Info Fasilitas & Harga Penginapan di Pulau Pasumpahan




Losmen Carlos - @Losmen carlos Beach Homestay

Sumatera Barat rupanya juga memiliki deretan pulau kecil yang indah nan eksotis, salah satunya yang tak boleh Anda lewatkan adalah Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan merupakan satu dari 11 gugusan pulau yang ada di perairan depan Kota . Pulau satu ini terletak di perairan Bungus Teluk Kabung dan memiliki luas sekitar 5 hektare.

Dulunya Pulau Pasumpahan mungkin belum begitu populer, namun belakangan begitu ramai dibicarakan karena memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang relatif masih jernih. Untuk menyeberang menuju Pulau Pasumpahan, Anda bisa melalui 2 titik, yakni melalui Sungai Pisang atau Teluk Bungus.

Jika dari Teluk Bungus, jarak tempuh dari pusat Kota Padang hanya 18,6 km saja ke arah selatan menuju Pantai Carolina. Dengan demikian perjalanan darat yang harus Anda lalui tidak terlampau jauh, tetapi konsekuensinya Anda masih harus menempuh perjalanan laut yang agak jauh.

Sumatera Ecolodge - @John Kimbek
Sumatera Ecolodge – @John Kimbek

Nah, bila dari dermaga Sei Pisang, rute yang harus ditempuh dari Kota Padang memang cukup jauh, mencapai 32,9 km. Tetapi jarak tempuh melalui jalur laut lebih dekat, cukup menempuh 25 menit saja. Anda bisa menyewa perahu nelayan dari Pelabuhan Sungai Pisang dengan sekitar Rp 80 ribuan untuk 10 orang atau bisa juga naik speed boat dengan waktu tempuh yang lebih cepat, tetapi sekali penyeberangan dipatok sekitar Rp 40 ribuan. Anda tinggal pilih saja mana kira-kira yang paling nyaman dan ramah di kantong.

Setelah menginjakkan kaki di Pulau Pasumpahan, Anda masih diharuskan membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 30 ribuan per orang. yang ada di Pulau Pasumpahan terbilang lengkap. Anda bisa menemukan berbagai warung milik warga setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga cukup terjangkau. Selain itu, di Pulau Pasumpahan juga tersedia penginapan bagi Anda yang hendak bermalam.

Lihat Juga:   Losmen Citra, Penginapan Murah Rp80 Ribuan Dekat Pelabuhan Balohan, Sabang

Harga di Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan awalnya dikenal sebagai pulau yang tak berpenghuni, namun karena lama kelamaan dikenal memiliki potensi yang memikat, pulau satu ini pun mulai dikelola oleh masyarakat setempat. Dari yang awalnya hampir tak ada penginapan di Pulau Pasumpahan, kini sudah terdapat sekitar 6 cottage atau pondokan dan diperkirakan akan terus bertambah. Menurut informasi yang beredar, cottage di Pulau Pasumpahan dibanderol dengan harga sewa mulai Rp 300 ribuan per malam.

Apabila menginap di cottage ternyata Anda nilai terlalu mahal, Anda juga bebas mendirikan tenda sendiri untuk camping di tepi pantai. Jika tidak memiliki tenda, Anda dapat menyewa tenda yang disediakan oleh pihak pengelola dengan biaya sewa sekitar Rp 15 ribuan per tenda. Cukup terjangkau bukan? Selain bisa merasakan nuansa yang berbeda dari biasanya, Anda bisa sekaligus menghemat budget untuk berwisata.

Penginapan Dekat Pulau Pasumpahan

Jika Anda kehabisan penginapan atau cottage di Pulau Pasumpahan, tak perlu resah. Setidaknya ada beberapa pilihan penginapan yang bisa Anda tuju. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Pasumpahan.

Yang pertama bisa menginap di Sumatera Ecolodge. Penginapan satu ini terletak di Pantai Jarang, Sungai Pisang, Bungus, Teluk Kabung dan hanya berjarak sekitar 600 meter saja dari Pulau Pasumpahan dan Pulau Sikuai. Sumatera Ecolodge menyediakan beberapa dengan harga yang relatif terjangkau, antara lain Deluxe Double Room dengan rate Rp 200 ribu per malam untuk 2 orang atau Rp 150 ribu per malam untuk 1 orang, Bungalow Beach Front seharga Rp 200 ribu per malam, dan Budget Twin/Single Room untuk 1 orang yang hanya dikenai biaya sewa Rp 100 ribu per malam.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Murah di Anyer yang Cocok untuk Backpacker
Rimba Ecolodge - @RIMBA - Ecolodge & Association
Rimba Ecolodge – @RIMBA – Ecolodge & Association

Fasilitas yang disediakan di Sumatera Ecolodge cukup lengkap, mulai dari pemandangan laut yang mempesona, taman, teras, kamar mandi dalam, BBQ, akses internet gratis (free wifi), shower, air minum gratis, restoran, area parkir, dan masih banyak lagi. Untuk reservasi, Anda bisa menghubungi nomor telepon 082381139789.

Yang kedua, Anda juga bisa menginap di Rimba Ecolodge. Ada beberapa tipe akomodasi yang disediakan, misalnya saja Harimau Lodge dengan mulai Rp 350 ribu per malam untuk 2 orang, Kalao Lodge Rp 450 ribu per malam untuk 2 orang, Lumba-Lumba Room Rp 200 ribu per malam untuk 2 orang, serta Penyu & Owa Owa Lodges Rp 300 ribu per malam untuk 2 orang.

Rata-rata akomodasi di Rimba Ecolodge bernuansa alam dengan perpaduan ornamen dari bambu atau kayu. Desain pondokannya pun mirip semi-rumah panggung dan berjarak cukup dekat dari pantai. Anda bisa menikmati suasana alam yang asri selama menginap di sana. Untuk booking kamar, Anda dapat menghubungi 082371898122.

Alternatif berikutnya adalah menginap di Losmen Carlos yang terletak di Jalan Raya Bungus. Losmen Carlos menyediakan 3 tipe kamar mulai dari yang termurah tipe Ekonomi dengan rate Rp 210 ribuan per malam, Standard Ekonomi seharga Rp 361 ribuan per malam, dan Standard AC seharga Rp 481 ribuan per malam.

Tak cukup sampai di situ, Losmen Carlos pun menyediakan paket wisata One Day Tour (tur 1 hari) ke sejumlah pulau, termasuk Pulau Pasumpahan dengan biaya cukup terjangkau, mulai Rp 225 ribuan per orang. Paket tersebut sudah termasuk fasilitas boat ke pulau pergi pulang (PP), tiket masuk ke pulau, jaket pelampung, makan siang + air minum, coffee break, tempat parkir dan tempat bilas, P3K, pemandu, dan gratis naik banana boat.




Tentang Dian Kartika1038 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*