Info Fasilitas dan Penginapan di Pantai Bama Baluran




Wisma Pilang - @Risky Joyo Seputro
Wisma Pilang - @Risky Joyo Seputro

Apabila Anda kebetulan sedang berada di Baluran, Anda tak boleh melewatkan mampir ke salah satu pantai yang cukup terkenal di sana, yakni Pantai Bama. Pantai saat ini dikenal memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air yang jernih. Pantai Bama sendiri masih termasuk dalam kawasan Baluran, tepatnya di Kecamatan Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo Banyuwangi.

Untuk menuju Pantai Bama, Anda bisa berangkat dari Banyuwangi dengan naik angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika naik angkutan umum, Anda bisa naik bus yang menuju Situbondo dari Ketapang, kemudian turun di depan atau gapura masuk Taman Nasional Baluran. Nah, dari gerbang masuk Taman Nasional Baluran, Anda dapat naik ojek yang siap mengantarkan ke Savana Bekol dan Pantai Bama.

Tetapi bila naik kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, Anda bisa berkendara dari Kota Banyuwangi ke arah Pelabuhan Ketapang, kemudian dari Ketapang bisa lanjutkan perjalanan ke arah Kabupaten Situbondo sampai menemukan pintu masuk Taman Nasional Baluran. Langsung saja masuk ke Baluran dan ikuti petunjuk jalan untuk sampai ke Savana Bekol dan Pantai Bama. Dari gerbang Taman Nasional Baluran menuju lokasi Pantai Bama jaraknya sekitar 8 km. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang benar-benar eksotis. Bahkan jika beruntung Anda bisa berjumpa dengan satwa-satwa liar seperti elang, rusa, merak, kerbau liar, dan sebagainya.

Pantai Bama memang tak bisa dianggap sama seperti pantai pada umumnya. Keunikan pantai ini adalah karena lokasinya yang dikelilingi oleh kawasan hutan mangrove alias bakau. Nah, jika berjalan kaki ke arah barat menyusuri jalan setapak, Anda dapat melihat langsung betapa eksotisnya deretan tanaman mangrove dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang. Di ujung jembatan pandang yang teduh biasanya sering dijadikan lokasi oleh para pengunjung yang hendak memancing.

Lihat Juga:   Villa Mangga Asri, Homestay Favorit Rombongan Keluarga Dekat BNS

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan selama berada di Pantai Bama. Selain memandangi matahari terbit alias sunrise yang apik, Anda juga bisa berenang karena ombak di sana relatif tenang. Kemudian Anda juga bisa snorkeling sembari menikmati indahnya pemandangan biota laut yang cantik. Tak ketinggalan, bagi penggemar olahraga menyelam pun kabarnya di Pantai Bama terdapat spot diving menarik di sepanjang 49 km garis pantai. Namun sayang, jika ingin diving tampaknya Anda harus membawa perlengkapan sendiri, sebab di sana belum tersedia persewaan alat selam.

Jika tak bisa diving, Anda juga dapat mencoba canoeing. Aktivitas seru ini bisa Anda coba dengan tarif sekitar Rp 25 ribu saja per jam. Lalu yang tidak kalah seru, Anda dapat menjajal mangrove trail atau berjalan di atas permukaan dermaga untuk melintasi hutan bakau, camping, atau bahkan sekadar berfoto-foto selfie.

yang tersedia di Pantai Bama cukup lengkap, Anda bisa menemukan kantin untuk mengisi perut, musala, parkir kendaraan yang luas, toilet, hingga penginapan dengan pemandangan pantai yang persis ada di depannya.

di Pantai Bama

Rusa, Merak, dan Banteng
Apabila Anda ingin menginap di dekat Pantai Bama, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk bermalam di area Taman Nasional Baluran. Di Sabana Bekol terdapat 3 wisma bernama Wisma Rusa, Wisma Merak, dan Wisma Banteng, jaraknya sekitar 13 km dari pintu masuk. Di penginapan ini telah disediakan fasilitas standar layaknya area parkir kendaraan yang cukup luas, toilet, dan warung makan yang hanya buka sampai sore hari. Tarif atau rate sewa wisma tersebut berkisar antara Rp 100-400 ribu per malam. Tiap dapat diisi 2 orang, kecuali Wisma Banten dapat memuat 4 orang.

Lihat Juga:   Pantai Wedi Awu, Pantai di Kabupaten Malang yang Cocok Dijadikan Tempat Berselancar
Wisma Rusa Baluran - triyunijakali.blogspot.com
Wisma Rusa Baluran – triyunijakali.blogspot.com

Wisma Kapidada
Nah, alternatif akomodasi berikutnya di area Pantai Bama adalah Wisma Kapidada. Wisma satu ini terdiri dari 4 unit kamar yang masing-masing disewakan dengan sekitar Rp 250 ribu per malam. Masing-masing kamar mampu ditempati oleh 2 orang tamu.

Wisma Pilang
Masih di kawasan Pantai Bama, Anda yang datang bersama rombongan dan ingin menginap sekaligus di penginapan yang sama, bisa mempertimbangkan untuk menyewa Wisma Pilang. Penginapan berwujud bungalow ini disewakan full 1 rumah dan dapat digunakan untuk bermalam sebanyak 6 orang. sewa untuk menginap di Wisma Pilang dibanderol sekitar Rp 500 ribuan per hari. Apabila ingin menambah ranjang atau extra bed, maka akan dikenai sekitar Rp 25 ribuan.

Perlu diketahui, tarif sewa penginapan yang ada di Pantai Bama Baluran bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jadi sebaiknya siap-siap budget lebih jika Anda memang berencana untuk pergi ke Pantai Bama dan menginap di sana.

Selain itu, harus Anda ingat juga bahwa aliran listrik kabarnya hanya tersedia dari jam 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB saja. Tetapi sudah disediakan lampu solar cell di ruang tamu wisma supaya tetap ada penerangan selama Anda menginap di sana. Bagi yang membawa gadget dan ingin melakukan pengisian daya bisa menumpang di kantor atau pos jaga maupun di kafetaria.

Anda juga bisa kok meminta listrik tetap menyala sepanjang malam. Namun biasanya akan dikenai tambahan biaya sekitar Rp 150 ribu per malam. Jika merasa lapar, Anda bisa membeli makanan dan minuman di Kafetaria Bama. Nah, satu lagi yang perlu Anda ingat, sinyal seluler kabarnya tidak bisa menjangkau Bama, sinyal hanya sampai tower tengah, yakni sekitar 1,5 km dari Bekol ke Bama.

Wisma Pilang - @Risky Joyo Seputro
Wisma Pilang – @Risky Joyo Seputro




Tentang Dian Kartika1033 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

2 Comments

  1. Terima kasih infonya..
    Mohon dijelaskan, penginapan ini apakah di bibir pantai.. atau berjarak jauh dari pantai ?

    • Bukan berada di bibir pantai, tapi tidak terlalu jauh juga – cukup dekat untuk berjalan kaki.

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*