut, Anda dapat menemukan sejumlah enak sekaligus , yang dapat dijadikan pengisi perut sesaat setelah tiba.

Rumah Makan Murni 83

kuliner ini berada di Jalan Tukangan No. 45, Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta. Biasa juga disebut Es Murni 83 Tukangan, rumah makan ini konon sudah berdiri sejak tahun 1978 silam, termasuk kuliner legendaris di Yogyakarta. Hingga saat ini, gaya vintage-nya masih kental terasa, berkat penggunaan bangku dan meja yang sederhana, bahkan ada beberapa dengan cat yang mulai mengelupas.

yang ditawarkan Rumah Makan Murni 83 cukup beragam. Paling terkenal tentu saja es teler yang segar dan dijamin membuat dahaga langsung sirna. Selain itu, ada pula bistik, yang punya tampilan khas rumahan dengan style tempo dulu, atau sering disebut selat Solo. Dengan harga mulai Rp4.000 hingga Rp20 ribuan per porsi, Rumah Makan Murni 83 buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga 9 malam.

Rumah Makan Murni 83 - blog.mokapos.com
Rumah Makan Murni 83 – blog.mokapos.com

Mie Pelangi 88

Tempat kuliner lainnya yang berada dekat dengan Stasiun Lempuyangan adalah Mie Pelangi 88. Warung atau kedai ini dapat Anda temukan di Jalan Lempuyangan No. 1, Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta. Walau warungnya memang tidak terlalu besar, bahkan cenderung kecil, tempat ini menjadi buruan warga lokal dan pendatang lantaran punya sajian mie yang konon cukup lezat.

Mie yang disajikan sendiri dikatakan terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tepung terigu, telur, tomat, wortel, serta sawi pilihan dan tanpa bahan pewarna buatan. Pengunjung bisa memilih mie ayam dengan berbagai kombinasi bakso, pangsit basah, pangsit kering, hingga telur pangsit. Selain itu, tersedia pula varian mie pelangi pangsit rebus dengan harga Rp17 ribuan per mangkuk.

Soto Ayam Pak Gareng

Kuliner ini telah memiliki beberapa cabang di Yogyakarta. Selain di Jalan Hayam Wuruk, Bausasran, Danurejan, dekat Stasiun Lempuyangan, Soto Ayam Pak Gareng juga berlokasi Jalan P. Mangkubumi, Sosromenduran, atau persis di seberang Stasiun Tugu Yogyakarta. Ada pula cabang yang terletak di kawasan Tamanan, Bantul serta di Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Berbeda dengan soto ayam kebanyakan, soto di sini memiliki ciri khas kuah bening atau tidak menggunakan santan. Selain itu, ada tambahan lenthok goreng yang dipotong dan dicampur. Lenthok sendiri adalah yang terbuat dari singkong yang telah ditumbuk halus, lalu dicampur dengan bumbu, lantas dibentuk bulat dan digoreng. Untuk menikmati satu porsi Soto Ayam Pak Gareng, harganya mulai Rp11 ribuan.

Soto Ayam Pak Gareng - www.tuguwisata.com
Soto Ayam Pak Gareng – www.tuguwisata.com

Soto Ayam Lenthok Pak Yono

Selain Soto Ayam Pak Gareng, kuliner sejenis yang dapat Anda temukan di sekitar Stasiun Lempuyangan adalah Soto Ayam Lenthok Pak Yono. Tempat ini beralamat di Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta. Lokasinya berada di dalam Pasar Lempuyangan sebelah utara paling timur, dan menjadi satu-satunya penjual soto lenthok di dalam pasar tersebut.

Satu porsi soto lenthok terdiri dari nasi putih, tauge, soun, potongan tahu bacem, potongan lenthok, dan daging ayam potong. Porsi yang disajikan terbilang standar dan cukup kenyang untuk sarapan. Saat mencicipi kuah soto, bumbunya terasa ringan dan segar, dengan citarasa cenderung gurih dan sedikit manis. Beroperasi mulai jam 6 pagi, satu porsi soto dijual dengan harga Rp12 ribuan.

Tongseng Pasar Lempuyangan

Di dekat Stasiun Lempuyangan, berjarak hanya sekitar 400 meter, Anda akan menemukan Pasar Lempuyangan. Nah, di pasar ini, ada sejumlah kuliner oke yang pas buat mengganjal perut Anda selepas perjalanan. Jika ingin bersantap tidak biasa dan mungkin susah ditemukan di tempat asal Anda, Anda bisa mencoba mencicipi kelezatan sate dan tongseng yang terletak tepat di depan pasar.

Terletak di Jalan Hayam Wuruk, penjual tongseng ini adalah seorang bapak-bapak (bernama Pak Tumijo/Tumiyo) yang mendorong gerobak berwarna biru dan biasanya mangkal di depan pasar. Menu makanan legendaris ini dimasak menggunakan anglo yang khas dan punya citarasa yang kuat. Selain tongseng, juga ada sate kambing, gulai kambing, hingga nasi goreng kambing.

Warung Makan Cak Koting

Untuk Anda yang ingin menyantap penyetan atau bebek goreng ketika berkunjung ke Stasiun Lempuyangan, bisa mampir ke Warung Makan Cak Koting. Beralamat di Jalan Doktor Sutomo No. 57, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta, warung makan ini beroperasi mulai jam 9 pagi hingga 11 malam, dengan harga menu makanan berkisar Rp12 ribu hingga Rp55 ribuan per porsi.

Mengklaim sebagai spesialis bebek dan ayam goreng, makanan yang disediakan di sini sebenarnya sangat bervariasi. Selain keduanya, mereka juga punya menu burung dara, ikan lele, ikan nila, ikan gurame,  berbagai daging sapi olahan, baik daging dan jeroan, serta soto sulung. Sementara, menu minumannya terdiri dari aneka jus, olahan teh, susu, serta minuman dalam kemasan.

Warung Makan Cak Koting - www.doyankuliner.com
Warung Makan Cak Koting – www.doyankuliner.com

Spesial Sambal Mentah Bu Saring

Meski dikenal dengan makanan berasa manis, namun bukan berarti Anda tidak akan menemukan sajian pedas saat liburan ke Yogyakarta. Nah, salah satu kuliner yang patut dicoba adalah Spesial Sambal Mentah Bu Saring yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk No. 39B, Tegal Panggung, Danurejan, tidak jauh dari Stasiun Lempuyangan dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Seperti namanya, menu andalan di tempat ini adalah sambal mentah, sambal matang, dan sambal bawang. Sambal disajikan bersama dengan lalapan kacang panjang, mentimun, kol, dan aneka lauk seperti tahu, tempe, ayam, bebek, ati, lele, bandeng, babat, atau telur puyuh, bisa digoreng atau dibakar. Harganya sendiri bisa dikatakan standar, mulai Rp10 ribu hingga Rp25 ribuan per porsi.

Lihat Juga:   Daftar Homestay dan Objek Wisata di Sidoarjo




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan