Info Objek Wisata dan Penginapan di Pulau Adonara, NTT




Pulau Adonara - phinemo.com

Pernahkah Anda mendengar tentang Adonara? Jika belum, pastikan Anda segera berwisata ke pulau eksotis nan indah yang belum banyak dijamah oleh wisatawan ini. Adonara merupakan sebuah pulau kecil yang berada di sebelah timur Pulau . Secara administratif, Pulau Adonara termasuk dalam wilayah Kabupaten Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pulau Adonara berbatasan dengan Laut Flores di sebelah utara, Selat Solor di selatan, dan Selat Lowotobi di sebelah barat. Meskipun hanya sebuah pulau kecil, keindahan Pulau Adonara kabarnya tak kalah cantiknya dengan pulau-pulau lain seperti Flores atau Lembata. Ada banyak daya tarik yang bisa Anda temukan di Pulau Adonara, mulai dari pantai-pantainya yang masih perawan dan memiliki air biru nan jernih, laguna yang cantik, sentra tenun ikat, hingga gunung berapi yang masih aktif.

Untuk menuju Adonara, Anda bisa terbang dari Kupang menuju Larantuka menggunakan pesawat perintis dengan harga tiket sekitar Rp 300 ribuan. Setelah sampai di Larantuka, Anda bisa menyeberangi Selat Lewotobi hingga sampai di Pelabuhan Tobilota, Adonara. untuk menyeberang ke Adonara kabarnya tak terlalu mahal, sekitar Rp 20 ribuan per orang.

Destinasi Wisata di Adonara

Jangan khawatir kehabisan tempat seru yang dituju saat berada di Adonara, pasalnya ada begitu banyak spot-spot indah yang benar-benar instagramable. Salah satunya saja seperti Pantai Watotena. Pantai satu ini berjarak sekitar 11 km atau 20 menit berkendara dari Kota Waiwerang. Pantai Watotena menyuguhkan pasir putih dan debur ombak yang relatif tenang. Pantai ini masih relatif sepi dan memiliki pemandangan unik berupa -batu magma beraneka bentuk yang berasal dari letusan Gunung Ile Ape.

Pulau Adonara - travel.detik.com
Pulau Adonara – travel.detik.com

Yang tak kalah menarik dari Watotena tentu saja adalah Pantai Deri. Berbeda dari Watotena, Pantai Deri memiliki pasir pantai yang berwarna cokelat kehitaman. Pantai yang berlokasi di Desa Deri ini menawarkan pemandangan Pulau Lembata di sebelah timur yang cukup jelas. Pantai Deri juga memiliki yang cukup lengkap seperti toilet, lopo-lopo atau yang lebih kita kenal dengan istilah gazebo untuk duduk bersantai, dan lain-lain. Sayangnya di sana kabarnya kurang terawat, sehingga pengunjung biasanya hanya ramai saat hari Minggu atau hari-hari libur saja.

Nah, jika bosan ke pantai, cobalah main-main ke Danau Kotakaya. Danau kecil ini ada di pesisir bara laut Adonara. Danau ini sebenarnya merupakan laguna, karena letaknya yang ada di dekat pantai. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika air danau ini pun asin. Suasana Danau Kotakaya pun juga cukup menyenangkan dan sejuk karena ada beberapa pohon bakau yang tumbuh di sana.

Seperti halnya pulau-pulau lain di wilayah Nusa Tenggara Timur, Pulau Adonara rupanya juga memiliki kerajinan tenun ikat yang sangat cantik. Sentra tenun ikat Adonara ini bisa Anda temukan di Desa Redontena. Yang menarik, semua perempuan di desa ini kabarnya bisa menenun dari kecil. Harga kain tenun di Desa Redontena dijual mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Penginapan di Pulau Adonara

Karena masih serba alami, Anda mungkin agak sedikit kesulitan menemukan penginapan di Pulau Adonara. Tetapi menurut para traveler yang pernah bepergian ke sana, setidaknya ada 2 penginapan sederhana yang bisa Anda temukan di Adonara, salah satunya adalah Taufik.

Taufik berada di Waiwerang Kota, Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di dekat Pelabuhan Lama Weiwerang. Losmen Taufik kabarnya disewakan dengan tarif yang relatif murah, berkisar mulai Rp 100 ribuan per malam. Namun karena konsepnya losmen, tentu jangan berharap banyak pada penginapan satu ini.

Setidaknya, Losmen Taufik bisa menjadi tempat yang cukup nyaman untuk istirahat. Dalam kamar disediakan ranjang yang bersih beserta bantal, guling, kipas angin, dan juga cermin. Tersedia juga fasilitas sarapan gratis berupa makanan ringan atau sebagainya.

Losmen Taufik - @Khoirun Nisa
Losmen Taufik – @Khoirun Nisa

Selain Losmen Taufik, Anda juga bisa menginap di Losmen Sorlina atau dalam waktu dekat kabarnya juga akan dibangun sebuah resort atau berbintang di Adonara yang dikelola oleh Adonara Hotels Group. Dengan demikian, akan lebih banyak wisatawan yang bisa ditampung saat hendak di Pulau Adonara.

Karena pilihan penginapan di Pulau Adonara tidak terlalu banyak, para wisatawan biasanya lebih banyak yang memilih menginap di Larantuka yang posisinya dekat dengan pelabuhan, sehingga akses menuju Pulau Adonara pun menjadi lebih dekat. Terdapat beberapa hotel di Larantuka yang lokasinya cukup dekat dengan Pulau Adonara, antara lain Hotel Asa yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Hotel Asa menyediakan kamar tipe Deluxe dengan rate mulai Rp 600 ribu per malam.

Jika ingin yang lebih murah, bisa menginap di Geo Permai Hotel yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman. Harga sewa kamar di Geo Permai berkisar mulai Rp 350 ribuan per malam untuk tipe Standard Room. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan bermalam di Hotel Fortuna yang terletak di Puken Tobi Wangi Bao, Gelekat Nara Hotel di Jalan Basuki Rahmat 2 dengan harga kamar antara Rp 380 ribuan hingga Rp 443 ribuan per malam, Flores Cottage seharga Rp 366 ribuan, atau sebagainya.

Apabila Anda tertarik untuk bermalam di salah satu penginapan, Anda bisa langsung datang ke atau melakukan secara online dan juga via telepon. Perlu diketahui bahwa tarif sewa setiap hotel bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan yang Ada di Kawasan Pantai Carita, Banten




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*