Info Komplet Bandara yang Ada di Kalimantan




Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman - www.tribunnews.com
Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman - www.tribunnews.com

Selain Jawa, pulau-pulau lain di Indonesia juga telah didukung sebagai penghubung dari satu tempat ke tempat lain. Nah, berikut kami sajikan seputar bandara yang ada di Pulau Kalimantan.

Bandara Internasional Supadio

Pelabuhan udara ini terletak di Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, Kalimantan Barat. Dari pusat kota, Bandara Internasional Supadio berjarak kurang lebih 17 km. Dikelola oleh PT Angkasa Pura II, bandara tersebut dibangun pertama kali pada tahun 1940 dan kala itu memiliki Bandara Sungai Durian. Kemudian, pada tahun 1980, bandara ini berubah menjadi Bandara Supadio hingga sekarang.

Sebagai salah satu pelabuhan udara internasional, Bandara Supadio telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Di tempat ini, para pengguna jasa bisa menemukan E-Kiosk yang terletak di boarding lounge lantai 1 dan hall kedatangan lantai dasar, lima konter check-in, lounge di Gate 1 area boarding lantai 2, ruang tunggu di lantai 1, akses Wi-Fi gratis, hingga toilet, tempat ibadah, dan beberapa .

Sejumlah maskapai terkenal juga mengoperasikan mereka di bandara ini, sebut saja AirAsia, Batik Air, Aviastar, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, NAM Air, Sriwijaya Air, dan Wings Air. Sementara, rute penerbangan yang dilayani adalah menuju , Yogyakarta, , , Batam, Palangkaraya, Ketapang, Sintang, Putussibau, Pangkalan Bun, Sampit, Semarang, Banjarmasin, dan beberapa destinasi internasional seperti Kuching dan Kuala Lumpur.

Bandara Internasional Supadio - www.tribunnews.com
Bandara Internasional Supadio – www.tribunnews.com

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman

Pelabuhan udara yang biasa disingkat SAMS ini berlokasi di Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Karena itu, bandara ini juga biasa disebut dengan nama Bandara Sepinggan. Dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I, Bandara SAMS pertama kali dibuka untuk publik pada tanggal 6 Agustus 1997 dengan luas 300 hektar dan menjadi bandara terbesar keempat yang dikelola PT Angkasa Pura I.

Ketika mendarat di bandara ini, penumpang pasti dibuat terkagum-kagum dengan desain bangunan bergaya modern dan futuristik tanpa kehilangan sentuhan khas budaya setempat. Di samping itu, bandara ini juga telah didukung sejumlah fasilitas yang oke, seperti Baggage Handling System (BHS), Difabel and Special Need Service, Reading Corner dan Internet Corner, Kids Zone, 3D Toilet, hingga Airport Cinema.

Lihat Juga:   Nur Firdaus Room, Villa Kamaran Berukuran Luas di Dekat Museum Angkut

Beberapa maskapai yang beroperasi di bandara ini di antaranya Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, KalStar Aviation, Lion Air, Silk Air, Sriwijaya Air, dan Wings Air. Sementara, rute yang dilayani menghubungkan Balikpapan dengan kota-kota seperti Banjarmasin, Jakarta, Makassar, Surabaya, Palu, Yogyakarta, Tarakan, Bandung, Semarang, Tanjung Pinang, hingga Singapura dan Jeddah (penerbangan umrah dan haji).

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman - www.tribunnews.com
Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman – www.tribunnews.com

Bandara Internasional Syamsudin Noor

Sesuai namanya, pelabuhan udara ini terletak di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamtan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Bandara Syamsudin Noor berada sekitar 25 km dari pusat Banjarmasin dan berlokasi 10 km di selatan-barat dari pusat Banjarbaru. Memiliki luas 257 hektar, bandara ini telah beroperasi pada tahun 1936 silam dengan nama Lapangan Terbang Ulin, yang kemudian ditetapkan sebagai bandara sipil pada tahun 1975.

Sebagai bandara internasional, pelabuhan udara ini tentunya telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Selain terminal kedatangan dan terminal keberangkatan, penumpang juga bisa menemukan area parkir yang luas hingga beberapa restoran ternama dan gerai seperti Kas Bank Mandiri, retail Cakrawala Indah, Café Transit, Sari Café, ATM BTN, ATM BCA, ATM BNI, Pappa & Roti, F Mart, dan masih banyak lagi.

Saat ini, beberapa maskapai telah mengoperasikan pesawat mereka di Bandara Syamsudin Noor, seperti Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, KalStar Aviation, Lion Air, Sriwijaya Air, Susi Air, Trigana Air Service, hingga Wings Air. Sementara, rute penerbangan yang dilayani menghubungkan Banjarmasin dengan Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Ketapang, Kotabaru, Malang, Makassar, Pangkalan Bun, Pontianak, Sampit, hingga Solo dan Palangkaraya.

Bandara Internasional Syamsudin Noor - www.lokasi.click
Bandara Internasional Syamsudin Noor – www..click

Bandara Internasional Juwata

Ini adalah pelabuhan udara yang terletak di Kota Tarakan, Kalimantan Utara dan berlokasi sekitar 3 km dari pusat kota. Memiliki panjang runway 2.500 meter x 45 meter, Bandara Internasional Juwata sudah mampu disinggahi pesawat jenis Boeing dan Airbus, serta pesawat-pesawat perintis. Setiap harinya, ada sekitar tiga ribu penumpang yang menggunakan bandara ini untuk bepergian.

Lihat Juga:   Info Traveling: Biaya Perjalanan dari Malang ke Bali

Diresmikan pada bulan Maret 2016 lalu, bandara ini ternyata sudah dibangun pada masa penjajahan Belanda dan digunakan sebagai pangkalan militer pesawat tempur mereka. Pada awal penjajahan Jepang, pesat tempur milik tentara Negeri Matahari Terbit tersebut mendarat untuk pertama kalinya di Indonesia di Bandara Juwata pada tanggal 11 Januari 1942.

Pada tahun 2000, Bandara Juwata resmi dinyatakan sebagai bandara domestik setelah sebelumnya dilakukan peningkatan landasan pacu menjadi 1.850 meter. Beberapa maskapai penerbangan yang menggunakan Bandara Juwata saat itu adalah Citilink, Bouraq Indonesia, Dirgantara Air Service, Mandala Airlines, Kartika Airlines, Pelita Air Service, dan Merpati Nusantara Airlines.

Kemudian, pada tahun 2006, bandara ini mulai melayani rute penerbangan internasional, yang kala itu dilakukan oleh Bouraq Indonesia dengan tujuan Tarakan-Tawau. Di tahun yang sama, maskapai Malaysia Airlines juga melayani rute penerbangan Tarakan-Tawau, yang meski sempat terhenti pada tahun 2010, tetapi kembali dioperasikan dua tahun kemudian melalui MASwings.

Bandara Lain di Kalimantan

Selain bandara-bandara yang disebutkan di atas, Pulau Borneo juga memiliki bandara-bandara lain, seperti Bandara Rahadi Oesman, Bandara Susilo, Bandara Nanga Pinoh, dan Bandara Pangsuma yang berada di Kalimantan Barat. Sementara, di Kalimantan Selatan, ada Bandara Bersujud, Bandara Gusti Syamsir Alam, Bandara Mekar Putih, dan Bandara Warukin. Untuk Provinsi Kalimantan Timur, selain Bandara Samarinda Baru, ada Bandara Bontang, Bandara Datah Dawai, Bandara Kalimarau, Bandara Mangkajang, Bandara Melalan, Bandara Muara Badak Pujangan, Bandara Sangkimah, Bandara Tanjung Bara, Bandara Tanjung Santan, Bandara Temindung, dan Bandara Uyang Lahai.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*