Ingin Berburu Foto Instagramable? Ini Info Penginapan di Bukit Alesano Bogor

Lido Lake Resort by MNC Hotel - www.booking.com

Bukit Alesano adalah sebuah kawasan camping ground yang terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari Bogor, jarak menuju Bukit Alesano tidak terlalu jauh, bisa ditempuh dalam kurun waktu sekitar 1 jam perjalanan saja.

Jika dari Bogor, Anda bisa berkendara menuju Tulis, lalu lanjutkan perjalanan ke arah Agrowisata Warso Farm. Lurus saja sampai menemukan pertigaan, nanti di sana ada papan petunjuk yang mengarahkan ke Balai Embrio Ternak. Setelah itu ambil arah ke kanan, dan lurus saja sampai menemukan pertigaan lagi, selanjutnya boleh kiri. Jika sudah sampai di pintu gerbang Balai Embrio Ternak, belok kiri. Beberapa ratus meter lagi Anda akan menemukan Bukit Alesano Bogor.

Tempat satu ini memiliki banyak lahan lapang yang cukup luas, sehingga kerap dimanfaatkan untuk berkemah. Harga tiket masuk Bukit Alesano cukup murah, hanya sekitar Rp 15 ribuan per orang, sedangkan untuk parkir sepeda motor ditarik Rp 10 ribuan.

Selain tiket masuknya yang cukup murah, daya tarik utama dari Bukit Alesano tentu saja adalah pemandangan malamnya berupa city view (pemandangan kota) dengan hamparan lampu kelap-kelip yang seolah menyerupai taburan bintang jika dilihat dari puncak Bukit Alesano. Tak heran jika banyak orang tertarik untuk mengunjungi Bukit Alesano dan berburu foto-foto yang instagramable.

Bukit Alesano Cijeruk - @Moodiy Craft

Bukit Alesano Cijeruk – @Moodiy Craft

Sayangnya belum ada akomodasi atau penginapan di kawasan Bukit Alesano. Jadi bagi Anda yang ingin menginap atau bermalam di Bukit Alesano, solusi satu-satunya adalah membawa perlengkapan camping sendiri, mulai dari tenda hingga peralatan memasak. Pasalnya di Bukit Alesano kabarnya sudah tak ada lagi persewaan tenda untuk camping.

Sebelumnya beredar kabar bahwa di Bukit Alesano sudah tak bisa lagi digunakan untuk camping. Pasalnya ada pro-kontra dari warga soal keamanan di Bukit Alesano. Banyak juga isu yang menyebutkan bahwa Bukit Alesano kerap disalah-gunakan oleh pasangan muda-mudi untuk berbuat mesum. Alhasil tempat itu sempat dilarang untuk nge-camp. Tetapi kini menurut beberapa yang sempat berkunjung ke sana, Bukit Alesano sudah kembali dibuka untuk camping, sekitar 100 meter sebelum bukit meski tak ada pengelola yang bertanggungjawab bila ada yang mendirikan tenda di sana.

Lihat Juga:   Homestay Bunga Kopi 8, Akomodasi Rp100 Ribuan & Dekat Kampus Populer di Malang

Biaya untuk camping di Bukit Alesano kabarnya dibanderol Rp 40 ribuan untuk 1 sepeda motor. Biaya tersebut sudah termasuk biaya sewa tempat untuk mendirikan tenda serta biaya titip motor. Kemudian kabarnya masih ada yang menyewakan tenda bernama Pak Yus. Menurut informasi bulan Juni 2018 lalu, harga sewa tenda isi 6 orang dibanderol Rp 80 ribuan, sedangkan tenda kapasitas 4 orang tarif sewanya Rp 60 ribuan. Tapi Anda tak bisa berharap banyak, sebab Pak Yus dikabarkan hanya memiliki masing-masing 1 tenda. Jadi, jika ingin camping di Bukit Alesano lebih baik Anda menyiapkan segala perlengkapan sendiri.

Selain itu, siapkan juga budget lebih. Pasalnya menurut pengakuan beberapa pengunjung, di Bukit Alesano kerap ada pungutan liar alias pungli terhadap para wisatawan yang camping di sana. Ada salah seorang pengunjung menyebutkan, selain membayar biaya sewa lahan untuk camping, keesokan paginya Anda biasanya juga akan ditarik biaya kebersihan sebesar Rp 10 ribu per tenda. Oleh sebab itu, siapkan saja uang pecahan kecil yang banyak untuk berjaga-jaga jika ada retribusi yang ditarik oleh penduduk setempat.

Karena masih belum dikelola secara profesional, fasilitas di Bukit Alesano pun bisa dibilang cukup terbatas. Apabila Anda ingin buang air, di sana hanya tersedia toilet darurat dengan tarif Rp 2.000 setiap kali pakai. Kemudian ada juga warung sederhana di bukit camp tersebut yang menjual menu-menu layaknya mi instan dan kopi.

Lihat Juga:   Grand Zea, Penginapan Murah di Umbulharjo Cocok untuk Backpacker

Apabila Anda membutuhkan air bersih, listrik, atau toilet yang lebih memadai, Anda bisa menumpang ke sebuah villa milik penjaga Bukit Alesano. Di villa tersebut Anda bisa menumpang untuk mengecharge handphone (hp) atau minta air bersih. Biaya yang ditarik biasanya sesuai kesepakatan dengan sang pemilik rumah. Beberapa pengunjung biasanya juga kerap menumpang berteduh dalam aula yang ada di villa tersebut bila sedang hujan. Sayangnya tidak diketahui apakah di villa itu juga bisa menginap atau tidak.

Sedikit ke atas dari villa, Anda bisa menemukan 2 warung atau toko kelontong yang menjual beberapa perlengkapan kebutuhan untuk camping, misalnya saja air mineral kemasan botol besar, minyak angin, dan sebagainya. Apabila belum membawa kebutuhan yang diperlukan, Anda bisa membeli di warung tersebut.

Lido Lake Resort by MNC Hotel - ostrovok.ru

Lido Lake by MNC Hotel – ostrovok.ru

Nah, bagi Anda yang membawa mobil mungkin masih bisa tertolong untuk parkir atau menitipkan mobil di salah satu warung tersebut. Pasalnya jalan menuju Bukit Alesano cukup sempit dan lahan parkirnya hanya cukup untuk memuat sepeda motor saja dan mobil hanya bisa masuk sampai loket pembayaran tiket.

Tetapi bila Anda tidak membawa perlengkapan camping, kehabisan tempat, atau enggan camping di Bukit Alesano, maka alternatifnya bisa menginap di daerah terdekat dari Bukit Alesano Cijeruk, misalnya saja bermalam di Lido Lake Resort by MNC Hotel yang berjarak sekitar 5,31 km dari bukit. Di Lido Lake Resort menyewakan dengan rate mulai dari Rp 1,1 jutaan per malam.

Kemudian alternatif kedua menginap di Villa Pendopo Arya Dhamar yang berselang 6,04 km dari Bukit Alesano. Tarif menginap di Villa Pendopo Arya Dhamar dibanderol mulai Rp 700 ribuan per malam, hingga Herman Lantang Camp dengan harga Rp 550 ribuan per malam dan jaraknya 6,89 km dari Bukit Alesano.

Wisma Firman Wisma Firman Rp 192.771 grade 0
IZI Hotel IZI Hotel Rp 330.000 grade 2

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>