Info Lokasi dan Penginapan di Gunung Geulis Jatinangor, Berapa Harganya?

  • Whatsapp
Gunung Geulis Jatinangor (sumber: wikipedia)
Gunung Geulis Jatinangor (sumber: wikipedia)

Di kawasan Raya, nama Gunung Geulis tak hanya ditemukan di satu lokasi. Ada beberapa gunung dengan nama yang sama. Di Baleendah dan Ciwidey, ada Gunung Geulis. Di Cisalak, Subang, dan di Sumedang, tak jauh dari Gunung Tampomas, juga ditemukan Gunung Geulis. Nah, Gunung Geulis dalam bahasan kali ini adalah yang berada di perbatasan Kecamatan Tanjungsari, Jatinangor, dan Cimanggung. Kini, lokasi tersebut telah sebagai destinasi wisata dan dilengkapi penginapan dengan tarif bervariasi. 

Lokasi dan Tiket Gunung Geulis 

Ketinggian puncak Gunung Geulis adalah 1.281 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai Gunung Geulis, terdapat beberapa pilihan akses. Anda dapat memulai perjalanan dari Desa Jatiroke di Kecamatan Jatinangor, dari Rancabawang, Kecamatan Tanjungsari, atau juga dari Cipariuk dan dari Cisurupan, Kecamatan Cimanggung.

Bacaan Lainnya

Akses yang paling populer adalah dari Dusun Jatisari, Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinangor. Letaknya sekitar 22 kilometer ke arah timur dari pusat Kota Bandung. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju kawasan pendidikan Jatinangor terlebih dahulu, lalu mengambil jalan ke arah timur menuju Tanjungsari dan berbelok memasuki Jalan Cikuda. 

Di dekat gedung SD Negeri Sinarjati, Anda bisa belok kiri menyusuri Jalan Letda Lukito sampai melewati lapangan sepakbola Sinarjati. Tak jauh dari lapangan itu, terdapat sebuah rumah di ujung jalannya. Rumah sekaligus warung baso cuanki tersebut dikenal dengan nama Warung Cuankie Mang Juju. Di sini, Anda bisa menitipkan kendaraan.

Hingga saat ini, Anda tidak dikenakan biaya untuk mendaki di Gunung Geulis. Meski gratis, Anda tetap perlu mematuhi aturan di Gunung Geulis, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, jika Anda pendaki pemula, ada baiknya ditemani oleh pendamping profesional.

Gunung Geulis Jatinangor (sumber: bandungbergerak.id)
Gunung Geulis Jatinangor (sumber: bandungbergerak.id)

Daya Tarik Gunung Geulis

Di puncak Gunung Geulis, ada banyak pepohonan kaliandra dengan tinggi sekitar 3 sampai 5 meter, sehingga dapat digunakan para pendaki untuk berteduh. Beberapa rumpun pohon takokak (Solanum torvum) tumbuh di sela-sela rimbunnya pohon kaliandra dan saliara. Untuk menuju kawasan terbuka dengan penanda sebuah batu berukuran besar, Anda bisa berjalan kaki dari puncak sekitar 5 menit ke arah timur. 

Lihat Juga:   Daftar Nama dan Tarif Hotel Dekat Empire Xxi Yogyakarta

Walau tidak terlalu tinggi, dari puncak Gunung Geulis, Anda bisa melihat indahnya pemandangan alam seperti matahari terbit di ufuk timur atau ketika matahari tenggelam di arah barat. Begitu juga dengan pemandangan alam di bawahnya, hamparan sawah bercampur dengan pemukiman dan jalan-jalan, serta wilayah Jatinangor juga terlihat jelas dari puncak Gunung Geulis.

Di atas batu besar itu, Anda bisa melihat ujung kelurusan Sesar Cileunyi-Tanjungsari di arah timur laut. Tampak pula Gunung Tampomas di arah yang sama. Sementara itu di arah tenggara, Gunung Haruman dan Gunung Kaledong terlihat seperti dua buah gunung kembar. Di sampingnya, ada Gunung Mandalawangi dan Pegunungan Guntur, Garut.

Di puncak Gunung Geulis, terdapat lahan yang datar dan cukup luas, dengan dua buah pohon beringin besar. Di puncak gunung ini juga ada beberapa yang dinaungi oleh saung-saung atau bangunan. Salah satu bangunan dan makam berada di bawah pohon besar yang menjadi ciri khas Gunung Geulis.

Setelah menikmati suasana puncak, tentu saja para pendaki harus menempuh jalan turun untuk kembali ke tempat parkir kendaraan. Biasanya perjalanan menuruni Gunung Geulis ditempuh selama satu sampai dua jam. Namun jika hujan turun, waktu tempuh bisa menjadi lebih lama akibat jalan yang licin. Perlu diingat, setiap pendaki hendaknya membawa perbekalan air yang cukup karena di sepanjang jalur pendakian tidak tersedia sumber air.

Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi keindahan Gunung Geulis serta tempat wisata di sekitarnya, tentu membutuhkan akomodasi nyaman yang lokasinya cukup dekat. Sebagai bahan referensi, berikut beberapa penginapan dekat Gunung Geulis beserta fasilitas dan harga sewanya.

Fafa Hill Gunung Geulis

Fafa Hill Gunung Geulis (sumber: agoda)
Fafa Hill Gunung Geulis (sumber: agoda)

Penginapan pertama yang kami rekomendasikan adalah Fafa Hill Gunung Geulis. Akomodasi ini cukup dekat karena dapat ditempuh sekitar 2,3 km dari Gunung Geulis. Hotel bintang 4 ini cukup elegan dengan empat lantai. Tersedia fasilitas penunjang seperti kolam renang, area parkir yang nyaman, halaman yang luas, hingga restoran dengan berbagai pilihan.

Tarif Fafa Hill Gunung Geulis

Kamar Tarif per Malam
Deluxe Room Only Rp405.000
Family Room Only Rp495.000
Vip Room Only Rp675.000
Lihat Juga:   Losmen dan Penginapan Murah di Kawasan Jakarta Utara

Masing-masing kamar Fafa Hill telah dilengkapi dengan AC, TV, kulkas, dan kamar mandi dengan shower. Tak hanya untuk beristirahat, Anda pun bisa memaksimalkan ruang rapatnya untuk keperluan bisnis. Untuk info dan reservasi, Anda bisa menghubungi pihak pengelola lewat nomor (021) 80629666 atau datang langsung ke lokasi.

Villa Puri Gunung Geulis

Berjarak sekitar 4,4 km dari Gunung Geulis, Villa Puri Gunung Geulis menjadi salah satu akomodasi yang direkomendasikan untuk Anda. Beralamat di Nagrak, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, villa mewah satu ini menawarkan fasilitas lengkap seperti BBQ indoor, patio luas dengan view Sentul, desain interior minimalis yang unik, dan taman yang asri.

Villa ini memiliki 4 unit kamar tidur tipe Queen yang luas dan nyaman. Tersedia fasilitas penunjang lain seperti kulkas dan dapur lengkap dengan peralatan memasaknya. Para tamu pun bisa menikmati view indah di balkonnya atau mengakses layanan internet dengan wifi gratis sambil duduk nyaman di terasnya. Untuk bisa menginap di Villa Puri Gunung Geulis, Anda perlu menyiapkan budget mulai Rp2,7 juta per malam.

Gunung Geulis Camp Area (GGCA)

Gunung Geulis Camp Area/GGCA (sumber: tiket.com)
Gunung Geulis Camp Area/GGCA (sumber: tiket.com)

Selain Villa Puri Gunung Geulis, Anda pun bisa memesan Gunung Geulis Camp Area (GGCA) saat berwisata di Gunung Geulis karena jaraknya cukup dekat, sekitar 5,5 km. GGCA berada di Jl. Bukit Pelangi No. 2, Gunung Geulis, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat seluas 10 hektar ini memiliki 2 ground, Islamic prayer rooms, villa, cottages, 48 toilet, serta 2 pendopo (aula) dengan luas 700 m2 dan 144 m2. 

Untuk kebutuhan penginapan, pihak pengelola telah menyediakan beberapa tipe kamar seperti deluxe camp, rumah kerucut, dan cottage. Anda bisa menyewa kamar tersebut dengan dengan tarif mulai Rp552 ribu per malam. Info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi pihak pengelola lewat nomor (0251) 8294806 dan 085719561979 atau mengirim email di admin@gununggeuliscamparea.com.

Itu tadi rekomendasi tiga penginapan yang berada dekat Gunung Geulis, Jatinangor. Untuk sewa kamar, Anda bisa menghubungi pihak pengelola lewat nomor kontak yang tersedia. Ada baiknya saat musim liburan, Anda jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kamar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan