Kebun Binatang Jurug, Tempat Wisata di Solo yang Makin Kekinian dengan Taman Lampion




Kebun Binatang Jurug - lifestyle.okezone.com
Kebun Binatang Jurug - lifestyle.okezone.com

Anda berencana bepergian ke Solo dalam waktu dekat? Jika iya, cobalah untuk mampir mengunjungi sebuah tempat yang sudah cukup terkenal di kalangan warga Solo, yakni Kebun Binatang Jurug Solo Zoo atau yang juga disebut dengan nama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Kebun Binatang Jurug Solo Zoo terletak di Jl. Ir. Sutami no. 40, Kentingan, Jebres, Surakarta, lebih tepatnya di sebelah kampus UNS (Universitas Sebelas Maret).

Kebun Binatang Jurug - regional.kontan.co.id
Kebun Binatang Jurug – regional.kontan.co.id

Kebun Binatang Jurug Solo Zoo sudah dibangun sejak tahun 1976 silam. Objek wisata yang berdampingan dengan Sungai Bengawan Solo tersebut awalnya adalah taman kota yang digunakan untuk menjaga berbagai satwa dari Taman Bonrojo atau Kebun Raja di area Sriwedari. Lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memutuskan untuk mengambil alih taman tersebut dan membawanya ke TSTJ.

Walaupun koleksi satwa di Kebun Binatang Jurug Solo Zoo mungkin tidak selengkap Gembira Loka Zoo, namun TSTJ tetap saja mendapat tempat di hati para . Terlebih karena area kebun binatang ini terus dikembangkan dengan mengikuti yang lebih kekinian dan tentunya lebih banyak spot foto yang lebih menarik untuk diunggah ke media sosial.

Harga Masuk Kebun Binatang Jurug Solo

Untuk masuk ke Kebun Binatang Jurug Solo Zoo, Anda akan dikenai tiket seharga Rp 15.000 pada hari Senin-Jumat (weekday), sedangkan setiap weekend (Sabtu-Minggu) atau Hari Libur Nasional dan event khusus, harga tiketnya dibanderol sedikit lebih mahal, yakni Rp 20.000 per orang. Untuk pengunjung dengan tinggi di atas 80 cm dikenakan tiket dengan penuh.

Akan tetapi Anda tak perlu khawatir, sebab Kebun Binatang Jurug Solo juga menawarkan diskon atau potongan harga tiket khusus untuk Anda yang datang bersama rombongan minimal 25 orang. Adapun besaran diskon yang diberikan untuk rombongan umum sebesar 10%, pelajar dan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diskonnya 20%, dan untuk pengunjung keagamaan memperoleh diskon paling besar, yakni 30%. Akan tetapi diskon ini tak berlaku pada saat event khusus.

Lihat Juga:   Harga Tiket & Paket Bhakti Alam Nongkojajar, Agrowisata Komplet di Pasuruan

Bagi Anda yang menginginkan kunjungan dengan fasilitas lengkap di Kebun Binatang Jurug Solo, disediakan pula paket edukasi dengan biaya Rp 50 ribu per anak untuk peserta minimal 25 orang. Paket edukasi ini sudah termasuk dengan tiket masuk, ID card, pemandu, snack, kegiatan memberi pakan untuk satwa, naik kereta kelinci, naik onta, dan memperoleh souvenir gratis.

Fasilitas Kebun Binatang Jurug Solo Zoo

Kebun Binatang Jurug Solo Zoo memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti beragam koleksi flora dan fauna, baik dari unggas seperti burung merak, beo, kakaktua, dan sebagainya. Lalu ada satwa karnivora seperti harimau , buaya, komodo, macan tutul, dan lain-lain, hingga koleksi satwa herbivora yang jinak seperti kuda, kijang, gajah, kera, dan masih banyak lagi.

Kebun Binatang Jurug - limakaki.com
Kebun Binatang Jurug – limakaki.com

Untuk memberikan edukasi terhadap para pengunjung, di setiap kandang kebun binatang juga disediakan lengkap di sisi luar meliputi nama satwa dan nama latinnya, asal daerah, dan keterangan penting lainnya. Tak hanya satwa, ada pula koleksi flora layaknya pohon cemara, pinus, munggur, akasia, dan sebagainya yang menambah suasana asri dari Kebun Binatang Jurug Solo Zoo.

Bagi Anda yang lelah menjelajahi area kebun binatang pun sudah disediakan beberapa tempat duduk untuk beristirahat atau bersantai. Beberapa koleksi hewan di Kebun Binatang Jurug Solo Zoo pun kabarnya bisa ditunggangi, namun khusus hari Minggu atau hari libur nasional, misalnya saja unta atau gajah.

Meski konsepnya sebuah kebun binatang, Jurug pun menyediakan arena bermain anak-anak, kereta mini, masjid, warung dengan harga makanan dan minuman yang relatif terjangkau, hingga yang belakangan ini menyedot perhatian warga Solo tentunya adalah kehadiran Taman Pelangi di area TSTJ. Taman Pelangi sendiri baru diresmikan akhir Desember 2017 lalu. Taman lampion itu secara keseluruhan menggunakan daya listrik sebesar 180 ribu watt, dan 80 ribu watt di antaranya dimanfaatkan secara khusus untuk dancing fountain.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Di Malaka

Di Taman Pelangi Anda bisa menyaksikan ribuan lampion dalam berbagai bentuk, misalnya saja bentuk bunga-bunga kecil yang terlihat romantis di malam hari, lampion berbentuk naga, hingga lampion berbentuk binatang. Yang lebih seru lagi, Anda juga dapat menikmati suguhan dancing fountain atau air mancur yang dapat menari-menari. dancing fountain itu ada di tengah danau dengan lebar 18 meter dan mampu menembakkan air ke atas hingga setinggi 30 meter. Nantinya terdapat efek lampu dan efek api yang begitu menakjubkan dari dancing fountain tersebut, lengkap dengan water screen sebuah video yang berkisah tentang cerita anak-anak. Menarik sekali bukan?

Jadwal pertunjukan air mancur menari itu ditampilkan setiap pukul 19.00, 20.00, dan 21.00 WIB dengan durasi sekitar 10 menit untuk tiap pertunjukan. Ada pula wahana permainan untuk anak-anak seperti komidi putar, bom bom car, trampolin, dan sebagainya. Harga tiket masuk Taman Pelangi Jurug dibanderol Rp 20 ribu saat hari biasa (Senin-Jumat), jika berkunjung saat hari libur dan akhir pekan (Sabtu-Minggu) harga tiketnya Rp 25 ribu per orang.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap seputar fasilitas atau pembelian tiket rombongan, Anda bisa menghubungi pihak Kebun Binatang Jurug Solo di kontak berikut ini.

Perusahaan Umum Daerah Taman Satwa Taru Jurug Surakarta

Alamat: Jl. Ir. Sutami No. 109, Surakarta
Nomor telepon/fax: (0271) 636279
Email: jurugsolozoo1976@solozoo.id / tstj.solo@gmail.com
Website: www.solozoo.id
Jam buka: 07.30 – 16.00 WIB




Tentang Dian Kartika1034 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*