Kampung Nelayan Situbondo, Punya Fasilitas Penginapan Ala Pesisir




Kampung Nelayan Situbondo (sumber: fakta.news)
Kampung Nelayan Situbondo (sumber: fakta.news)

Berada di pesisir pantai, memang tidak jauh-jauh dari laut. Nah, jika Anda seorang traveler tulen, pasti sudah tidak asing dengan Kampung Nelayan. Siapa sih yang belum kenal Kampung Nelayan? Kampung dengan pemandangan pantai yang indah ini adalah satu destinasi murah yang sedang hits di Situbondo, dengan tiket masuk cuma Rp3 ribuan per orang.

Lokasi dan Keindahan Kampung Nelayan Situbondo

Terletak di Desa Klatakan, Kapong Kec. Kendit, Kab. Situbondo, Kampung Nelayan kini sudah menjadi sorotan banyak orang dari luar kota. Banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin menikmati keindahan dan kesejukan berada di Kampung Nelayan tersebut.

Bagi Anda yang masih asing dengan keberadaan Kampung Nelayan di Situbondo, kampung ini sebenarnya adalah TPA. Bisa terbayang bukan, betapa joroknya TPA? Ada banyak kapal pembuangan sampah atau warga yang mampir untuk sekadar membuang sampah. Kemudian, pada 2017 lalu, kampung ini disulap menjadi salah satu kampung wisata.

Ketika Anda berkunjung ke Kampung Nelayan, Anda sudah tidak akan menjumpai sampah secuil pun. Kampung sudah menjadi bersih dengan beragam ornamen khas pesisir. Di kampung tersebut, Anda pun tidak akan mencium bau amis atau bau busuk sampah lagi. Dilansir dari Kompas, pembangunan kampung wisata nelayan ini dikelola secara mandiri oleh BUMDES dan para warga sekitar, khususnya para nelayan.

Setelah bersih dan tidak ada sampah, di Kampung Nelayan akhirnya dibangun beberapa spot khusus untuk para wisatawan yang ingin berfoto. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati udara pantai yang sejuk, tetapi juga bisa menikmati keindahan spot-spot tersebut. Beberapa spot menuju laut dihiasi dengan patung dan pola berwarna-warni yang menghiasi dinding kampung. Kampung ini juga dihiasi dengan gubuk serta pendopo-pendopo kecil sebagai beristirahat.

Kampung Nelayan akan tampak lebih indah ketika sore hari. Anda bisa menikmati keindahan pemandangan senja di pinggir pantai, sembari melihat burung camar beterbangan. Suasana makin nikmat dengan meminum minuman hangat, seperti kopi, teh, atau wedang jahe di warung yang berdiri di pesisir pantai.

Fasilitas Kampung Nelayan

Fasilitas Kampung Nelayan Resort (sumber: Traveloka)
Fasilitas Kampung Nelayan Resort (sumber: Traveloka)

Jika Anda lelah bermain di pantai, Anda juga bisa menginap di resort yang telah disediakan oleh Kampung Nelayan. Penginapan ini adalah pinggir pantai dengan fasilitas yang lengkap. Punya nama yang sama, penginapan tersebut masih terletak di satu area dengan Kampung Nelayan, tepatnya berada di Jalan Raya Surabaya – Situbondo KM 189, Desa Klatakan, Kapong, Kec. Kendit, Kab. Situbondo.

Penginapan ini sedikit berbeda dengan akomodasi pada umumnya. Karena mengusung konsep hunian pinggir pantai, bangunannya hanya berupa pondokan kecil-kecil. Meski demikian, dalam satu pondokan kecil terdapat , dapur, ruang bersantai, dan mandi.

Ketika Anda menginap di Kampung Nelayan Resort, Anda bisa menikmati pemandangan Kampung Nelayan yang indah di malam hari. Lampu berwarna-warni yang dipasang di setiap jalanan akan menyala. Anda juga bisa melihat kapal yang berlabuh dengan tanda lampu kapal yang berkedip. Pemandangan ini tentu bisa menghadirkan pengalaman yang berkesan selama .

Di sekitar pondokan, Anda juga bisa melihat pemandangan taman melalui jendela kamar. Setiap pondokan memang sudah dikelilingi taman dan bangku taman. Jika Anda jenuh di dalam kamar seharian, Anda bisa bersantai dengan duduk di bangku taman sembari menikmati secangkir teh atau kopi hangat.

Penginapan ini pun telah menyediakan fasilitas berupa TV layar datar dengan channel TV kabel. Anda tidak usah khawatir jika ingin melihat serial drama kesukaan Anda. Sementara, di belakang bangunan setiap pondokan, terdapat teras yang bisa Anda jadikan sebagai tempat berfoto atau bersantai. Karena mengusung konsep hunian pesisir, pondokan memiliki struktur bangunan menyerupai rumah panggung yang tinggi. 

Tarif Kampung Nelayan Resort

Fasilitas kamar Kampung Nelayan Resort (sumber: Traveloka)
Fasilitas kamar Kampung Nelayan Resort (sumber: Traveloka)
Tipe KamarTarif per Malam
Standard Room Rp300.000
Executive Room Rp600.000
VIP Room Rp1.000.000

Bagi Anda yang ingin melakukan reservasi, bisa melakukannya secara langsung di lokasi. Jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa melakukan pemesanan melalui di nomor 085320206738 atau melalui situs booking online, seperti Traveloka, Pegipegi, dan lainnya.

Jam Operasional dan Harga Tiket Wisata Kampung Nelayan

Kampung Nelayan Situbondo beroperasi setiap hari pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Bagi Anda yang ingin pergi ke tempat wisata tersebut, akan lebih baik jika berkunjung di pagi hari. Jika Anda berkunjung di pagi hari, Anda akan berkesempatan melihat nelayan yang baru pulang membawa ikan. Beberapa nelayan biasanya juga menjual ikan mereka kepada pengunjung dengan harga lebih daripada harga di pasaran. Semenatra, untuk harga tiket masuk, Anda hanya dikenakan perawatan dan pengembangan kampung wisata mulai Rp3.000 per orang.

Lihat Juga:   Villa Edwin, Penginapan Luas di Ciapus-Bogor Lengkap dengan Kolam Renang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan