Jenis-jenis Penginapan dan Tempat Peristirahatan

Sebuah Pension di Eropa

Akomodasi atau yang biasa kita sebut dengan “ Penginapan” adalah sebuah yang dijadikan atau difungsikan sebagai tinggal sementara bagi orang yang sedang berada dalam perjalanan, dimana orang tersebut diharuskan untuk berada atau tinggal jauh dari rumah lebih dari 1 hari. haruslah menyediakan keperluan dan mememenuhi standar minimal seperti tidur, istirahat, faktor keselamatan, berlindung dari suhu dingin atau hujan dan panas, penyimpanan barang, hingga akses ke kebutuhan umum rumah tangga.

Pada hakikatnya, ada banyak sekali penginapan. Berikut ini adalah berbagai penginapan beserta kriterianya masing-masing :


  • Hotel merupakan jenis akomodasi yang memfungsikan sebagian maupun seluruh bangunan dipergunakan sebagai jasa pelayanan penginapan. Sifatnya komersial dalam mengelola makanan dan minuman serta jasa umum lainnya.
  • Motel
    Motel berasal dari kata Motor dan Hotel, yang diartikan sebagai penginapan yang menghubungkan 2 pusat . Bangunan motel biasanya memang terletak di perbatasan atau di daerah jalan tol yang menghubungkan 2 besar.
  • atau Wisma Tamu
    Pada dasarnya guest house merupakan versi mini dari hotel. Fasilitas yang ditawarkan oleh guest house biasanya lebih sederhana dari hotel.
  • Apartemen
    Apartemen adalah jenis akomodasi yang disediakan untuk jangka waktu yang lumayan panjang (hitungan bulan atau tahun) dengan menyediakan ruang utama, kamar mandi, ruang makan, dan dapur dalam 1 unit.
  • Sanatorium atau Sanitarium
    Merupakan tempat penginapan yang menyediakan fasilitas hidangan makanan khusus bagi wisatawan atau pengunjung dengan kondisi kesehatan tertentu.
  • Pension
    Pension banyak ditemukan di Eropa. Rumah peristirahatan yang serupa dengan hotel kecil ini menyediakan fasilitas penginapan dan makanan dengan terjangkau. Selain itu, perlengkapan yang disediakan juga disesuaikan dengan keinginan tamu.

  • Merupakan penginapan yang dibentuk sedemikian rupa hingga mendekati konsep rumah tinggal. Biasanya berlokasi di daerah pegunungan atau tempat rekreasi lainnya. Bungalow bisanya tanpa disertai dengan fasilitas makan.
  • Mess
    Jenis penginapan tanpa fasilitas makan yang difungsikan sebagai tempat tinggal bagi karyawan, pegawai, dan anggota lain dalam suatu instansi untuk kelompok tertentu (single atau trainee). 11.
  • Home stay
    Adalah jenis penginapan yang mulanya berasal dari rumah penduduk yang kemudian ditingkatkan sarana dan prasarananya hingga memenuhi standar kebersihan , kelayakan, dan kesehatan.
  • Hostel atau Asrama
    Penginapan milik suatu badan nonkomersil yang umumnya digunakan untuk kaum muda, dimana pria dan wanita diletakkan pada area yang terpisah. Asrama biasanya disewakan dengan harga sangat dan juga menyediakan fasilitas.
Lihat Juga:   Info Wahana Bermain Anak Yang Seru di Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>