Ketinggian Puncak Penanjakan di Gunung Bromo




Bromo merupakan sebuah gunung berapi yang berlokasi di Provinsi . Letak gunung yang masih berstatus aktif ini menggabungkan 4 wilayah kabupaten sekaligus, yakni  kabupaten , Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten . Memiliki ketinggian 2.329 mdpl, gunung Bromo kini menjadi area pegunungan terfavorit di Jawa timur dan termasuk dalam kawasan ‘ Nasional Bromo Tengger ’.gunung-bromo

Formasi bentuk gunung Bromo menautkan lembah dan ngarai dengan kaldera (lautan pasir) seluas ± 10 km2.  Gunung Bromo memiliki sebuah kawah berdiameter ± 800 meter yang membentang dari utara-selatan dan ± 600 meter jika diukur dari timur ke barat. Sedangkan untuk daerah yang dianggap berbahaya, berbentuk lingkaran dengan jari-jari sepanjang 4 km terhitung dari pusat kawah Gunung Bromo. Beberapa titik favorit pendaki adalah Puncak Penanjakan 1 dan Penanjakan 2 yang memiliki view terbaik untuk menikmati momen sunrise (matahari terbit).

Penanjakan 1

Lihat Juga:   Info Terbaru Harga Tiket Masuk dan Paket Outbound di Owabong Waterpark

Puncak Penanjakan 1 di Bromo berada pada ketinggian 2.770 meter di atas permukaan laut. Penanjakan 1 ini berada di sebelah barat Gunung Bromo dan masih termasuk sebagai bagian dari Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) di Jawa Timur. Untuk bisa menuju sampai ke puncak dengan santai, Anda bisa menyewa jasa angkutan Jeep atau Hardtop di Bromo. Hal ini diperlukan mengingat medannya yang sulit untuk dilewati menggunakan kendaraan biasa. View di penanjakan 1 terasa spesial karena berlatar pemandangan Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi, dan Gunung Semeru.

Penanjakan 2

Meski tak sepopuler penanjakan 1, Puncak penanjakan 2 bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati suasana lebih sunyi. Penanjakan 2 juga menjadi alternatif kunjungan ketika lokasi Penanjakan 1 sedang tidak dibuka untuk umu, semisal ketika ada tamu negara yang berkunjung atau event spesial lainnya. Bagi Anda yang menyukai tantangan pastinya akan terpuaskan dengan mendaki ke Penanjakan 2 karena medannya lebih berat ketimbang Penanjakan 1.

Lihat Juga:   7 Hotel Populer di Probolinggo Dekat dengan Gunung Bromo

Spot view point sunrise di Penanjakan 2 terletak tepat di desa Seruni, Sukapura dan baru diresmikan beberapa tahun belakangan oleh bupati Probolinggo. Sempat ditutup akibat tanah longsor, Penanjakan 2 kini dibuka kembali untuk umum setelah mendapat beberapa perbaikan jalan dan sarana lainnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati momen sunrise dengan sempurna di Puncak Penanjakan, ada baiknya menyewa penginapan di sekitar area Bromo  agar perjalanan anda menjadi tidak tergesa-gesa.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan