Info Tempat Wisata & Biaya Perjalanan ke Brunei Darussalam




Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin - khazanah.republika.co.id
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin - khazanah.republika.co.id

Sebelum memutuskan untuk keliling dunia, tak ada salahnya untuk menuntaskan perjalanan Anda keliling ASEAN atau negara-negara di Asia Tenggara terlebih dahulu. Selain Malaysia, masih ada lagi negara lain yang juga ramah dengan traveler muslim, yakni .

Negara ini hanya dihuni sekitar lebih dari 380 ribu penduduk. Meski demikian, Brunei Darussalam termasuk negara kaya dan standar hidupnya disebut-sebut paling tinggi di antara negara-negara Asia Tenggara lainnya. Sama seperti berwisata ke wilayah ASEAN lainnya, wisata ke Brunei juga bebas visa. Namun beberapa wisatawan yang pernah pengalaman backpacker ke Brunei kabarnya akan ditanyai oleh petugas berapa kira-kira uang yang dibawa saat berlibur ke Brunei. Agar tidak penasaran, berikut ini informasi lengkap seputar biaya dan di Brunei.

Biaya Wisata ke Brunei Darussalam

Saat ini sudah banyak agen travel yang menyediakan paket wisata menarik ke negara Brunei Darussalam. Harga atau biaya paket tour ke Brunei Darussalam sangat variatif, tergantung lamanya perjalanan wisata, itinerary, dan juga yang ditawarkan.

Dari penelusuran beberapa agen perjalanan yang ada di Indonesia, rata-rata menawarkan paket perjalanan ke Brunei Darussalam dengan biaya mulai dari Rp 4,7 jutaan (all in untuk 3 hari 2 malam). Kemudian paket ke Brunei 4 hari 3 malam biayanya Rp 4,8 jutaan dan ada pula yang mematok biaya hingga Rp 9,3 jutaan, lengkap dengan tiket pesawat internasional kelas ekonomi Royal Brunei, bagasi, penginapan hotel bintang 3, bus ber-AC, tiket masuk objek wisata, serta acara tour dan .

Jika Anda ingin paket perjalanan yang lebih murah, Anda juga dapat memilih paket land only yang biasanya disediakan beberapa travel dengan harga mulai dari Rp 3,2 jutaan saja. Dalam paket ini biasanya belum termasuk tiket pesawat dan beberapa keperluan lainnya. Berwisata ke Brunei ala backpacker pun bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menyukai tantangan dan juga ingin menghemat biaya.

Lihat Juga:   Kampoeng Legok Resort & Cafe, Akomodasi di Lembang Cocok Untuk Rombongan

Terpopuler di Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid satu ini adalah landmark dari Brunei dan terletak di Bandar Seri Begawan, Ibu Kota Brunei. Posisi Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin berada di tepi Sungai Brunei, di Kampong Ayer. Ciri khas masjid ini adalah kubahnya yang disebut-sebut terbuat dari emas murni, menara marmer, dan gerbang yang berbentuk perahu di sungai.

Apabila Anda berkunjung saat malam hari, Anda akan berkesempatan menyaksikan masjid ini dihiasi lampu kelap-kelip berwarna-warni yang begitu indah. Tak heran jika Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin - khazanah.republika.co.id
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin – khazanah.republika.co.id

Taman Nasional Ulu Temburong

Di Taman Nasional Ulu Temburong terdapat bermacam kegiatan yang bisa Anda lakukan, mulai dari rafting, kayak, camping, hingga night jungle walk. Tersedia pula paket tur yang ditawarkan untuk Anda yang berencana mengelilingi seluruh area Taman Nasional Ulu Temburong sepuasnya.

Tempat satu ini dilengkapi beberapa yang indah dan untuk menginap. Namun jika ingin berkunjung ke Taman Nasional Ulu Temburong, setidaknya siapkan budget sekitar BND 315 atau sekitar Rp 3,3 jutaan jika dikonversikan dalam rupiah.

Taman Nasional Ulu Temburong - www.tukangjalanjajan.com
Taman Nasional Ulu Temburong – www.tukangjalanjajan.com

Gadong

Apabila Anda termasuk orang yang gemar belanja, cobalah bermain ke kawasan Gadong. Gadong merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Brunei yang berlokasi di Bandar Sri Begawan. Di tempat ini menjual berbagai kuliner khas Brunei. Makanan yang diperjual-belikan rata-rata berstandar cafe dan restoran, namun tetap dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

Tak hanya menjadi mall terbesar di Brunei yang menyediakan pusat perbelanjaan modern saja, di Gadong terdapat pasar tradisional yang menjajakan bahan-bahan masakan layaknya di pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia. Jika Anda ke Gadong Market, cobalah untuk mencicipi kuliner Nasi Katok khas Brunei. Gadong Night Market buka setiap hari mulai pukul 17.00-23.00.

Lihat Juga:   Info Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Gembira Loka Zoo Yogyakarta
Gadong - bruneidesi.com
Gadong – bruneidesi.com

Tasek Lama Recreational Park

Alternatif objek wisata menarik yang bisa dikunjungi bagi Anda yang menyukai wisata adalah dengan mampir ke Tasek Lama Recreational Park. Tasek Lama juga menjadi tempat yang paling populer di kalangan wisatawan karena mempunyai sejumlah air terjun yang indah dengan air yang cukup jernih. Akses menuju Tasek Lama Recreational Park pun cukup mudah karena ada di area perkotaan.

Satu hal yang menarik, tiket masuk ke Tasek Lama Recreational Park ternyata gratis. Di tempat ini Anda bisa menjelajahi hutan sekitar, berfoto di air terjun, atau sekitar duduk-duduk sembari menikmati indahnya pemandangan di sana.

Meski Brunei tidak sebesar Indonesia, Brunei ternyata memiliki banyak pantai yang indah dan layak untuk dikunjungi. Namun sebelum mengunjungi pantai di Brunei, pastikan Anda selalu waspada dan tidak sembarangan berenang. Pasalnya di beberapa pantai biasanya terpampang papan peringatan bahwa tempat tersebut merupakan habitat dari buaya air asin atau satwa laut lainnya yang berbahaya.

Deretan pantai indah yang bisa Anda kunjungi antara lain Pantai Berakas, Pantai Tungku, Pantai Jerudong, Pantai Muara, Pantai Tanjung , Pantai Serasa, Pantai Seri Kenangan, Pantai Lumut, Pantai Jubli, Pantai Penanjong, dan masih banyak lagi.

Selain tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas, ada begitu banyak pilihan tempat rekreasi lain yang tak kalah menarik dan Instagenic seperti Proboscis Monkey Safari River, Andulau Forest Reserve, Kampong Ayer, Kuala Belait, Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah, Museum Kerajaan Regalia, Agro Technology Park, Istana Nurul Iman Brunei Darussalam, Brunei History Centre, dan sebagainya.




Tentang Dian Kartika1099 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan