Ingin Lihat Gemerlapnya Berastagi? Yuk, Kunjungi Penatapan Saat Malam Hari!




Penatapan Berastagi - cakrabaymaxtourism.blogspot.com

Kawasan Penatapan termasuk tempat yang wajib dikunjungi ketika Anda sedang berada di . Objek wisata satu ini berlokasi di Jalan Jamin Ginting Km 54, , Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tepatnya di Jalan Lintas Medan-. Apabila Anda berangkat dari Kota Medan, Anda bisa mencapai kawasan Penatapan dalam kurun waktu perjalanan sekitar 1,5 jam saja. Tidak terlalu lama bukan? Selain itu, jalan menuju Penatapan juga sudah cukup bagus untuk dilewati kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Lalu apa sebenarnya yang menarik dari kawasan Penatapan? Jika Anda masih belum memiliki bayangan, sebenarnya Penatapan Berastagi ini mirip dengan kawasan Puncak di Bogor atau mirip seperti kawasan Payung di daerah Pujon, . Kabar baiknya, Anda bisa mengunjungi Penatapan Berastagi sepanjang hari, entah saat pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari. Yang jelas kabarnya waktu terbaik untuk mengunjungi Penatapan Berastagi adalah saat malam hari.

Di Penatapan Berastagi Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan yang indah sembari menikmati secangkir teh, kopi, atau jahe hangat yang dijajakan oleh -warung kecil di sepanjang pinggir jalan kawasan Penatapan. Apabila Anda lapar, Anda pun tak perlu resah, sebab -warung tersebut biasanya juga menjual menu makanan ringan seperti jagung bakar atau jagung rebus, mi instan, dan sebagainya yang akan menambah nuansa semarak Anda ketika menikmati pemandangan alam di Penatapan Berastagi.

Apalagi berkunjung di pagi hingga siang hari ketika cuaca sedang cerah, Anda akan dibuat kagum dengan hamparan perbukitan yang serba hijau nan menyejukkan mata tepat di hadapan Anda langsung. Selain itu, langit juga biasanya sedang biru-birunya, lengkap dengan gerombolan awan yang begitu indah. Anda bisa berfoto-foto selfie secara bebas dengan mengambil latar belakang pegunungan yang indah dan juga langit yang sedang cerah.

Lihat Juga:   Villa Bunga Bunga, Penginapan Luas dengan Fasilitas Komplit di Kawasan Puncak
Penatapan Berastagi - (Youtube: yr karta anakmedan)
Penatapan Berastagi – (Youtube: yr karta anakmedan)

Saat sore menjelang malam, biasanya sudah mulai terlihat semu-semu jingga yang menandakan bahwa matahari mulai terbenam. Anda tentu bakal dibuat takjub dengan pemandangan yang indah tersebut. Terlebih jika sudah memasuki malam hari. Pemandangan sekitar mungkin terasa agak gelap, tetapi tepat di depan Anda, Anda akan disuguhi pemandangan kelap-kelip lampu yang seolah terkesan seperti gugusan bintang. Padahal cahaya kelap-kelip itu adalah lampu jalan dan juga lampu pemukiman di sekitar Medan dan Berastagi. Namun karena dilihat dari titik pandang yang lebih tinggi, yakni di Penatapan, maka pemandangan tersebut seakan jadi terkesan luar biasa.

Sebagai informasi Penatapan Berastagi kabarnya memang cukup ramai pada sore hingga malam hari, terutama saat akhir pekan atau musim . Banyak anak muda kawasan Medan dan sekitarnya yang senang nongkrong di Penatapan saat malam hari untuk sekadar bercengkerama dengan teman-temannya sembari menikmati secangkir kopi atau jajanan lainnya.

Nah, jika Anda sudah puas memandangi perbukitan yang asri di Penatapan, tak ada salahnya jika Anda mampir ke Air Terjun Sikulikap. Namun sebaiknya ke Air Terjun Sikulikap saat pagi atau siang hari saja, karena akan terlalu berbahaya jika Anda ke sana saat suasana sedang gelap dan minim penerangan.

Air Terjun Sikulikap ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun baru akhir-akhir ini saja populer lantaran dulu wisatawan masih jarang bepergian ke sana. Air Terjun Sikulikap lokasinya tidak terlalu jauh dari Penatapan Berastagi, yakni terletak di perbatasan Kabupaten Karo dan Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di bawah jurang Penatapan. Dari Berastagi hanya butuh waktu perjalanan sekitar 45 menit, sedangkan dari Kota Medan hanya butuh waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Air Terjun Sikulikap berada di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk menuju Air Terjun Sikulikap, Anda bisa masuk dari pintu gerbang yang berada di kawasan Penatapan. Tak perlu khawatir, walaupun berada di bawah jurang Penatapan, ternyata akses menuju Air Terjun Sikulikap sudah cukup baik lantaran telah dikelola oleh pemerintah setempat.

Lihat Juga:   Harga Tiket Tour Malam ‘Safari Night’ di Taman Safari Indonesia

Di tiap pinggir jurang sudah ada pegangan pagar besi, jadi Anda bisa melaluinya dengan aman sambil berpegang pada pagar tersebut. Kemudian tanah yang tadinya curam juga telah diaspal halus serta dibangun tangga agar Anda dapat naik turun dengan mudah tanpa harus bersusah payah layaknya sedang mendaki .

Setelah sekitar 15 menit menuruni anak tangga di tengah hutan belantara, Anda akan mencapai Air Terjun Sikulikap yang tingginya sekitar 30 meter dan memiliki percikan air yang cukup deras dan tinggi. Sumber Air Terjun Sikulikap kabarnya berasal dari Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan yang merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Nasional Gunung Leuser yang ada dalam Kawasan Lau Debuk Tanah Karo.

Penatapan Berastagi - medancakap.blogspot.com
Penatapan Berastagi – medancakap.blogspot.com

Air Terjun Sikulikap juga menjadi tempat para komunitas pecinta alam dan penggemar olahraga outdoor. Pasalnya dinding Air Terjun Sikulikap sering dipakai oleh para pemanjat tebing untuk spot latihan climbing. Ekstrem dan tentunya cukup menantang, sehingga hanya bisa dilakukan oleh kalangan yang sudah profesional saja.

Tapi bagi Anda yang kurang ahli dalam hal climbing sebenarnya bisa cukup puas dengan menyusuri kawasan hutan hujan tropis di sekitar air terjun. Apabila Anda beruntung, Anda juga dapat melihat monyet Gibon bergelantungan di sana. Tak perlu takut, sebab monyet-monyet itu kabarnya jinak dan bisa diusir dengan hentakan kaki atau sekadar melemparkan makanan. Di sekitar air terjun pun banyak tempat duduk yang terbuat dari dan kerap dijadikan spot foto instagramable. Jadi, dengan bepergian ke Penatapan Berastagi, Anda bisa mengunjungi 2 tempat wisata sekaligus. Asyik kan?




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*