Ini Nih, Tempat Wisata yang Lagi Hits di Bojong Purwakarta untuk Dikunjungi




Bukit Panenjoan - tempatwisatapurwakarta.blogspot.com
Bukit Panenjoan - tempatwisatapurwakarta.blogspot.com

Purwakarta adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Ibukota dari Kabupaten Purwakarta terletak di Kecamatan Purwakarta dan jaraknya sekitar 80 kilometer di sebelah tenggara . Kabupaten satu ini berbatasan dengan Kabupaten Karawang di sebelah utara dan sebagian wilayah barat, Kabupaten Subang di bagian timur dan sebagian wilayah utara, Kabupaten Bandung Barat di sisi selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian barat daya.

Purwakarta merupakan wilayah yang strategis karena menjadi titik temu dari tiga koridor utama lalu lintas dari Purwakarta-Jakarta, Purwakarta-Bandung, dan Purwakarta-Cirebon. Meskipun hanya kabupaten kecil, Purwakarta belakangan ini berkembang pesat menjadi salah satu alternatif tujuan ketika wisatawan sedang berada di Jawa Barat.

Dengan demikian, para turis bukan hanya melakukan kegiatan yang terpusat di Kota Bandung saja, tetapi juga mampir ke wilayah lainnya seperti Purwakarta. Purwakarta pada dasarnya punya banyak daya tarik alam yang menawan, mulai dari Waduk Jatiluhur yang sudah sangat terkenal, Waduk Cirata, Situ Wanayasa, Sumber Air Panas Ciracas, Gua Jepang, Wisata Via Ferrata yang unik, Situ Buleud, Desa Wisata Sajuta , hingga Desa Wisata Bojong.

Bojong belakangan banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki beberapa menarik yang sebagian besar pemandangannya didominasi oleh pepohonan, perbukitan, hamparan sawah, perkebunan, hingga pemandangan alam Gunung Burangrang yang eksotis. Nah, apabila Anda penasaran dengan keindahannya dan mana saja yang bisa dituju, simak ulasan lengkap wisata yang ada di Bojong, Purwakarta, Jawa Barat berikut ini!

Taman Batu Cijanun

Taman Batu Cijanun merupakan objek wisata alam yang terletak di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Tempat indah ini berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Purwakarta dan bisa diakses dengan berbagai kendaraan karena akses jalannya sudah cukup baik meskipun agak sempit.

Taman dengan luas yang mencapai sekitar 5.000 meter persegi ini menawarkan banyak kolam renang dengan sumber mata air alami yang berasal dari mata air Cijanun. Sehingga tak mengherankan jika berenang di sana terasa begitu menyegarkan. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp 15 ribuan per orang, Anda sudah bisa menikmati berendam atau berenang sepuasnya di kolam renang yang ada di sana plus bonus pemandangan pegunungan serta bebatuan yang indah.

Taman Batu Cijanun - (Youtube: Purwakarta TV)
Taman Batu Cijanun – (Youtube: Purwakarta TV)

Desa Wisata Tajur

Nah, bila Anda ingin rekreasi sekaligus wisata edukasi, cobalah mengunjungi Desa Wisata Tajur yang bertempatkan di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Perkampungan yang letaknya di lereng Gunung Burangrang ini memiliki keunikan berupa permukiman warga yang sudah tertata sangat rapi. Kabarnya di sana ada 40 rumah yang dibangun menggunakan arsitektur Sunda, yakni berupa rumah panggung dari kayu, bambu, dan beratap ijuk.

Tak hanya menikmati pemandangan sekitar saja, selama berada di kampung wisata ini Anda juga bisa mencoba ikut serta melakukan berbagai aktivitas bersama warga seperti bercocok tanam, membajak sawah, tanam padi, beternak, atau bahkan membuat kerajinan dari bahan dasar bambu, atau membuat gula aren. Asyik sekali bukan? Bahkan di kampung ini juga tersedia homestay yang memungkinkan Anda berlama-lama dan berinteraksi bersama warga Kampung Tajur.

Desa Wisata Tajur - www.tripadvisor.co.id
Desa Wisata Tajur – www.tripadvisor.co.id

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan belakangan juga menjadi tempat wisata nge-hits di Bojong, Purwakarta yang sukses menyedot perhatian banyak orang. Tempat ini berada di Kampung Cinangka Desa Sindang Panon Kecamatan Bojong Purwakarta, jaraknya sekitar 17 km dari pusat Kota Purwakarta dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil. Harga tiket masuk Bukit Panenjoan cukup murah, sekitar Rp 5 ribuan dan untuk parkir motor Rp 2.000, mobil dikenai Rp 5.000.

Selama berada di Bukit Panenjoan, Anda akan menemukan banyak spot foto yang instagramable dengan latar belakang perkebunan teh, gunung, hingga Danau Juanda Jatiluhur. Daya tarik lain dari bukit ini adalah jembatan bambu serta saung-saung khas Sunda yang bisa Anda jadikan tempat beristirahat atau bahkan berfoto selfie.

Bukit Panenjoan - tempatwisatapurwakarta.blogspot.com
Bukit Panenjoan – tempatwisatapurwakarta.blogspot.com

Curug Ciseoh

Mungkin masih belum banyak yang tau jika di Kecamatan Bojong ada salah satu objek wisata tersembunyi berupa air terjun yang dinamakan Curug Ciseoh. Curug ini berada di desa terakhir sebelum memasuki Gunung Burangrang. Untuk mencapainya, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Wanayasa, lalu lanjutkan ke arah Kecamatan Bojong sejauh 7 km. Kemudian teruskan ke Sindang Panon dan belok kiri ke Desa Pesanggrahan.

Sesampainya di Desa Pesanggrahan, lanjutkan perjalanan ke Desa Cihanjar, tempat Curug Ciseok berada. Dari permukiman terdekat kabarnya Anda masih harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk menuju Curug Ciseoh. Lantaran fasilitasnya masih tergolong minim, sebaiknya pastikan membawa bekal makanan dan minuman yang cukup supaya ketika berada di Anda tidak bingung mencari warung yang berjualan makanan atau minuman.

Meskipun tergolong kecil, tetapi Curug Ciseoh memiliki pemandangan yang indah. Di tambah lagi di sekitar curug juga ada kolam kecil yang bisa Anda gunakan untuk sekadar berendam atau bermain air bersama rombongan sembari menyegarkan tubuh.

Selain bermain ke kawasan Bojong, Anda juga bisa menjelajahi daerah Purwakarta lainnya. Pasalnya, di Purwakarta masih banyak tempat-tempat wisata yang lagi hits, mulai dari Bukit Katumbiri, Urban Farming, Cikao Water Park, Resort Giri Tirta Kahuripan, dan sebagainya. Tempat-tempat wisata unggulan tersebut umumnya mudah diakses dengan kendaraan dan juga menyuguhkan pemandangan yang menyenangkan untuk berlibur bersama pasangan atau .

Curug Ciseoh - travelingyuk.com
Curug Ciseoh – travelingyuk.com
Lihat Juga:   Transit di KLIA 2 dan Ingin Mandi? Ini Lokasi Shower Room di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2




Tentang Dian Kartika1092 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan