Ingin Menginap di Gunung Pancar? Yuk, Coba Saja Camping atau Glamping!




Hutan di kawasan wisata alam Gunung Pancar (sumber: pegipegi.com)
Hutan di kawasan wisata alam Gunung Pancar (sumber: pegipegi.com)

Liburan kali ini kira-kira enaknya pergi ke mana ya? Apabila Anda bosan pergi ke mall atau urban, cobalah untuk menepi ke area Bogor. Tepatnya di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Anda bisa menemukan kawasan Taman Wisata Gunung Pancar yang terasa begitu sejuk berkat hamparan pepohonan pinus yang menjulang tinggi.

Hutan pinus di Gunung Pancar mungkin sepintas akan mengingatkan Anda pada setting film box office seperti Twilight Saga. Kira-kira memang hampir seperti itu asrinya pepohonan pinus yang ada di sana. Suasana Gunung Pancar sangat tenang dan damai, Anda yang butuh tempat refreshing untuk sejenak lepas dari hiruk-pikuk perkotaan bisa mempertimbangkan untuk berwisata sekaligus menginap di Gunung Pancar.

Kabar baiknya, jika Anda sedang beruntung, Anda bisa menemukan seekor Owa Jawa yang langka atau burung elang dan kutilang yang kebetulan sedang melintas di kawasan hutan yang dilindungi ini. Di Gunung Pancar Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti berkemah, hiking, tracking, bersepeda, hingga berkuda. Bahkan di sekitar Gunung Pancar kabarnya juga ada pemandian air panas yang dikelola warga setempat dengan biaya masuk mulai Rp15-20 ribuan per orang.

Untuk menuju Gunung Pancar pun tak terlalu sulit dicari. Apabila naik kendaraan pribadi dari , Anda tinggal mengambil jalur menuju Tol Sentul City, kemudian setelah berkendara 8 km, Anda akan menemui bundaran, lalu belok kiri. Sekitar 600 meter dari belokan, Anda bisa ambil arah kanan di Babakan Madang. Lurus saja sampai melewati belokan dengan papan penunjuk arah ke Gunung Pancar. Lalu belok kanan, dan ikuti jalanan yang menanjak dan berkelok-kelok tersebut.

Tiket Masuk Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Wahana aktivitas outdoor di Gunung Pancar (sumber: pesona.travel)
Wahana aktivitas outdoor di Gunung Pancar (sumber: pesona.travel)

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar buka setiap hari selama 24 jam penuh untuk gerbang pintu masuk. Harga tiket masuk (HTM) Taman Wisata Alam Gunung Pancar berbeda pada saat hari kerja dan akhir pekan (weekend) atau hari libur nasional. Adapun tarif tiket masuk pada hari kerja dibanderol Rp5.000 per orang (wisatawan domestik), sedangkan untuk warga negara asing (WNA) tiketnya Rp100.000. Lalu bagi Anda yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir Rp5.000 per motor atau Rp10.000 per mobil. 

Kemudian jika Anda datang pada saat akhir pekan atau hari libur nasional, harga tiket masuknya terpaut sedikit lebih mahal, yakni Rp7.500 per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan turis asing harga tiketnya Rp150 ribu. Tarif parkir mobil Rp15.000 dan parkir sepeda motor dipatok Rp7.500.

Lain lagi apabila Anda ingin menyewa lahan (belum termasuk ground), biaya per orang untuk 1 hari Rp25 ribu, jika menginap 2 hari 1 malam tarifnya Rp35 ribu per orang, dan untuk 3 hari 2 malam biayanya Rp45 ribu per orang. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menginap di camping ground yang ada di Gunung Pancar, tersedia beberapa pilihan camping ground, mulai dari yang paling Lembah Pakis (Ground D) seharga Rp2,5 juta per malam yang bisa menampung 200-500 orang dan dilengkapi 4 toilet.

Kemudian untuk Lembah Hijau (Ground C) juga dipatok Rp2,5 juta per malam dan bisa menampung 200-300 orang dan dilengkapi 10 toilet. Lalu pilihan ketiga ada Bukit Batu Hijau (Ground B) yang dilengkapi 12 toilet dan berkapasitas 300-500 orang, dibanderol Rp3,5 juta per malam. Yang terakhir ada Bukit Batu Gede (Ground A) dengan tarif sewa Rp3,7 juta per malam, bisa menampung 300-500 orang dan memiliki 12 toilet. Seluruh biaya tiket masuk dan sewa lahan tersebut terpantau tetap seperti tahun lalu.

Akomodasi & Fasilitas di Gunung Pancar

Apabila Anda berencana menginap di Gunung Pancar, tersedia 2 pilihan akomodasi, yakni camping atau glamping (glamorous camping). Tersedia beberapa pilihan paket camping di Gunung Pancar, misalnya untuk camping individu non tenda Anda akan dikenai biaya Rp95 ribu per orang (hanya lahan dan sudah termasuk tiket masuk). Sedangkan untuk paket camping plus tenda biayanya Rp 160 ribu per orang (minimal 3 orang) serta sudah termasuk fasilitas tenda dome, matras, tiket masuk, toilet sharing, dan gratis pemasangan tenda. Harga tersebut terbilang naik dari tahun lalu yang hanya Rp90 ribu untuk camping individu non tenda dan plus tenda Rp165 ribu yang dapat dinikmati untuk empat orang.

Camping di Gunung Pancar - parah1ta.jalanjalanyuk.com
Camping di Gunung Pancar – parah1ta.jalanjalanyuk.com

Nah, jika Anda ingin camping bersama rombongan, maka dikenai biaya Rp260 ribu per pax per malam (minimal 50 pax). Harga tersebut sudah termasuk camping ground, toilet sharing, listrik luar tenda, tenda ukuran 6 orang dewasa, tenda serbaguna, matras, welcome drink, makan (pagi, siang, malam), snack 2 kali, tiket masuk, dan jasa pemasangan tenda.

Bila Anda ingin merasakan sensasi berkemah tanpa rasa ‘sengsara’, Anda bisa mencoba fasilitas glamping di Gunung Pancar. Terdapat 4 pilihan paket glamping di Gunung Pancar dan rata-rata mengalami kenaikan tarif mulai dari Glamping Standard yang awalnya dikenai biaya Rp275 ribu menjadi Rp355 ribu per orang, Glamping Fun Rp360 ribu menjadi Rp465 ribu per orang, dan Glamping Tour Rp430 ribu menjadi Rp565 ribu per orang. 

Tahun lalu, pihak pengelola menyediakan pula paket Glamping Fun yang cukup dengan tarif Rp360 ribu per orang, tetapi saat ini paket tersebut sudah tidak tersedia. Kemudian untuk melengkapi kebutuhan glamping rombongan dengan kapasitas banyak, maka pihak pengelola menyajikan Glamping Full Package yang dikenai tarif Rp620 ribu per orang minimal 12 orang.

Lalu apa sebenarnya perbedaan camping biasa dengan glamping? Sebagai , glamping alias glamorous camping adalah sebuah camping namun tanpa perlu berepot-repot lagi. Pasalnya segala kebutuhan sudah disiapkan oleh pihak penyedia jasa, mulai dari tenda, peralatan, makanan, dan sebagainya. Glamping di Gunung Pancar pun tendanya lebih besar, lalu alas tidur memakai kasur dan bantal, sudah ada listrik dan fan dalam tenda, alat grill lengkap dengan arang, meja dan kursi, hingga dekorasi lampu gantung.

Selain camping atau glamping, di sekitar Gunung Pancar juga tersedia banyak sarana penginapan seperti homestay, , cottage, , atau sebagainya. Banyak di antara penginapan dekat Gunung Pancar tersebut yang kamar-kamarnya bisa dipesan secara online melalui beberapa agen travel online terkemuka.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Wahana Seru di Universal Studios Singapore, Cocok untuk Anak




Tentang Dian Kartika1091 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan