Homestay Pinus di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti Semarang




Homestay Pinus - (Sumber: bacaterus.com)
Homestay Pinus - (Sumber: bacaterus.com)

Kawasan Umbul Sidomukti merupakan salah satu alam pegunungan yang berada di Kota Semarang. Berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, kawasan ini didukung dengan seperti outbond training, permainan yang memicu adrenalin, taman renang alam, tempat berkemah, pondok wisata, pondok lesehan, serta ruang rapat (meeting room).

Kawasan wisata tersebut dapat ditempuh dari arah Semarang menuju Solo, sampai menemukan pom bensin Lemah abang di sisi kiri jalan, belok kanan menuju ke arah Bandungan. Sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuliskan sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak. Di sepanjang jalan kecil ada beberapa papan petunjuk untuk sampai ke Taman Renang Alam Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.

Selain menarik pengunjung dari sekitar Kota Semarang, wisata tersebut juga didatangi pengunjung dari luar kota. Sehingga, tidak mengherankan apabila di sekitar wisata Umbul Sidomukti terdapat beberapa homestay atau tempat penginapan.

Kawasan Wisata Umbul Sidomukti - (Sumber: beritagar.id)
Kawasan Wisata Umbul Sidomukti – (Sumber: beritagar.id)

Apabila Anda menginginkan penginapan yang mirip dengan rumah, mungkin bisa memilih penginapan berupa homestay, yaitu Homestay Pinus. Homestay tersebut berupa sebuah rumah yang terletak di tengah perkebunan sayur mayur dengan nuansa pedesaan yang terbilang asri. Fasilitas dari Homestay Pinus antara lain 2 tidur, 1 tidur dengan kapasitas 6 orang, dan 1 lainnya yang bisa diisi oleh 2 orang.

Lihat Juga:   Villa Kunang-Kunang, Akomodasi Dua Lantai Murah Dekat Kusuma Agrowisata Batu  

Selain itu, Anda bisa menikmati fasilitas lain berupa TV, ruang , teras pribadi, dapur, dan kamar mandi. Tarif untuk di Homestay Pinus sekitar Rp 1.000.000 untuk hari biasa (weekday), dan pada hari libur tarifnya berbeda, yaitu Rp 1.500.000. ini mungkin saja berubah.

Homestay Pinus masih menjadi bagian dari manajemen Umbul Sidomukti. Sehingga, untuk registrasi dan segala macam yang dibutuhkan untuk mendapatkan tempat sewa tersebut cukup mudah. Reservasi bisa dilakukan melalui telepon. homestay dapat dibayar setengah harga terlebih dahulu.

Lokasi Homestay Pinus masih berada di kawasan wisata Umbul Sidomukti. Jalan masuk ke penginapan tersebut sama dengan jalan masuk ke area wisata. Pada saat memasuki area Umbul Sidomukti, jika ingin melakukan konfirmasi untuk reservasi yang sudah Anda  lakukan akan diarahkan menuju ke Pondok Panorama. Untuk check in dan administrasi lainnya dilakukan di Pondok Panorama. Selanjutnya, Anda akan dipandu oleh seorang guide untuk diantar menuju lokasi homestay Pinus.

Di lokasi homestay Pinus, dapat menampung parkir sebanyak 4-5 mobil sedang, seperti Avanza. Dari Pondok Panorama berjarak sekitar 0,5 sampai 1km. Di area Homestay Pinus ini ada 3 bangunan yang berdiri. Bangunan pertama dan paling besar adalah bangunan utama untuk tempat menginap. Di samping bangunan persis atau di tengah adalah gudang yang dipakai oleh petani/penjaga yang dipercaya mengurus kebun yang ada di sekitar homestay, dan yang paling ujung adalah kandang kambing yang berjarak sekitar 25 meter dari bangunan utama.

Lihat Juga:   The BnB Bandung Metro Indah Hotel, Sleep Well, Pay Less
Homestay Pinus di Umbul Sidomukti - (Sumber: steemit.com)
Homestay Pinus di Umbul Sidomukti – (Sumber: steemit.com)

Bangunan homestay memiliki ukuran sekitar 8 x 6 meter luasnya, yang terdiri 2 kamar. Kamar pertama hanya berisi 2 tempat tidur, namun cukup luas sehingga bisa ditempati setidaknya oleh 4-5 orang dewasa. Sedangkan di kamar yang kedua terdapat 6 ranjang tidur yang diatur berderat dan berhimpit sehingga bisa memuat 10-15 orang dewasa.

Sedangkan, jika Anda menginginkan mendirikan tenda, bisa dilakukan di bagian samping homestay, karena ada halaman yang cukup luas antara gudang dan homestay. 2-3 tenda bisa didirikan di tempat ini, dan juga sudah ada tempat tersendiri untuk menyalakan api unggun di bagian depan kiri homestay.

Pemandangan di Homestay Pinus cukup bagus. Dari depan homestay ini, Anda bisa melihat Kota dari atas dan Rawa Pening, bahkan jika cuaca sedang bagus, Anda juga bisa melihat Gunung Merbabu di kejauhan dengan jelas.

 




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan