Info Tips Liburan & Penginapan di Pulau Kangean




Pulau Kangean - www.jejakpiknik.com
Pulau Kangean - www.jejakpiknik.com

Pulau memiliki beragam pesona yang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apabila Anda sedang berada di , Anda tak boleh melewatkan pelesir ke Pulau Kangean. Pulau satu ini masih satu kawasan dengan , . Meski demikian, adat dan bahasa yang digunakan oleh warga Kangean ternyata agak berbeda dari Bahasa . Sebab konon warga Pulau Kangean adalah perpaduan antara orang Jawa, orang asli Kalimantan, Bali, dan Sulawesi.

Pulau Kangean sendiri adalah gugusan pulau yang berjumlah hingga 60 pulau kecil. Pulau Kangean merupakan salah satu yang terbesar selain Pulau Paliat dan Pulau Sepanjang. Pulau yang luasnya hampir 500 km persegi ini punya sederet spot menarik untuk dikunjungi, mulai dari Jembatan Ajaib, Pemandian Celgung yang kabarnya terbentuk secara alami, Pemandian Olbek, Pulau Mamburit yang cocok dijadikan tempat diving dan snorkeling karena keindahan bawah lautnya, hingga Goa Kuning yang unik.

Pulau Kangean memiliki beberapa kuliner khas seperti pes-pes, kue lanon, keripik tekai, gurubik atau burubik, kamboya, sangngar-sangngar, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda mencicipi makanan-makanan tersebut ketika sudah berada di Pulau Kangean. Pulau ini disebut-sebut sebagai salah satu pulau yang indah di Indonesia karena semuanya masih serba alami dan suasana di sana pun begitu sejuk dan asri.

Pulau Kangean - www.jejakpiknik.com
Pulau Kangean – www.jejakpiknik.com

Cara menuju Pulau Kangean tidak sulit kok. Anda bisa berangkat dari titik awal ke Kota Surabaya terlebih dahulu, kemudian lanjutkan perjalanan ke Sumenep dengan menempuh jalur darat melewati Jembatan Suramadu. Nah, dari Sumenep, Anda dapat lanjut ke terminal atau Pelabuhan Kalianget. Dari Kalianget, Anda dapat memilih transportasi menuju Pulau Kangean dengan kapal ferry atau kapal cepat Bahari. Anda juga bisa menyewa kapal untuk island hopping alias mengunjungi beberapa pulau sekaligus. Biaya sewa kapal menurut informasi beberapa tahun lalu sekitar Rp 450 ribuan hingga Rp 1,5 jutaan per hari dengan kapasitas mencapai 10-15 orang.

Lihat Juga:   Info Penginapan Murah & Recommended di Sembalun, Lombok Timur

di Pulau Kangean

Meskipun punya pesona wisata yang begitu menakjubkan, sektor pariwisata di Pulau Kangean memang masih belum begitu berkembang dan dibangun dengan baik layaknya Pulau Dewata . Oleh sebab itu untuk mencari akomodasi di Pulau Kangean memang agak sulit.

Kabarnya di Pulau Kangean hanya ada 1 penginapan yang terletak di pusat Kota Arjasa, tepatnya Ibukota Kangean. atau harga di penginapan tersebut dibanderol sekitar Rp 100 ribuan per malam. Namun referensi tersebut berasal dari beberapa tahun lalu. Jadi kemungkinan biaya sewa kamar yang berlaku saat ini bisa berubah.

Selain itu, Anda sebenarnya juga bisa menumpang di rumah warga atau camping. Namun tetaplah berhati-hati ketika hendak berkemah di sana, pastikan untuk menjaga barang-barang bawaan Anda yang berharga dan usahakan untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok agar dapat meminimalisir risiko terjadinya tindak kejahatan.

Sebenarnya solusi lain yang termudah untuk mendapatkan sarana akomodasi adalah jika Anda memiliki kenalan yang tinggal di Pulau Kangean. Anda bisa menumpang menginap atau menegosiasikan sewa kamar dengan biaya yang relatif terjangkau. Tetapi apabila Anda tak ingin berisiko kehabisan penginapan atau sebagainya, lebih baik menginap saja di Sumenep. Pasalnya di Sumenep sudah ada banyak hotel, guest house, atau yang cukup memadai untuk bermalam.

Pulau Kangean - allidarahmania.blogspot.com
Pulau Kangean – allidarahmania.blogspot.com

Apabila Anda memilih menginap di Sumenep, maka konsekuensinya Anda tidak bisa berlama-lama di Pulau Kangean. Anda hanya bisa mampir sebentar untuk menyeberang ke Kangean dan menjelajahi pulau indah dan eksotis tersebut, lalu kembali ke Sumenep menyesuaikan dengan jadwal penyeberangan kapal yang ada di sana.

Lihat Juga:   8 Wisata Pantai Eksotis dengan Pemandangan Menakjubkan di Lampung

Tips Liburan ke Pulau Kangean

  1. Pastikan jika cuaca di Pulau Kangean sedang bagus atau cerah. Biasanya cuaca bagus di Kangean ini berlangsung antara bulan April hingga November. Apabila berkunjung ke Pulau Kangean saat cuaca sedang cerah, maka Anda bisa berkesempatan memperoleh pemandangan yang tentunya tidak terlupakan serta tidak tertutup awan karena mendung.
  2. Bawa uang cash secukupnya. Hal ini penting, karena di Pulau Kangean tidak ada fasilitas ATM bank yang memudahkan Anda untuk melakukan tarik tunai atau sebagainya.
  3. Berangkat dari Terminal Bungurasih sebaiknya jam 1-2 dini hari agar pada pagi harinya Anda bisa langsung naik kapal cepat atau ferry yang siap mengantar ke Pulau Kangean.
  4. Menyewa guide atau pemandu lokal. Hal ini sebenarnya opsional saja. Guide diperlukan lantaran masih banyak warga Kangean yang belum fasih berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Dengan menyewa guide, siapa tahu Anda bisa memperoleh informasi penginapan yang recommended sekaligus dapat lebih akrab dengan penduduk setempat.
  5. Bersikap sopan. Mayoritas penduduk Pulau Kangean cukup sopan dan merupakan pemeluk agama Islam. Jadi ketika berlibur ke Pulau Kangean sebaiknya gunakan busana yang sopan.
  6. Sebaiknya berlibur ke Pulau Kangean beramai-ramai atau bersama rombongan agar dapat menghemat ongkos transportasi seperti sewa colt (angkutan kota di Kangean) atau kapal ferry.
  7. Membawa peralatan selam atau snorkeling sendiri. Sebab di Pulau Kangean tidak tersedia persewaan alat snorkeling. Pelampung yang ada di sana pun kabarnya terbatas. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membawa segala keperluan dan perlengkapan snorkeling sendiri.

Yang terakhir dan tak kalah penting, berlibur ke manapun termasuk ke Pulau Kangean sebaiknya jangan membuang sampah sembarangan supaya kebersihan dan kelestarian Pulau Kangean sebagai salah satu potensi wisata terbaik di Indonesia tetap terjaga.




Tentang Dian Kartika1037 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*