Hemat Anggaran, Ini Tips Itinerary ke Vietnam Ala Backpacker




Ilustrasi: backpacking ke Vietnam
Ilustrasi: backpacking ke Vietnam

Selain , Singapura, atau Thailand, Vietnam merupakan salah satu negara di kawasan ASEAN yang bisa Anda kunjungi ketika ingin mencoba liburan ala backpacker. Namun, sebelum berwisata ke negara dengan ibukota Hanoi tersebut, Anda perlu mempersiapkan itinerary terlebih dahulu agar Anda bisa lancar dan tentunya menyenangkan.

Bagi Anda yang belum begitu paham dengan itinerary, ini pada dasarnya adalah daftar kegiatan serta estimasi bujet yang akan dikeluarkan selama perjalanan atau liburan. Karena itu, itinerary biasanya akan mencakup daftar destinasi yang akan dituju, jadwal kegiatan per hari, akomodasi atau tempat menginap, , hingga keperluan lain seperti makan dan belanja oleh-oleh.

Dilansir Detik , untuk destinasi, pilih destinasi atau tempat liburan Anda dan tentukan berapa lama Anda akan mengunjungi destinasi tersebut. Jika Anda hendak berlibur ke Bali misalnya, tetapkan kota-kota atau apa saja yang akan Anda datangi dan berapa lama Anda akan berada di kota-kota tersebut.

Setelah itu, tentukan transportasi dari dan ke destinasi yang telah Anda pilih. Anda bisa memilih naik pesawat terbang atau transportasi dan darat. Hal tersebut semata-mata untuk memastikan besaran harga tiket pesawat atau transportasi lainnya yang tersedia pada tanggal yang ditentukan sehingga Anda dapat menghitung pengeluaran Anda.

Kemudian, jangan lupa juga menentukan tempat menginap atau akomodasi, apakah losmen, hotel melati, guest house, atau hotel berbintang dan villa jika anggaran Anda cukup banyak. Selain itu, Anda juga harus mencari referensi beberapa tempat untuk makan di sekitar hotel yang Anda singgahi. Alangkah lebih baik untuk menentukan akomodasi yang juga menyediakan sarapan gratis.

Dari kombinasi di atas, Anda dapat menyusun itinerary dengan sempurna. Misalnya, hari pertama berlibur naik apa, menginap di mana, pergi ke mana, dan makan apa dan di mana. Kemudian, hari kedua pergi ke mana, naik apa, makan di mana, dan seterusnya hingga akhir liburan. Semakin detail itinerary yang Anda susun, maka akan semakin bagus, misalnya ditambahi keterangan jam dan jumlah uang yang akan Anda keluarkan.

Itinerary ke Vietnam

Wisata di Vietnam (sumber: gapyear.com)
Wisata di Vietnam (sumber: gapyear.com)

Jika Anda ingin mengunjungi Vietnam selama liburan, sebenarnya ada banyak tempat wisata yang bisa Anda datangi. Namun, bagi sebagian orang, terutama mereka yang hanya punya anggaran tipis atau backpacker, mungkin bakal kesulitan untuk berlibur di banyak tempat. Nah, berikut kami sampaikan itinerary backpacker berkunjung ke Vietnam.

  • Hari pertama, jika Anda berangkat dari Jakarta, cara paling lazim berkunjung ke Vietnam adalah menggunakan pesawat terbang. Anda bisa menumpang pesawat rute Jakarta-Malaysia dengan tiket berkisar Rp1 jutaan. Setibanya di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA 2), Anda bisa menginap semalam sebelum melanjutkan perjalanan. KLIA 2 sendiri menyediakan banyak spot yang nyaman untuk tidur dan beristirahat.
  • Hari kedua, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Ho Chi Minh City (kota terbesar di Vietnam) menggunakan penerbangan pagi atau siang dengan harga tiket termurah Rp500 ribuan. Jika siang hari, Anda akan tiba di Ho Chi Minh City sekitar pukul 6 sore. Lalu, Anda bisa menumpang bus kode 152 untuk menuju Distrik 1 yang terkenal akan keberadaan hotel bertarif murah. Anda bisa turun di kawasan Ben Than Market untuk mencari akomodasi murah.
  • Masih di hari kedua, setibanya di Ben Than Market, Anda bisa mampir sebentar di City Hall dan Patung Ho Chi Minh. Saat sore hari, kedua tempat tersebut biasanya sangat ramai karena menyajikan beberapa pertunjukan menarik secara gratis.
  • Hari ketiga, ada beberapa tempat keren yang bisa Anda kunjungi dengan gratis, seperti People Committee Hall, Katedral Notre Dame, dan Central Post Office. Siangnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Mui Ne menggunakan bus HCMC dengan durasi sekitar 5 jam. Setibanya di Mui Ne, Anda dapat memesan paket tur Mui Ne Sunrise yang banyak disediakan di hotel dengan harga mulai 6 dolar AS.
  • Hari keempat, tur Mui Ne biasanya mengajak turis mengunjungi beberapa tempat yang eksotis. Anda akan diajak ke Fairy Stream, Fishing Village, White Sand Dunes, dan Red Sun Dunes. Ada dua pilihan untuk melakukan tur, yaitu pagi hari mulai jam empat pagi hingga sembilan pagi dan sore hari mulai jam dua siang hingga jam tujuh malam. Selesai tur, Anda bisa meneruskan liburan ke Dalat menggunakan bus dengan berkisar 5 dolar AS per orang.
Lansekap Da Lat, Vietnam (sumber: tripzilla.com)
Lansekap Da Lat, Vietnam (sumber: tripzilla.com)
  • Hari kelima, di Dalat, Anda bisa berkeliling kota menggunakan sepeda motor sewaan seharga 100 ribu Dong. Beberapa tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan adalah Domaine De Marie (gratis), Linh Son Pagoda (gratis), Dalat Railway Station (free), Dalat Cathedral (gratis), Pasar Dalat (gratis), Dalat Lake (gratis), City Flower Garden 30.000 Dong), dan Crazy House (40.000 Dong).
  • Hari keenam, perjalanan bisa diteruskan ke ibukota Hanoi menggunakan pesawat terbang. Dari Kota Dalat, Anda bisa menuju bendara menggunakan shuttle bus dengan tarif 40.000 Dong. Perjalanan dari Dalat ke Hanoi sendiri berkisar dua jam. Setibanya di Hanoi, Anda bisa menuju kawasan backpacker di Old Quarter menumpang bus kota nomor 17 dengan durasi waktu sekitar 1,5 jam.
  • Hari ketujuh, Anda bisa memilih berkunjung ke Sapa atau Halong Bay. Jika Anda memilih ke Sapa, Anda bisa naik bus dari Hanoi dengan harga tiket PP 225.000 Dong. Di Sapa, beberapa tempat yang bisa didatangi adalah Silver Waterfall, Love Waterfall, Golden Stream, Sapa Church, Sapa Town Square, dan Sapa Market.
  • Hari kedelapan, jika Anda berencana pulang, Anda bisa menumpang pesawat terbang untuk kembali ke Tanah Air dengan transit terlebih dulu di KLIA 2 Malaysia selama semalam.
  • Hari kesembilan, dari Kuala Lumpur, ada banyak maskapai penerbangan yang bisa Anda jadikan tumpangan untuk kembali ke Jakarta dengan harga tiket berkisar Rp800 ribuan untuk kelas paling murah.

Itinerary backpacker di atas bisa Anda terapkan untuk saat ingin melakukan perjalanan ke Vietnam. Namun, Anda juga bisa membuat daftar lain yang sesuai dengan keinginan dan bujet Anda. Sebagai informasi, untuk menuju Vietnam, dokumen yang perlu Anda persiapkan adalah paspor, sedangkan visa sudah gratis untuk warga negara Indonesia.

Lihat Juga:   Harga Tiket di tempat wisata ‘Umbul Sidomukti’, Semarang – Update Desember 2015




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*