Kebun Teh Wonosari, Destinasi Wisata Romantis di Lawang




Perkebunan Teh Wonosari

Kebun teh dianggap sebagai salah satu lokasi romantis bagi pasangan muda-mudi. Pasalnya, banyak film romansa yang menjadikan kebun teh sebagai setting lokasi syutingnya, semisal film “My Heart” yang mengambil lokasi syuting di Kebun Teh Rancabali, Ciwidey, Jawa Barat. Keindahan hamparan hijau tanaman teh dengan background pegunungan ditambah kisah romansa dalam film membuat popularitas kebun teh semakin bertambah.

Ngomong-ngomong soal kebun teh, di Indonesia, tidak hanya Kebun Teh Rancabali yang akan keindahannya. Di Kabupaten , tepatnya di Kecamatan Lawang, juga terdapat Kebun Teh Wonosari yang menjadi favorit masyarakat Jawa Timur.

Agrowisata Wonosari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kebun Teh Wonosari merupakan destinasi wisata yang di Lawang. Kebun Teh Wonosari bertempat di 7 km sebelah barat pasar Lawang, tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Lawang, atau sekitar 30 km ke arah utara Kota Malang.

Kebun Teh Wonosari
Kebun Teh Wonosari

Untuk menjangkaunya, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau . Jika menjadi pilihan Anda, dari Kota Malang, Anda bisa menumpang angkot jurusan Lawang dari Terminal Arjosari. Sesampainya di Lawang, Anda pindah ke angkot dengan kode SLKW hingga sampai di Wonosari. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek selama 5 menit. Sementara, jika berangkat dari Surabaya, Anda bisa naik bus jurusan Surabaya-Malang, kemudian turun di Pasar Lawang, setelah itu lanjutkan perjalanan menggunakan angkot berkode SLKW.

Lihat Juga:   Tlogomas Guest House, Akomodasi Mewah dan Homy di Malang

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, sesampainya di Lawang, sudah banyak penunjuk ke arah kebun teh. Ikuti saja petunjuk arah yang ada hingga Anda sampai. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah kondisi kendaraan Anda harus cukup prima karena jalannya naik dan cukup curam.

Sesampainya di Agrowisata Wonosari, Anda akan disuguhi permadani hijau yang tersusun dari hamparan tanaman teh yang berpadu sempurna dengan Gunung Arjuno sebagai background-nya. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat banyak kupu-kupu dan burung-burung cantik yang sedang terbang rendah di atas pohon teh.

Pemandangan Kebun Teh Wonosari
Pemandangan Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari Lawang Malang yang memiliki luas area sekitar 1.144 hektare ini merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur, yang kemudian dijadikan tempat wisata. Dengan ketinggian 950 – 1.250 meter di atas permukaan laut, pengunjung akan dimanjakan dengan udara sejuk khas pegunungan ketika berlibur ke tempat ini.

Lihat Juga:   Traveling ke Ngadas, Desa di Atas Awan

Fasilitas dan

Kebun Teh Wonosari dibuka untuk umum setiap hari dan beroperasi mulai jam 07.00 – 17.00 WIB. Tarif masuk pada hari Senin-Sabtu adalah sekitar Rp10.000 per orang, sedangkan hari Minggu atau libur nasional harga tiketnya Rp15.000 per orang. Di Kebun Teh Wonosari, Anda bisa melakukan beragam aktivitas seru. Misalnya saja melihat secara langsung proses pengolahan daun teh, mulai proses pemanenan hingga proses pengepakan.

Yang paling menarik tentu saja kegiatan tea walk di area Agrowisata Wonosari. Di samping itu, di Kebun Teh Wonosari juga terdapat sederet fasilitas lain seperti area sepakbola, tenis, voli, jogging, kolam renang air hangat, kebun binatang mini, toko tanaman hias, dan beragam wisata. Ada banyak yang bisa Anda coba, misalnya saja kereta kelinci, ATV, flying fox, wall climbing, paint ball, sepeda air, sepeda gunung, kuda wisata, sampai mobil battery.

 




Tentang M. Nur Fahmi1398 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan