Info Tarif, Rute, dan Fasilitas Coban Talun




Air terjun Coban Talun (sumber: wisatakaka.com)
Air terjun Coban Talun (sumber: wisatakaka.com)

Di Batu, jenis wisata alam yang paling mudah dijumpai adalah wisata coban (air terjun). Jadi, tak mengherankan jika ini kemudian seringkali dijuluki sebagai Seribu Coban. Dari sekian banyak coban di Batu, hanya ada empat air terjun yang bisa dibilang merupakan ikon pariwisata di Batu, yakni Coban Rondo, Coban Rais, Coban Putri, dan Coban Talun. Untuk kali ini, yang akan kita bahas adalah Coban Talun.

Coban Talun merupakan sebuah air terjun yang berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, . ini berada di sebelah utara sekitar 4 km dari Rekreasi Selecta.

Rute menuju objek Coban Talun bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, Anda harus melewati jalan perkampungan sebelum sampai di Coban Talun. Untuk menuju coban yang berjuluk wisata seribu ayunan tersebut, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum yang mengantarkan hingga di depan loket.

Jika Anda berangkat dari Alun-Alun Kota Batu, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Gajah Mada, lalu dilanjutkan dengan belok kanan di perempatan Kelenteng Ngaglik. Setelah itu, ikuti saja jalur tersebut hingga melewati pertigaan Selecta. Sekitar 3 km setelah pertigaan, ikuti saja petunjuk arah yang tersedia hingga Anda sampai di Coban Talun.

Sesampainya di parkiran Coban Talun, dilanjutkan berjalan kaki selama sekitar 30 menit. Sekadar informasi, saat menelusuri jalan setapak menuju coban, Anda jangan sampai keluar jalan utama dan harus mengikuti instruksi pengelola. 

Air terjun setinggi 75 meter ini berada di ketinggian 954 meter dpl. Keindahan hutan pinus yang mengelilingi bisa menjadi pemandangan yang tak terlupakan. Saat sedang beruntung, pengunjung bisa menyaksikan monyet dan langur Jawa bergelantungan di antara pepohonan.

Fasilitas dan Tarif di Coban Talun

Kebun bunga Coban Talun (sumber: pingpoint.co.id)
Kebun bunga Coban Talun (sumber: pingpoint.co.id)

Fasilitas yang ada di Coban Talun terbilang lengkap. Sesampainya Anda di kawasan wisata, Anda akan disuguhi kebun bunga warna-warni yang indah. Selain itu, sejak Juni 2017 kemarin, di air terjun ini didirikan ayunan-ayunan yang dapat dimainkan secara gratis. 

Di ini, fasilitas dasar seperti musala, mandi, dan tempat sudah dikelola dengan baik. Untuk sekali pemakaian kamar mandi, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp2.000 sampai Rp3.000, tergantung pemakaiannya.

Meski fasilitasnya terbilang cukup lengkap, namun tiket masuk Coban Talun terbilang terjangkau. Untuk sekali masuk, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang. Tarif tersebut sudah berlaku bagi anak di atas usia dua tahun.

Kegiatan di Coban Talun

Saat pertama kali di lokasi air terjun, biasanya wisatawan bersantai sejenak di batu-batu yang ada di sekitarnya. Kemudian, wisatawan bisa mandi atau sekadar berswafoto dengan latar belakang air terjun. 

Setelah puas dan berfoto dengan air terjun, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Pertama, Anda bisa menikmati keindahan bunga warna-warni di taman bunga sembari beristirahat dan memakan bekal yang sudah Anda bawa. Namun, selesai menyantap hidangan yang sudah Anda disiapkan, jangan lupa menjaga kebersihan taman bunga dengan membuang sampah di tempatnya.

Selesai di taman bunga, Coban Talun masih menyediakan spot lain yang tak kalah menarik. Bagi Anda pencinta film action buatan Hollywood, pasti sudah tak asing lagi dengan rumah asli pribumi Amerika. Ya, rumah berbentuk kerucut yang biasa digunakan suku Indian tersebut sengaja dibangun untuk menambah daya tarik tempat wisata ini. Selain itu, ada juga rumah pegubon, yang dalam bahasa Indonesia berarti rumah merpati, yang cocok dijadikan tempat menginap.

Lihat Juga:   DeView Hotel, Usung Konsep Modern Cozy Living di Batu




Tentang M. Nur Fahmi1496 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan