Update Jenis Penginapan Populer di Kalangan Wisatawan




Hotel Mewah - www.pegipegi.com
Hotel Mewah - www.pegipegi.com

Ketika orang semakin sering bepergian, penginapan menjadi salah satu faktor penunjang yang sangat krusial. Pasalnya, ini difungsikan untuk mengakomodasi kebutuhan bermalam para tamu, terutama mereka yang datang dari luar daerah. sendiri sudah hadir dalam beragam , termasuk hotel, homestay, losmen, hingga villa dan resort.

Jenis Penginapan

  • Hotel, merupakan jenis penginapan yang paling di kalangan traveler dari berbagai segmen. Akomodasi jenis ini biasanya memiliki banyak kamar di bangunan bertingkat, meski ada juga hotel dengan bangunan berlantai satu. Berdasarkan jumlah kamar, hotel dapat dibagi menjadi lima kategori bintang, mulai bintang 1 hingga bintang 5. Umumnya, yang tersedia di dalam hotel bintang 3 ke atas adalah AC, restoran, ruang meeting, tempat spa, televisi, hingga kamar mandi plus shower.
  • , salah satu penginapan yang sangat terkenal, terutama di kalangan solo traveler. Kenapa populer, salah satunya karena punya harga sewa kamar yang lumayan terjangkau. Biasanya, ini menyediakan kamar tipe asrama (sering juga disebut dorm) dengan bunk bed yang bisa diisi mulai empat hingga puluhan tamu sekaligus. Karena punya , fasilitas di pun terbilang minim, seperti loker, kamar mandi umum, dapur umum, dan ruang komunal.
  • Motel, gabungan dari kata motor dan hotel, serta muncul pertama kali sekitar tahun 1920-an. Awalnya, akomodasi jenis ini diciptakan untuk mereka yang melakukan perjalanan antar-negara bagian di Amerika dan karenanya sering dibangun di pinggir jalan utama, dengan desain sederhana, lebih mirip rumah. Dengan fasilitas yang seadanya, biaya sewa kamar motel juga relatif murah.
  • Guest house, sering juga disebut wisma tamu, adalah salah satu jenis akomodasi yang mulai populer. Beda dengan hotel, standar tempat tidur dan sarapan jarang ditemui dalam guest house. Namun, tamu memiliki kesempatan untuk tinggal bersama pemilik, serta mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih utuh.
  • Bed & Breakfast, bisa dikatakan mirip dengan guest house, dikelola oleh orang pribadi dan bersifat intim sekaligus sederhana. Meski persis guest house, namun bed & breakfast biasanya digarap dengan lebih profesional dan menggunakan standar hotel dalam urusan pelayanan. Penginapan jenis ini umumnya disukai oleh pelancong muda yang bepergian bareng teman atau pasangan.
  • Homestay, merupakan jenis penginapan yang umumnya adalah rumah warga setempat yang disulap menjadi tempat bermalam. Biasanya, homestay ini disewakan satu rumah utuh, lengkap dengan fasilitas seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi, hingga halaman parkir (jika ada). Terkadang, pemilik juga menyediakan sarapan gratis untuk pengunjung.
  • Losmen, sering juga disebut sebagai hotel melati, karena sama-sama menawarkan tarif yang sangat terjangkau. Namun, jika hotel melati biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan atau AC, maka losmen umumnya masih menyediakan fasilitas kipas angin. Sayangnya, keberadaan losmen saat ini semakin jarang.
  • Villa, adalah tipe penginapan yang sering ditemui di kawasan dataran tinggi atau di . Dibandingkan hotel, villa menawarkan suasana yang lebih private dan jauh dari keramaian. Biasanya, tempat ini berbentuk rumah dengan satu kamar atau lebih, ruang tamu, ruang , dapur, dan juga terkadang ada kolam renang. Villa cocok untuk rombongan atau kelompok besar.
  • Resort, mirip dengan hotel, namun akomodasi ini mengutamakan fasilitas rekreasi bagi para tamu. Resort sendiri menyediakan banyak keinginan pengunjung, seperti makanan, minuman, penginapan, olahraga, hiburan, dan perbelanjaan. Jadi, hotel merupakan salah satu fitur utama sebuah resort. Tempat ini biasanya dibangun di tempat dengan pemandangan menawan, seperti pantai dan pegunungan.
  • Apartemen, biasanya dikelola individu dan tidak memberi fasilitas standar layaknya hotel, seperti resepsionis, bell boy, ataupun sarapan pagi. Ada tiga pilihan yang bisa dijumpai dalam penyewaan apartemen, menyewa seluruh tempat, berbagi ruangan dengan tamu lain, atau tinggal bersama sang pemilik apartemen.

Nah, itu tadi deretan atau beberapa jenis penginapan yang sering dijadikan lokasi bermalam wisatawan atau pelancong, terutama di Indonesia. Masing-masing akomodasi tentu memiliki kelebihan dan kelemahan. Pilihan akhirnya jatuh kepada traveler untuk menyesuaikan jenis penginapan berdasarkan kebutuhan dan anggaran.

Homestay Mewah - www.olx.co.id
Homestay Mewah – www.olx.co.id

(Panca)

Lihat Juga:   Liburan Murah di Singapura, Akhirnya Berujung Bokek :)




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan