Ini Macam-Macam Fasilitas Terupdate Yang Ada Di Hotel Bintang 5




Ilustrasi: hotel bintang 5
Ilustrasi: hotel bintang 5

Setiap yang ada di dunia, tak terkecuali di Indonesia memiliki klasifikasi yang dibedakan berdasarkan tingkatan bintangnya, yakni mulai dari bintang 1, bintang 2, bintang 3, bintang 4, hingga bintang 5. berbintang lima adalah tingkatan paling tinggi di dunia perhotelan dan biasanya fasilitas yang ditawarkan pun komplit dan benar-benar prima.

Hotel bintang 5 memiliki standar khusus baik dari segi pelayanan maupun kelengkapan fasilitas yang membuatnya berbeda dari hotel-hotel dengan tingkatan di bawahnya. Seperti yang Anda ketahui, hotel bintang 5 umumnya mematok harga yang paling mahal karena mengusung interior maupun fasilitas mewah dan berkelas.

Macam-macam fasilitas yang ada di hotel bintang 5 adalah resepsionis 24 jam dengan staf yang menguasai berbagai bahasa alias multibahasa untuk memudahkan komunikasi dengan yang berasal dari mancanegara. Resepsionis atau pegawai hotel bintang 5 minimal menguasai 2 bahasa, yakni Bahasa Indonesia (jika hotel berada di Indonesia) dan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Mereka sengaja dipekerjakan 24 jam, sehingga sebagian besar bisa memanggil mereka sewaktu-waktu bahkan meski tengah malam sekalipun.

Fasilitas utama berikutnya yang disediakan adalah valet parking dan porter. Hotel sekelas hotel bintang 5 biasanya menyediakan porter untuk membawakan barang-barang bawaan Anda dari pintu masuk hingga ke kamar. Selain itu ada pula fasilitas valet parking bagi Anda yang membawa mobil pribadi, sehingga Anda tak perlu susah-susah mencari parkir sendiri. Cukup dengan menyerahkan kunci mobil, Anda tinggal menunggu sang petugas memarkir kendaraan Anda.

Ilustrasi: kamar hotel berbintang
Ilustrasi: kamar hotel berbintang

Standar lainnya dari hotel bintang 5 adalah jumlah kamar. Hotel-hotel bintang 5 biasanya memiliki jumlah kamar minimum 100 unit untuk tipe kamar standar dan 4 unit kamar suite dengan kamar mandi dalam. Kamar-kamar tersebut tak sekadar banyak, tapi juga harus memiliki tingkat kerapian dan kebersihan yang tinggi serta memiliki ruangan yang cukup luas. Standar luas kamar hotel bintang lima antara 24-48 meter persegi, tergantung jenis kamar.

Di setiap kamar hotel berbintang 5 umumnya dilengkapi perabotan premium seperti kamar mandi dalam lengkap dengan amenities, sofa, mini bar, TV, AC, meja, lemari, coffee/tea maker, akses internet (Wi-Fi), layanan kebersihan, dan sebagainya. Bahkan beberapa hotel bintang 5 di Bali menawarkan fasilitas tambahan berupa view atau pemandangan dari balkon kamar.

Saat menginap di hotel bintang 5, Anda juga dapat menikmati restoran dan layanan kamar 24 jam. Sehingga cukup dengan menelepon resepsionis saja, Anda bisa mendapatkan makanan (biasanya berbiaya) yang diantarkan langsung ke kamar. Bahkan, para resepsionis dituntut mampu menguasai beberapa bahasa untuk memudahkan komunikasi dengan tamu. Setidaknya, dalam hotel bintang lima resepsionis harus menguasai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tentu saja hal ini berkaitan dengan proses check in dan check out kapanpun dengan mudah tanpa terkendala komunikasi. 

Fasilitas yang memadai menjadi poin penting hotel bintang 5. Restoran yang tersedia di sana biasanya menyediakan pilihan kuliner yang nikmat dan menggugah selera, tak hanya itu saja terdapat Executive Lounge untuk menikmati waktu santai bersama keluarga sambil menikmati pilihan aneka kue, roti dan minuman yang dihidangkan. 

Ilustrasi: restoran hotel
Ilustrasi: restoran hotel

Selain restoran, biasanya tersedia pula layanan laundry, jasa antar jemput bandara serta fasilitas pendukung lainnya, spa, pusat kebugaran alias fitness center. Dengan adanya fasilitas tersebut, ketika pengunjung tetap bisa berolahraga sekaligus memanjakan tubuh di spa. Untuk tamu yang membawa rombongan keluarga khususnya anak-anak, fasilitas sangat dibutuhkan. Tentu saja area untuk orang dewasa dan anak anak yang tersedia di sana juga dilengkapi dengan area bermain, sehingga membuat lebih nyaman.

Taman bermain maupun halaman yang luas biasanya juga dibutuhkan bagi para tamu hotel yang membawa rombongan. Pada sejumlah hotel bintang 5 bahkan menawarkan area piknik atau barbeque di halaman hotel. Bahkan, jika memadai pihak hotel juga menawarkan sewa kuda. Tentu saja hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu. Sedangkan bagi yang tak terlalu suka suasana outdoor, maka pihak hotel juga dapat berinovasi membuat area Kid’s Club dan Kid’s Activity yang sangat cocok untuk arena bermain dan kegiatan anak selama liburan, tentunya dengan petugas pendamping yang siaga di arena tersebut.

hotel bintang 5 harus strategis. Pasalnya hal tersebut akan memudahkan para tamu menuju hotel maupun untuk bepergian ke beberapa pusat kota, kantor layanan publik dan terbaik lainnya. Kriteria yang strategis adalah, hotel tersebut dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, terutama untuk kendaraan roda empat. Hotel bintang lima juga harus bebas dari gangguan luar, seperti bising, bau yang tidak sedap, adanya debu, asap, maupun serangga hingga gangguan binatang pengerat.

Perlu diketahui bahwa fasilitas yang disediakan oleh setiap hotel kemungkinan bisa berbeda-beda meski sama-sama bintang 5. Namun setidaknya fasilitas yang dijabarkan di atas menjadi fasilitas utama yang disediakan di setiap hotel bintang 5.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Daftar Penginapan Layak Inap di Cisurupan, Garut




Tentang Dian Kartika1105 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan