Update Fasilitas Menginap Gratis dan Berbayar di Bandara Changi Singapura




Oasis Lounge - id.pinterest.com
Oasis Lounge - id.pinterest.com

Melakukan ke luar negeri memang cukup melelahkan. Apalagi jika Anda masih harus transit terlebih dahulu di bandara lain sebelum melanjutkan ke destinasi Anda. Lalu, bagaimana jika Anda kebetulan harus singgah sejenak di Bandara Changi Singapura dan ternyata waktu penerbangan berikutnya masih lama? Tenang saja, karena Changi Airport menyediakan tempat tidur gratis yang bisa digunakan untuk menginap bagi Anda para transit.

Namun, sebelum membahas area yang dapat dipakai beristirahat sejenak, tak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai Bandara Changi. Seperti namanya, bandara ini berlokasi di daerah Changi, bagian ujung timur Pulau Singapura. Diklaim sebagai salah satu penerbangan terbaik di Asia dan dunia, bandara ini dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) dan menjadi tempat atau pangkalan maskapai Singapore Airlines, SilkAir, Valuaair, dan Tiger Airways.

Dibuka pertama kali pada tanggal 29 Desember 1981 silam, pembangunan bandara ini bermula dari kepadatan Pangkalan Udara Paya Lebar yang merupakan bandara ketiga di Singapura setelah Bandara Kallang dan Bandara Seletar. di ujung pulau dipilih karena perluasan nantinya bisa dilakukan dengan reklamasi dan pesawat terbang pun akan melewati atas laut sehingga mengurangi kebisingan.

Memasuki milenium ketiga, bandara ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada tahun 2005, Bandara Changi dapat menampung hingga 32,43 juta penumpang, yang naik 7 persen dari tahun sebelumnya, sekaligus menjadi bandara tersibuk ke-26 di dunia dan ke-6 di Asia. Dana sebesar 1,75 miliar dolar AS dikeluarkan untuk pembangunan 3, sedangkan dana sebesar 240 juta dolar AS digunakan untuk merenovasi 1 dan 2. 

Meski sudah berumur cukup tua, namun bangunan Bandara Changi tetap dirawat dengan baik. Hal itu lantas membuat pelabuhan udara ini meraih berbagai penghargaan. Pada tahun 2006 lalu misalnya, bandara ini dinobatkan sebagai Airport of The Year 2006 oleh Skytrax, sekaligus mengalahkan Bandara Internasional Hong Kong yang sebelumnya memenangi gelar ini dalam lima tahun beruntun.

Oasis Lounge - id.pinterest.com
Oasis Lounge – id.pinterest.com

Dikutip dari situs resminya, sebagai bandara berkelas dunia, fasilitas yang terdapat di tempat ini pun terbilang mentereng. Untuk calon penumpang yang membawa anak-anak, bisa mengajak buah hati mereka ke playground yang terletak di area Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, dan Terminal 4. Berada di dalam ruangan dan jauh dari sengatan panas matahari, taman bermain ini dilengkapi dengan AC dan berbagai permainan yang seru.

Jika Anda memiliki waktu lebih di Bandara Changi, tidak perlu khawatir kekurangan hiburan. Pasalnya, bandara ini telah menyiapkan bioskop yang berlokasi di Terminal 2 dan Terminal 3. Menyuguhkan film-film berkualitas dari berbagai genre, fasilitas bioskop ini merupakan tempat terbaik menghabiskan waktu Anda transit, beroperasi selama 24 jam, dan tidak dikenakan alias gratis.

Sementara, bagi mereka yang membutuhkan informasi terkini dan tidak ingin kesulitan berkomunikasi dengan atau kerabat, Bandara Changi juga telah menyediakan jaringan Wi-Fi yang bisa diakses secara gratis. Penumpang cukup memilih #WiFi@Changi, lalu buka browser, dan pilih ‘3 Hours Free Wi-Fi access’ atau ’24 Hours Free Wi-Fi access’. Selanjutnya, masukkan password yang diperoleh dengan cara memasukkan nomor ponsel dalam halaman Wi-Fi login.

Lokasi Menginap Gratis di Bandara Changi

Dikutip dari situs resminya, untuk area istirahat yang bebas digunakan tanpa harus membayar sepeser pun, bisa Anda temukan di Terminal 1, yaitu di Snooze Lounge, Transit East Level 3, dan Transit Area, sedangkan tempat tidur gratis di kawasan Terminal 2 berada di Sanctuary Lounge, Transit North Pier, Opp E5, Oasis Lounge, Transit North Pier, dan Opp E11. Sementara, di Terminal 3, ada Snooze Lounge, Transit North Mezzanine dekat Singapore Food Street, sedangkan di Terminal 4 ada di Departure Transit Level 2M.

Menginap Berbayar di Bandara Changi 

Nah, bila Anda punya budget lebih atau kebetulan kehabisan tempat, maka solusi lainnya adalah dengan tidur di lounger berbayar yang ada di Changi Airport. Tak perlu khawatir, sebab lounge berbayar di Bandara Changi ternyata bukan mematok biaya berdasarkan durasi atau kurun waktu tertentu, melainkan dipatok per pemakaian. Changi Airport menyediakan lounge berbayar dengan tarif berkisar 58 dolar Singapura sampai 105 dolar Singapura. Kurs 1 dolar Singapura berkisar Rp11.000.

Lounger berbayar tersebut menyuguhkan lingkungan yang tenang bagi Anda yang ingin beristirahat dan bersantai sebelum, setelah, atau berada di antara jadwal penerbangan Anda berikutnya. Lounge berbayar ini menawarkan fasilitas dan berkelas internasional. Selain itu, di lounge berbayar, Anda juga bisa menikmati beragam pilihan menu makanan lezat seperti Laksa Singapura dan Chicken Rice, atau bersantai dalam pribadi sekaligus mandi dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Bandara Changi Singapura - skytraxratings.com
Bandara Changi Singapura – skytraxratings.com

Nah, posisi atau letak lounge berbayar tersebut juga tersebar di tiap terminal. Anda bisa menemukan lounge berbayar di Terminal 1, tepatnya di Plaza Premium Lounge dan Level 3 Departure Transit Lounge yang ada di atas Gate C-1. Lalu, untuk di Terminal 2, bisa ditemukan di Level 3 dan Departure Transit Lounge yang berada di atas Taman Anggrek. Yang terakhir, di Terminal 3, berada di Level 3 dan Departure Transit Lounge yang terletak di sebelah bioskop. Anda bisa memilih sendiri spot tidur mana yang kira-kira paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, jika tidur di spot tidur gratis atau di area lounge berbayar masih Anda rasa belum cukup, maka Anda bisa beralih menginap di hotel transit yang tersedia di Bandara Changi. Karena lokasinya bukan di luar, melainkan di dalam area bandara, maka Anda tak perlu panik atau khawatir dengan urusan transportasi dari dan ke hotel transit tersebut.

Anda bisa memesan kamar yang nyaman di hotel transit tanpa harus mengantre di imigrasi. Hotel transit di Bandara Changi bisa Anda temukan di Terminal 1, tepatnya di Aerotel Airport Transit Hotel, Departure Transit Lounge Level 3 (di atas Gate D41). Kemudian di Terminal 2, yakni di Lounge Departure Transit Level 3 (di atas Taman Anggrek), serta di Terminal 3 Lounge Departure Transit Level 3 (setelah Bioskop). Tarif atau rate kamar di hotel transit tersebut berkisar antara 70 dolar Singapura hingga 100 dolar Singapura.

(Panca)

Lihat Juga:   Jadwal dan Harga Tiket Kapal ke Pulau Pari




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan