Hotel Grand Situ Buleud, Dekat Alun-Alun Purwakarta Harga Masuk Akal

  • Whatsapp
Hotel Grand Situ Buleud (sumber: booked.net)
Hotel Grand Situ Buleud (sumber: booked.net)

Situ Buleud merupakan salah satu destinasi apik yang dapat Anda datangi saat kebetulan ke Purwakarta. Pasalnya, selain menawarkan panorama yang eksotis hingga kisah dan mistis, di dekat danau tersebut pun sudah tersedia banyak akomodasi yang menarik. Nah, salah satu yang terletak paling dekat adalah Hotel Grand Situ Buleud walau mungkin harga sewa kamarnya dapat dikatakan cukup lumayan.

Sebagai destinasi liburan di Jawa Barat, pamor Purwakarta memang dapat dikatakan masih kalah dengan Bandung, Bogor, atau Garut. Pasalnya, banyak yang mengenal Purwakarta sebagai kota perlintasan dan kawasan industri karena fokus pemerintah daerah setempat selama ini hanya tertuju pada peningkatan investasi di sektor industri, sehingga jumlah kunjungan turis ke daerah tersebut cenderung naik-turun meskipun punya banyak objek wisata yang bisa dituju.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, salah satu yang layak didatangi adalah Situ Buleud, sebuah danau yang punya keindahan dan sejarah yang panjang. Melansir laman resmi Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Situ Buleud awalnya merupakan sebuah danau yang berkaitan dengan perpindahan ibu kota Karawang dari Wanayasa ke Sindang Buleud, yang dibangun atas inisiatif Bupati RA Suriawinata pada tahun 1830 silam.[2]

Seiring waktu, danau dengan luas mencapai empat hektar ini berkembang menjadi spot wisata favorit warga sekitar. Pasalnya, selain menawarkan pemandangan yang oke, Situ Buleud juga telah dilengkapi dengan sejumlah seperti museum dan beberapa tempat kuliner. Tidak hanya itu, terdapat pula Taman Sri Baduga yang punya panorama eksotis di malam hari.

Situ Buleud, Purwakarta (sumber: piknikasik.com)
Situ Buleud, Purwakarta (sumber: piknikasik.com)

Lokasi dan Fasilitas Hotel Grand Situ Buleud

Nah, jika Anda tertarik mengunjungi danau tersebut dan kebetulan berasal dari luar kota, tidak perlu khawatir akan menginap di mana. Pasalnya, di dekat Situ Buleud sudah terdapat sejumlah penginapan menarik yang bisa dijadikan lokasi bermalam Anda dan . Nah, salah satu yang terletak paling dekat dengan objek wisata ini adalah Hotel Grand Situ Buleud.

Lihat Juga:   Villa Marry Ind Buring, Akomodasi Indah di Malang Berlatar Gunung Semeru

Anda bisa menemukan akomodasi ini di Jalan Siliwangi 11, Purwakarta, Jawa Barat. Jarak Hotel Grand Situ Buleud menuju Situ Buleud cuma 450 meter atau lima menit berjalan kaki. Selain itu, lokasi Hotel Grand Situ Buleud juga tidak jauh dari Stasiun Purwakarta, hanya berselang 400 meter, sedangkan menuju Alun-Alun Purwakarta dan Taman Pancawarna sekitar 350 meter saja.

Menurut ulasan sejumlah traveler yang pernah menginap, kelebihan Hotel Grand Situ Buleud adalah lokasinya yang strategis, berada di pusat keramaian dan pusat kota. Tidak cuma itu, fasilitas yang ditawarkan pun terbilang lengkap, bahkan dapat dikatakan mewah. Kelebihan lainnya adalah tarif sewa kamar yang cukup terjangkau untuk penginapan yang terletak di tengah kota.

Secara tampilan, Hotel Grand Situ Buleud menang sudah tampak seperti akomodasi mewah, berkat bentuk bangunannya yang lebar. Desain hotel mengusung konsep modern semi klasik, dengan banyak tumbuhan hijau, tidak hanya di bagian depan, melainkan juga taman di tengah hotel. Nuansa Eropa lawas juga dapat ditemukan saat Anda menginjakkan kaki di area lobi akomodasi ini.

Seperti disampaikan di atas, fasilitas yang ditawarkan Hotel Grand Situ Buleud cukup komplet, bahkan mewah. Saat Anda menginap di tempat ini, Anda akan menemukan restoran bergaya vintage dengan menu yang disajikan secara prasmanan. Ada pula ruang lobi yang lapang dan dilengkapi tempat duduk dan meja untuk bersantai, meeting room, kolam renang, area parkir kendaraan, dan fitness center.

Pindah ke kamar, ada beberapa tipe kamar yang telah disiapkan hotel ini. Masing-masing kamar setidaknya sudah didukung fasilitas seperti ranjang dan kasur yang nyaman (twin atau double bed), AC, televisi layar datar, akses Wi-Fi gratis, dan kamar mandi pribadi. Beberapa unit kamar juga dilengkapi sofa, meja dan cermin rias, serta lemari pakaian.

Hotel Grand Situ Buleud (sumber: agoda)
Hotel Grand Situ Buleud (sumber: agoda)

Tarif Hotel Grand Situ Buleud

Tipe Kamar Tarif per Malam
Deluxe Double Room with Breakfast Rp480.000
Suite Room with Breakfast Rp800.000
Lihat Juga:   Info Tips Liburan & Penginapan di Pulau Kangean

Informasi harga sewa kamar Hotel Grand Situ Buleud di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs booking . Perlu Anda catat bahwa biaya sewa kamar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda tertarik menginap, selain lewat online agent, reservasi juga bisa dilakukan langsung di lokasi atau menghubungi nomor HP 0813 8972 5941.

Selain Hotel Grand Situ Buleud, ada beberapa akomodasi lainnya yang juga berjarak tidak jauh dari Situ Buleud. Hotel Kusuma misalnya, hanya berselang 700 meter dari danau. Ada juga Intan Hotel Purwakarta, La Derra, dan MP Hotel Purwakarta yang rata-rata berselang tiga menit menggunakan kendaraan bermotor menuju Situ Buleud.

Hotel Lainnya Dekat Situ Buleud

Hotel Alamat Tarif per Malam
Hotel Kusuma Jl. Mr. Dr. Kusumah Atmaja No. 1, Nagri Tengah, Purwakarta (700 m ke Situ Buleud) Rp247.985

 

La Derra Hotel Jl. Jend. Ahmad Yani No. 5, Sindangkasih, Purwakarta (1,4 km ke Situ Buleud) Rp297.741
MP Hotel Purwakarta Jl. Basuki Rahmat No. 62, Sindangkasih, Purwakarta (1,4 km ke Situ Buleud) Rp196.650
Intan Hotel Purwakarta Jl. Basuki Rahmat No. 132, Sindangkasih, Purwakarta (,6 km ke Situ Buleud) Rp202.501

Daftar biaya sewa penginapan-penginapan di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk beberapa online travel agent. Harga sewa tersebut merupakan tarif termurah dari masing-masing hotel. Perlu Anda ingat bahwa besaran biaya akomodasi-akomodasi tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Wulandari, Tresna. 2013. Analisis Place Branding untuk Meningkatkan Citra Kabupaten Purwakarta serta Implikasinya terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Pariwisata (Studi terhadap Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kabupaten Purwakarta). Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, Vol. 4(1): 1-12.

[2] Syahrin, M. Nur dan Poni Sukaesih Kurniati. 2020. Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Pengelolaan Atraksi Wisata Air Mancur Sri Baduga. Journal of Tourism and Economic, Vol. 3(2): 104-112.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan