Ingin Liburan ke Luar Negeri? Ini Pengertian Visa on Arrival dan Biayanya




Visa on Arrival - phinemo.com
Visa on Arrival - phinemo.com

Bepergian ke luar negeri memang urusan administrasinya lebih rumit dibandingkan ketika Anda sekadar bepergian antar . Bukan sekadar uang saku untuk berlibur, ada sejumlah dokumen keimigrasian yang harus Anda lengkapi sebelum terbang ke negara lain. Bagi Anda yang merencanakan untuk ke luar negeri, ada sejumlah dokumen yang harus Anda persiapkan selain KTP, yakni paspor dan visa. Visa merupakan dokumen perizinan bagi seseorang yang hendak melakukan antar negara.

Jika Anda berwisata ke negara-negara Asia Tenggara, Anda tak perlu memusingkan soal visa karena negara-negara ASEAN tersebut (termasuk Indonesia) memberlakukan bebas visa. Lain lagi aturannya jika Anda mengunjungi negara lain yang tidak menerapkan aturan bebas visa.

Visa ada beberapa jenis, beberapa yang mungkin sudah sering Anda dengar adalah visa pre-arrival dan visa on arrival atau yang bisa disebut dengan istilah VOA. Jika visa pre-arrival bisa diurus sejak jauh-jauh hari di kantor kedutaan, maka VOA justru sebaliknya. Pengertian visa on arrival (VOA) adalah sebuah dokumen izin bagi seseorang ke suatu negara yang dapat diperoleh secara langsung di perbatasan antar negara atau di yang dituju.

Visa on Arrival - www.vietnam-visa.com
Visa on Arrival – www.vietnam-visa.com

Konsepnya tentu berbeda dari visa pre-arrival, sebab Anda bisa mengurus VOA langsung ketika tiba di negara asal. Visa on arrival biasanya hanya berlaku untuk kunjungan singkat seperti pariwisata atau kunjungan sosial. Cara mengurus visa on arrival sebenarnya cukup mudah, yakni dengan mencari konter bertuliskan ‘Visa On Arrival’ di bandara tujuan.

Anda nantinya akan ditanyai beberapa hal, seperti asal negara, rencana kunjungan, rencana lama kunjungan, dan menginap di mana. Kemudian Anda diharuskan membayar fee VOA dengan besaran yang berbeda-beda, tergantung negara mana yang dituju. Berikut ini daftar negara yang memiliki visa on arrival lengkap dengan durasi atau lama berlakunya:

Lihat Juga:   Coban Rais, Tawarkan Banyak Spot Foto Instagenic
NegaraMasa Berlaku VOA
Asia
Brunei Darussalam14 hari
Hong Kong30 hari
Kamboja30 hari
Iran7-15 hari (dengan surat sponsor)
Laos15-30 hari
Yordania30 hari
Macau30 hari
Maladewa30 hari
Malaysia30 hari
Nepal30-60 hari
Filipina21 hari
Oman30 hari
30 hari
Thailand30 hari
Sri Lanka30 hari
Timor Leste30 hari
Vietnam30 hari
Afrika
Maroko90 hari
Seychelles30 hari
Mozambik30 hari
Tanzania3 bulan
Zimbabwe3 bulan
Tazmania3 bulan
Oceania
Kepulauan Cook31 hari
Micronesia30 hari
Fiji120 hari
Niue30 hari
Samoa60 hari
Palau30 hari
Amerika Utara
Saint Vincent & Grenadines1 bulan
Bermuda90 hari
Amerika Selatan
Chile90 hari
Ekuador90 hari
Kolombia90 hari
Peru90 hari
Haiti3 bulan
Eropa
Turki30 hari
Armenia120 hari
Kosovo90 hari
Georgia90 hari

Adapun untuk visa on arrival biasanya bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing negara. Sebagai contoh, untuk VOA Thailand dikenai biaya 2.000 THB, Brunei Darussalam sebesar 20 BND, dan sebagainya. Aturan yang diterapkan untuk pengurusan visa on arrival pun bisa berbeda-beda, ada yang mewajibkan untuk memiliki surat sponsor, ada yang mewajibkan Anda untuk memiliki uang dengan nominal tertentu selama berada di suatu negara, dan masih banyak lagi ketentuan lainnya.

Indonesia sendiri juga memiliki Visa on Arrival (VOA) dengan fee atau biaya sebesar USD 10 (sekitar Rp 136 ribuan) untuk visa 7 hari dan USD 25 (sekitar Rp 340 ribuan) untuk visa 30 hari. Pihak imigrasi biasanya hanya mau menerima pembayaran dalam uang kertas dolar As atau yang setara dengan rupiah. Apabila ingin menggunakan kartu kredit, maka harus dibicarakan terlebih dahulu permohonan penggunaannya, namun hal itu tidak selalu disetujui. Setidaknya terdapat beberapa VOA counter yang disediakan di sejumlah bandara internasional yang terletak di Jakarta, Bali, dan kota-kota lainnya.

Lihat Juga:   Jadwal dan Harga Tiket Kapal Cepat Lombok ke Bali
Visa on Arrival - phinemo.com
Visa on Arrival – phinemo.com

Ketentuan bebas visa di Indonesia hanya berlaku untuk 30 hari dan tidak bisa diperpanjang, sedangkan visa on arrival di Indonesia jika sudah habis masa berlaku 7 atau 30 hari, asing masih bisa memperpanjang kembali visa on arrival miliknya. Visa on arrival diberikan dengan cara memberi cap atau stiker pada paspor yang sah dan masih berlaku. Perlu diketahui bahwa negara-negara yang memiliki layanan visa on arrival biasanya counter VOA-nya cukup padat oleh antrean wisatawan lain yang juga hendak mengurus visa on arrival.

Meski demikian, Anda sebaiknya tetap sabar dan tertib saat hendak mengurus visa on arrival. Agar prosesnya bisa lebih cepat, sebaiknya persiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan termasuk paspor Anda yang masa berlakunya setidaknya masih 6 bulan lebih. Apabila Anda ingin mengetahui lebih jelas seputar biaya yang ditetapkan untuk layanan visa on arrival, Anda bisa langsung mencari tahu lewat situs-situs imigrasi dari masing-masing negara. Biasanya mereka memberitahukan informasi jelas seputar persyaratan dan biayanya untuk mengurus visa on arrival.

Dibandingkan visa pre-arrival, visa on arrival terbilang lebih simpel dan tak perlu menunggu hingga berhari-hari untuk bisa mengantongi visa. Prosesnya pun relatif lebih singkat dibandingkan mengurus di kantor kedutaan secara langsung. Namun bila Anda termasuk orang yang enggan repot dan tak ingin dipusingkan dengan pengurusan visa on arrival yang di negara tujuan, Anda bisa mengurusnya sejak jauh-jauh hari di kantor kedutaan. Dengan pengurusan visa pre-arrival, Anda bisa memiliki perjalanan wisata yang lebih tenang tanpa harus repot-repot dengan urusan visa saat mendarat di negara tujuan.




Tentang Dian Kartika1089 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan