Jangan Asal Pilih, Ini Karakteristik Hotel Ramah Anak




Hotel Ramah Anak - sprayable.co
Hotel Ramah Anak - sprayable.co

Meski sekarang sudah tersedia beragam tipe penginapan, mulai , guest house, , hingga resort, namun tetap menjadi yang paling populer di kalangan . Tidak hanya dapat ditempati satu atau dua orang, sudah banyak hotel yang menyediakan kamar berukuran besar untuk menampung tamu keluarga, termasuk mereka yang mengajak anak-anak. Namun, sebelum membawa buah hati bepergian dan menginap, Anda perlu mengetahui karakteristik hotel yang ramah anak.

Pengertian Hotel

Akomodasi ini bisa dibilang sebagai perusahaan yang menyediakan berbayar untuk jangka pendek. Fasilitas yang disediakan dapat berkisar dari kasur berkualitas sederhana di kamar kecil hingga suite besar dengan fasilitas seperti tempat tidur jumbo, lemari, kulkas, televisi, dapur, minibar, coffee dan tea maker, sofa, teras pribadi, hingga kamar mandi en-suite.

Pengertian lainnya, hotel adalah perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar, sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.[1]

Hotel sendiri memiliki beragam jenis. Penentuan jenis hotel terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan.[2] Berdasarkan hal tersebut, jika dilihat dari tempat hotel dibangun, penginapan ini dapat dibedakan setidaknya menjadi city hotel (biasanya terletak di perkotaan), residential hotel (umumnya berada di pinggiran kota besar), resort hotel (di daerah pegunungan atau tepi pantai), dan motel (di pinggiran atau sepanjang jalan antar-kota).

Menikmati Fasilitas Kolam Renang Hotel - @TaylorYMCA
Menikmati Fasilitas Kolam Renang Hotel – @TaylorYMCA

Sementara, jika dilihat berdasarkan kualifikasi bintang atau star, hotel saat ini setidaknya dapat dibedakan menjadi lima tipe, yakni hotel bintang 1, hotel bintang 2, hotel bintang 3, hotel bintang 4, dan hotel bintang 5. Menurut Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, hotel bintang sendiri dikatakan sebagai hotel yang telah memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel.[3]

Lihat Juga:   Everyday Smart Hotel Malang, Tawarkan 129 Kamar dengan Tarif Terjangkau

Selain didatangi solo traveler atau berpasangan, tidak jarang hotel dipilih oleh mereka yang bepergian bersama keluarga, termasuk anak-anak. Staycation di hotel memang bisa menjadi salah satu cara berlibur yang bakal disukai anak-anak, terutama untuk menghilangkan kebosanan saat berada di rumah. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih penginapan yang akan ditempati, Anda harus mengetahui karakteristik hotel yang ramah untuk mereka.

Ciri Hotel Ramah Anak

  • Lokasi, sebaiknya pilih hotel yang berada di tempat strategis, dekat dengan pusat transportasi dan tempat wisata. Ini bertujuan agar Anda bisa menghemat waktu perjalanan mengingat fisik anak-anak belum setangguh orang dewasa sehingga mereka rentan kelelahan, terlebih jika berkunjung ke suatu tempat yang sangat jauh dari rumah Anda.
  • Kamar, usahakan mencari hotel yang setidaknya menyediakan ranjang tipe double bed di kamar mereka, karena umumnya anak-anak tidak bisa tidur dengan anteng. Selain itu, hotel yang baik untuk anak adalah yang menyediakan kamar berukuran luas, sehingga mampu mengakomodasi ruang gerak anak. Jika kebetulan harus tidur di kamar terpisah, pilih hotel yang memiliki fasilitas connected room. Hotel dengan kamar yang punya balkon atau teras pribadi juga bisa menjadi pilihan karena dapat menyajikan hiburan tersendiri bagi anak Anda.
  • Ruang bermain, ini adalah fasilitas yang seharusnya ada jika hotel tersebut mengklaim ramah anak. Sekecil apa pun ruang bermain atau kids club yan disediakan, ini pasti menjadi kesenangan tersendiri bagi anak-anak. Terlebih jika hotel tersebut punya taman hijau yang luas untuk aktivitas anak-anak tanpa mengganggu tamu hotel yang lain.
  • Dapur dan lemari es, ini adalah fasilitas yang juga penting jika Anda menginap di hotel bersama anak-anak. Lemari es mini, termos, dan pemanas air sangat berguna jika sewaktu-waktu Anda ingin menyajikan makanan atau minuman untuk anak, termasuk MPASI. Sementara, dapur dapat digunakan untuk membuat makanan jika perut anak Anda kosong dan ingin segera makan.
  • Minimarket, hotel yang ramah untuk tamu keluarga biasanya memiliki fasilitas minimarket kecil di bagian lobi. Sehingga, ketika tamu membutuhkan makanan atau camilan untuk anak-anak mereka, tidak perlu pergi keluar hotel.
Lihat Juga:   Spot Wisata Unik & Keren di Luak Limopuluah, Sumatera Barat

Saat ini, sudah banyak hotel yang mengklaim diri ramah anak dan menyediakan fasilitas yang pas untuk tamu keluarga dan tersebar di berbagai kota. Untuk bisa menginap di hotel demikian, yang dipatok biasanya memang relatif lebih mahal. Namun, untuk kenyamanan keluarga dan anak-anak Anda, tidak ada salahnya mengeluarkan biaya berlebih asalkan liburan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Anak Bermain di Kamar Hotel - www.journey.ritzcarlton.com
Anak Bermain di Kamar Hotel – www.journey.ritzcarlton.com

[1] Sulastiyono, Agus. 2001. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: CV Alfabeta.

[2] Manurung, Heldin dan Trizno Tarmoezi. 2007. Manajemen Front Office Hotel. : Kesaint Blanc.

[3] Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2001 Tentang Standar Usaha Hotel.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan