Info Fasilitas Yang Disediakan Dalam Pesawat Sriwijaya Air Kelas Ekonomi




Armada Sriwijaya Air (sumber: jakartaglobe.id)
Armada Sriwijaya Air (sumber: jakartaglobe.id)

Sriwijaya Air adalah maskapai penerbangan terbesar ketiga di Indonesia yang melayani penerbangan sipil dan disebut-sebut memiliki tingkat keselamatan operasional tertinggi. Sejak didirikan tahun 2003 silam, Sriwijaya Air telah meraih mencetak sejumlah prestasi seperti Boeing International Award kategori Keselamatan dan Pemeliharaan tahun 2007 dan sertifikasi Basic Aviation Risk Standard dari Flight Safety Foundation tahun 2015. Sriwijaya Air menyediakan penerbangan yang terbagi dalam 2 kelas, yakni dan kelas bisnis.

Setidaknya terdapat sekitar 53 rute domestik dan 4 rute internasional yang telah dilayani oleh maskapai Sriwijaya Air. yang disediakan oleh Sriwijaya Air pun bervariasi. Khusus untuk penerbangan kelas ekonomi, Sriwijaya Air menawarkan tempat duduk yang cukup lebar dengan konfigurasi kursi atau seat 3-3 dan jarak antar kursi 26 inci, kemudian bagasi gratis hingga berat 20 kg, serta bagasi kabin maksimal 7 kg (1 tas tangan + 1 barang pribadi). Namun untuk tujuan penerbangan ke Tanjung Pinang, kapasitas bagasi gratis (free baggage) menurut ketentuan Sriwijaya Air hanya 15 kg.

Walaupun harga tiket penerbangan kelas ekonomi (economy class) Sriwijaya Air relatif murah, Sriwijaya Air tetap menyediakan fasilitas standar seperti snack box atau makanan ringan dan air mineral yang dikemas dalam kotak karton warna biru sesuai ciri khas Sriwijaya Air. Sayangnya dalam penerbangan kelas ekonomi Sriwijaya Air tidak menyediakan fasilitas hiburan, Wi-Fi, serta stop kontak maupun port USB.

Selain kelas ekonomi standar, Sriwijaya Air juga menyediakan kelas ekonomi khusus yang dinamai Executive Class. Pada dasarnya fasilitas yang ditawarkan hampir sama dengan kelas ekonomi biasa, yakni bagasi check in gratis seberat 20 kg dan makanan dan minuman gratis selama penerbangan dengan menu masakan Indonesia. Regulasi ini kecuali untuk rute Jakarta — Tanjung Pinang – Jakarta yang mendapat free bagasi hanya 15 kg.

Sriwijaya Air Kelas Ekonomi - www.ikutilangkahkaki.com
Sriwijaya Air Kelas Ekonomi – www.ikutilangkahkaki.com

Jarak antar kursi lebih lebar, yakni 30 inci serta kelas ekonomi khusus memperoleh fasilitas akses ke lounge eksekutif, check in terpisah, bebas pembatalan pemesanan, hingga kendaraan khusus dari lounge ke pesawat. 

Bagi para penumpang yang hobi berbelanja, tentu layanan kelas ekonomi Sriwijaya Air dengan menghadirkan inflight shopping dapat membuat Anda semakin nyaman. Katalog di Inflight Shopping yang terletak di belakang kursi memiliki keunggulan yakni harganya terbilang cukup murah dengan sejumlah diskon menarik. 

Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, karena yang dipatok cukup , maka Anda tak bisa memilih kursi penumpang untuk kelas ekonomi walau telah melakukan sejak jauh-jauh hari. Khusus penumpang dengan layanan kelas penerbangan ekonomi, pihak Sriwijaya Air baru memberikan baris kursi penumpang ketika check in. Sehingga Anda bisa saja duduk terpisah dari rekan Anda selama berada di penerbangan kelas ekonomi.

Seperti halnya maskapai pada umumnya, penumpang kelas ekonomi pesawat Sriwijaya Air dilarang mengaktifkan ponsel selama berada dalam pesawat. Sedangkan pemakaian laptop dan alat elektronik lain baru diperbolehkan setelah proses take off selesai dan sebelum proses landing dimulai. Sedangkan untuk penerbangan ke luar negeri, masa berlaku paspor penumpang wajib di atas 6 bulan.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Penginapan Murah di Bawah Rp300 Ribuan di Phuket, Thailand




Tentang Dian Kartika1100 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

2 Comments

  1. Saya Dua Hari yang kalau memesan tiket untuk penerbangan Jakarta Ke Medan
    Namun ditiket saya tidak tertera bagasi kabin 7 kg
    Akan tetapi 15 kg bagasi
    Apakah saya boleh membawa Bagasi kabin ???
    Mohon info nya .terima kasih

Tinggalkan Balasan