Hotel Panarukan, Penginapan Simpel dan Strategis di Situbondo Harga Ramah di Kantong

  • Whatsapp
Hotel Panarukan Situbondo - (www.traveloka.com)
Hotel Panarukan Situbondo - (www.traveloka.com)

Apa yang terbesit jika mendengar kata Panarukan? Mungkin proyek Jalan Raya Anyer-Panarukan di masa pemerintahan Herman Willem Daendels. Namun, tidak cuma jalan raya tersebut, kecamatan di Kabupaten Situbondo ini juga kaya akan , terutama pantai dan hutan mangrove. Tidak heran jika kemudian didirikan hotel walau mungkin jumlahnya belum terlalu banyak.

Terletak di pesisir utara Pulau Jawa, Kabupaten Situbondo punya garis pantai yang panjang, sekitar 150 km, yang membuatnya memiliki potensi laut dan pantai, serta perikanan tangkap dan budidaya tambak yang besar.[1] Hampir semua daerah di Situbondo memiliki potensi laut atau pantai, kecuali Kecamatan Sumbermalang, Jatibanteng, Situbondo, dan Panji.

Bacaan Lainnya

Nah, salah satu kecamatan di Situbondo yang menawarkan pantai adalah Panarukan. Ada beberapa pantai yang dapat Anda datangi, seperti Pantai Muara Kasih dan Pantai Pathek. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menikmati panorama hutan mangrove serta ratusan pohon cemara udang yang sangat sejuk dan indah saat berkunjung ke Panarukan.[2]

Bagi yang tertarik rekreasi ke kecamatan ini, dan kebetulan datang dari jauh, tidak perlu khawatir akan menginap di mana. Meskipun memang jumlahnya masih minim, sudah ada beberapa penginapan yang dapat Anda jadikan lokasi untuk bermalam. Nah, salah satu yang kerap direkomendasikan karena punya harga sewa cukup terjangkau adalah Hotel Panarukan.

Lokasi Hotel Panarukan Situbondo

Penginapan ini beralamat di Jalan Raya Panarukan, Wringinanom, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Apabila wisatawan bertolak dari Terminal Situbondo, cukup menempuh perjalanan sejauh 8,5 km atau 13 menit berkendara untuk tiba di akomodasi ini. Sementara itu, jika berangkat dari Pelabuhan Panarukan, jarak menuju hotel hanya 2 km atau 5 menit berkendara.

Lihat Juga:   Villa Mutiara Gading, Penginapan Tiga Kamar Minimalis di Kota Batu

Tidak cuma dekat dengan pusat transportasi, Hotel Panarukan juga berada tidak jauh dari sejumlah spot wisata populer di Situbondo. Monumen 1000 Km Anyer-Panarukan cuma berjarak 170 meter dari penginapan ini, sedangkan perjalanan menuju Wisata Kampung Blekok sekitar 6 menit saja menggunakan kendaraan bermotor. Apabila traveler hendak bepergian ke Pantai Pasir Putih Baru atau Pantai Pathek, dapat berkendara selama 20 menit dari properti ini.

Untuk mereka yang hendak berbelanja, beberapa mall juga cukup dekat dari penginapan ini. Untuk menuju Situbondo Roxy Square misalnya, bisa berkendara selama 15 menit saja dari Hotel Panarukan, sedangkan jarak akomodasi ke Royal Swalayan Situbondo berkisar 8,4 km. Sementara itu, perjalanan dari hotel menuju Pasar Umum Panarukan sekitar 3 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Hotel Panarukan Situbondo - (oyo-2687-hotel-panarukan-situbondo.hotelmix.id)
Hotel Panarukan Situbondo – (oyo-2687-hotel-panarukan-situbondo.hotelmix.id)

Hotel Panarukan Situbondo

Menurut ulasan sejumlah pengunjung yang pernah menginap, salah satu keunggulan Hotel Panarukan adalah terletak di lokasi yang , cuma berselang 6 km dari pusat . Di depan akomodasi juga terdapat SPBU sehingga memudahkan tamu yang membawa kendaraan pribadi untuk mengisi bahan bakar. Selain itu, harga sewa kamarnya pun cukup , dengan fasilitas yang lumayan memadai.

Secara tampilan, bangunan Hotel Panarukan sebenarnya cukup simpel, tetapi terkesan rapi dan terawat. Saat Anda tiba di penginapan ini, Anda akan menemukan gedung satu lantai yang tidak terlalu mewah, dengan tulisan ‘Hotel Panarukan’ merah menyala di bagian depan. Bangunan bagian depan hotel ini dicat dengan warna putih sehingga tampak bersih, yang juga berfungsi sebagai area resepsionis.

Di sisi bangunan resepsionis, Anda akan menemukan jalan yang akan mengantarkan Anda menuju area parkir kendaraan dan kamar. Sudah ada beberapa garasi yang disiapkan pengelola untuk mengakomodasi traveler yang kebetulan membawa mobil pribadi. Sementara itu, lokasi parkir untuk sepeda motor berada di samping gedung depan, yang diselingi tumbuhan hijau.

Lihat Juga:   Penginapan Tenda (Glamping/Glamorous Camping) Kekinian di Bandung

Pindah ke bagian kamar, kamar-kamar di Hotel Panarukan juga berdesain sederhana, tetapi cukup bersih dan rapi. Dinding kamar dicat dengan warna kalem, sehingga membuatnya terkesan nyaman. Masing-masing kamar sudah dilengkapi fasilitas ranjang berukuran cukup besar, AC, kursi santai, pendingin ruangan atau AC, serta televisi yang diletakkan di sisi pojok. Sementara itu, kamar mandinya didukung toilet duduk, shower, dan ember untuk menampung air.

Tarif Hotel Panarukan Situbondo

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa menginap di akomodasi ini? Menurut bocoran sejumlah pengunjung, harga sewa kamar Hotel Panarukan sangat terjangkau, mulai Rp150 ribu sampai Rp225 ribuan saja per malam, tergantung tipe kamar. Tarif tersebut sudah termasuk AC dan TV kabel, tetapi belum termasuk sarapan. Perlu dicatat bahwa biaya ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Apabila tertarik mampir, reservasi bisa dilakukan lewat sejumlah online travel agent atau datang langsung ke lokasi.

Hotel Panarukan Situbondo - (www.traveloka.com)
Hotel Panarukan Situbondo – (www.traveloka.com)

Penginapan Lainnya di Panarukan

Apabila Anda kebetulan tidak kebagian kamar di Hotel Panarukan, Anda tidak perlu risau. Pasalnya, masih ada penginapan lain yang dapat Anda jadikan alternatif tempat bermalam walaupun jumlahnya memang tidak banyak. Anda bisa mampir ke Penginapan Griya Tresna yang berada di Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Merupakan fasilitas kelas premium, tarif sewa akomodasi ini memang cukup lumayan, berkisar Rp1,2 jutaan per malam.

Pilihan lainnya adalah Hotel Asri yang terletak di Jalan Panglima Besar Sudirman, Wringinanom, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, atau berjarak cuma 650 meter dari Hotel Panarukan. Punya gedung khusus untuk acara seperti pertemuan dan seminar, tarif Hotel Asri kabarnya sangat terjangkau, mulai Rp100 ribuan saja per malam.

[1] Fitriyaningsih. 2022. Laboratorium Alam Model Pengembangan Wisata Hutan Mangrove di SItubondo. Jurnal Purnama Media, Vol. 1(1): 42-49.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan