Jaka Basecamp, Tempat Istirahat Gratis untuk Pendaki Semeru

Jaka Basecamp

Menaklukkan The Seven Summit of Indonesia pasti menjadi salah satu cita-cita hikers dari seluruh Nusantara. Ketujuh puncak tersebut terdiri dari Cartenz Pyramid (Papua), Kerinci (Sumatera), Rinjani (Kepulauan Sunda Kecil), Binaiya (Kep. Maluku), (Jawa), Latmojong (Sulawesi), dan Bukit Raya (Kalimantan).

Dari semua gunung yang termasuk tujuh “puncaknya” Indonesia, Gunung Semeru bisa dianggap yang paling di kalangan pendaki maupun traveler yang bukan pendaki. Jadi, jangan kaget bila gunung yang puncaknya diberi nama Mahameru ini selalu dipadati pelancong yang tertantang untuk menaklukkannya.

Ketenaran Semeru dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya sebenarnya merupakan efek dari pemutaran film “5cm”. Sejak pemutaran film tersebut, gunung yang masuk kawasan TNBTS ini memang tak pernah sepi peminat. Namun, karena saking ramainya, keseimbangan ekologi Semeru menjadi terganggu, apalagi saat beberapa pendaki yang tak bertanggung jawab meninggalkan sampah mereka saat naik gunung.

Nah, untuk menjaga kestabilan ekologi kawasan lindung Gunung Semeru, pengelola TNBTS seringkali membatasi pendakian menuju Puncak Mahameru. Biasanya, pengelola TNBTS akan memberikan mengenai waktu ‘pengistirahatan’ alamnya. Untuk itu, hikers yang ingin mendaki perlu mencari terlebih dahulu kapan pendakian Semeru dibuka.

Beristirahat Dengan Gratis di Jaka Basecamp Sebelum Meneruskan Pendakian

Beristirahat Dengan Gratis di Jaka Basecamp Sebelum Meneruskan Pendakian

Bagi Anda yang kebetulan datang dari luar atau luar daerah dan ternyata salah tanggal, Anda bisa terlebih dahulu bermalam di penginapan- yang berlokasi di sekitar Senduro (dari Lumajang) atau Poncokusumo (dari ). Banyak penginapan di area tersebut yang menawarkan tarif , bahkan ada juga yang cuma-cuma. Bila Anda tertarik dengan tempat singgah yang menawarkan tarif cuma-cuma, Jaka Basecamp merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Lihat Juga:   Jacatra Homestay, Akomodasi Lengkap Terdekat dari Universitas Negeri Malang

Akomodasi ini beralamat di Jl. Raya Wringinanom, RT 02 RW 03, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, . Lokasi penginapan tersebut berada di sebelah utara sekitar 300 meter dari X-Maro Tubing Adventure.

Agar saat menunggu Anda tidak bosan, Anda bisa jalan-jalan terlebih dahulu di beberapa spot wisata yang ada di dekat Jaka Basecamp. Untuk menuju Coban Pelangi, jaraknya hanya sekitar 4 km. Sementara, untuk menuju Coban Bidadari dan Coban Trisula, Anda cukup ke sana dengan berkendara selama sekitar 15 menit.

Pengunjung Bisa Menggunakan Fasilitas Dapur di Jaka Basecamp

Pengunjung Bisa Menggunakan Dapur di Jaka Basecamp

Meskipun menawarkan tarif cuma-cuma, Jaka Basecamp tetap menyediakan fasilitas yang layak. Di tempat umum, homestay ini telah menyediakan kolam renang mini, dapur bersama lengkap dengan peralatannya, ruang tamu, tempat makan, parkir yang luas, teras, dan air mineral gratis. Namun, jika Anda sungkan untuk tidak membayar, Anda bisa membayar seikhlasnya kepada pihak pengelola.

Lihat Juga:   Hotel Transit Tomang, Penginapan Full Time dan Short Time di Jakarta

Nah, jika Anda tertarik untuk menginap Jaka Basecamp, Anda bisa langsung melakukan reservasi dengan menghubungi pengelola di nomor (0341) 787019 atau bisa juga melalui mobile di nomor 0812-1630-6537. Namun sayangnya, Anda belum bisa memesan akomodasi ini lewat situs boking online, karena pihak pengelola memang belum bekerja sama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>