Info Harga Tiket Masuk, Fasilitas, & Penginapan di Pantai Sendiki Malang




Pantai Sendiki
Pantai Sendiki

Wilayah Kabupaten memang punya sejuta pesona. Rata-rata yang ada di Kabupaten Malang memang cukup indah, misalnya saja seperti Sendiki. Sendiki adalah salah satu eksotis yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang yang memiliki hamparan pasir putih yang luas. Lokasi Sendiki bersebelahan dengan Tamban, jarak sekitar 2 km dan juga dekat dengan Sendangbiru. Saat Anda hendak ke Sendangbiru, usahakan untuk mampir juga ke Sendiki.

Jalan menuju Pantai Sendiki sebenarnya cukup mudah untuk dilalui. Sayangnya untuk ke arah Pantai Sendiki kabarnya masih belum ada kendaraan umum yang lewat, sehingga satu-satunya cara untuk ke Pantai Sendiki adalah dengan naik kendaraan pribadi.

Jika Anda berangkat dari Kota Malang, maka Anda bisa berkendara ke arah Pakisaji, kemudian lanjutkan perjalanan ke Kepanjen hingga sampai ke Gondanglegi. Dari situ Anda bisa lanjutkan perjalanan ke arah Turen hingga Sumbermanjing Wetan. Kemudian teruslah berkendara mengikuti jalur menuju Pantai Tamban di daerah Tambakrejo. Sesampainya di kawasan Pantai Tamban, Anda tinggal menuruni jalan sampai menemukan pertigaan, belok kiri.

Tidak jauh dari pertigaan, Anda akan menemukan Pos Kamling dari bambu. Dari Pos Kamling, pilih arah kanan. Karena jalanan dari Pos Kamling tersebut cukup sempit, Anda hanya bisa melaluinya dengan sepeda motor. Bila naik mobil, titipkan kendaraan Anda di rumah penduduk. Kondisi jalannya pun agak rusak dan licin bila musim hujan. Setelah berjalan sekitar 3 km, Anda akan sampai di lokasi Pantai Sendiki.

Pantai Sendiki
Pantai Sendiki

Harga tiket masuk ke Pantai Sendiki cukup murah, hanya sekitar Rp 5 ribuan saja per orang. Apabila Anda membawa sepeda motor, maka Anda akan dikenai parkir sebesar Rp 5.000 per motor. Namun jika Anda menginap, maka Anda akan ditarik tambahan sebesar Rp 10 ribuan.

Lihat Juga:   Wisma Nendra, Akomodasi Hemat Dekat Malioboro Yogyakarta

Di Pantai Sendiki Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru, mulai dari berfoto-foto selfie, camping, bermain ayunan, hingga bersantai di hammock. Anda juga bisa sekadar bermain air di bibir pantai. Pastikan untuk tidak bermain air terlalu ke tengah, sebab ombak di Pantai Sendiki kabarnya cukup besar.

yang disediakan Pantai Sendiki pun relatif lengkap, terdapat musala bagi Anda yang ingin beribadah, tempat parkir sepeda motor yang cukup luas, warung makan, hingga camping ground. Pantai Sendiki kabarnya memiliki penginapan berupa Rumah Pohon yang dapat disewa oleh para pengunjung yang ingin menginap sekaligus berlama-lama menikmati pemandangan laut di Pantai Sendiki. Berdasarkan dari berbagai sumber, sewa Rumah Pohon Pantai Sendiki sekitar Rp 15 ribuan per jam. Rumah Pohon Pantai Sendiki juga bisa disewa untuk menginap dengan sekitar Rp 150 ribuan per unit. Cukup murah bukan?

Namun karena konsepnya masih sangat alami dan harganya pun relatif murah, jangan berharap Anda akan mendapatkan fasilitas yang mewah layaknya menginap di hotel berbintang. Rumah Pohon Pantai Sendiki dilengkapi 10 tidur yang dapat menampung sekitar 10 orang tamu. Kemudian di Rumah Pohon Pantai Sendiki juga tersedia 5 mandi bersama. Namun perlu diingat bahwa air di mandi tersebut rata-rata merupakan air payau, sehingga Anda mungkin masih merasakan sedikit rasa asin ketika berkumur atau menyikat gigi dengan menggunakan air mandi.

Selain menyewa Rumah Pohon, di Pantai Sendiki Anda juga bisa mempertimbangkan untuk camping alias berkemah. Kemping di pinggir Pantai Sendiki tentunya akan menghadirkan pengalaman yang sangat berkesan dan tak terlupakan. Apabila Anda ingin berkemah di Pantai Sendiki, Anda sebenarnya tak perlu repot-repot membawa tenda sendiri. Pasalnya di Pantai Sendiki sudah disediakan persewaan tenda dengan biaya sekitar Rp 25 ribuan sampai Rp 30 ribuan, tergantung ukuran tenda yang hendak Anda sewa.

Lihat Juga:   Losmen Recommended di Parangtritis, Yogyakarta

Namun bila Anda tidak bisa mendirikan tenda sendiri, Anda juga bisa meminta bantuan pada pihak pengelola. Untuk paket lengkap sewa tenda dome sekaligus mendirikan tendanya biasanya akan dikenai biaya sekitar Rp 60 ribuan saja. Tetapi jika Anda memang benar-benar berjiwa backpacker sejati dan ingin meminimalisir biaya, maka Anda pun diperkenankan membawa tenda sendiri untuk camping di Pantai Sendiki. Bila membawa tenda sendiri, untuk camping di Pantai Sendiki Anda masih tetap ditarik biaya sekitar Rp 20 ribuan.

Perlu diingat, bila Anda ingin kemping di Pantai Sendiki, pastikan untuk meninggalkan kartu identitas seperti KTP atau semacamnya di bagian ceklist. Anda juga wajib memenuhi sederet peraturan yang diterapkan oleh pihak pengelola, di antaranya dilarang minum-minuman beralkohol dan narkoba, dilarang membuang sampang sembarangan (jika melanggar akan dikenai sanksi dan denda Rp 50.000), dilarang mandi sepanjang Pantai Sendiki, dilarang merusak satwa dan fauna di lokasi Pantai Sendiki, dilarang memotong kayu di lokasi , dan dilarang membuat api unggun di pasir maupun di dalam hutan.

Bagi Anda yang berbudget lebih dan ingin bermalam di tempat yang lebih memadai dan lengkap fasilitasnya, maka Anda bisa menemukan beberapa alternatif atau hotel di dekat Pantai Sendiki. Misalnya saja dengan menginap di Homestay Sendang Biru yang terletak di Jalan Sendang Biru, RT 27/RW 03, Desa Tambak Rejo, Sumber Manjing Wetan. Selain itu, Anda juga bisa menginap di Home Stay Berkah Alam yang rate atau harga sewa kamarnya berkisar Rp 320 ribuan per malam, Maltan Homestay, dan masih banyak lagi pilihan lainnya yang berada di sekitar Pantai Sendiki.




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan