Lokasi, Wahana dan Harga Tiket Wisata Bangsring Banyuwangi




Wisata Bangsring Banyuwangi (sumber: yukbanyuwangi.co.id)
Wisata Bangsring Banyuwangi (sumber: yukbanyuwangi.co.id)

Bangsring atau biasa dikenal dengan nama Bangsring Underwater merupakan sebuah pantai yang terletak di dan sudah dikenal sejak 2008 lalu.[1] Banyak lokal maupun mancanegara pergi ke Bangsring untuk menikmati keindahan dunia bawah serta menikmati wahana di daerah itu, karena harga tiket masuknya tergolong murah.

dan Wahana Bangsring

Bangsring Underwater (Bunder) terletak di Desa Bangsring, Kec. Wongsorejo, Banyuwangi. Tempat tersebut adalah sebuah tempat rekreasi berbasis konservasi terumbu karang, sehingga tak heran jika terumbu karang di daerah ini cukup subur. Keindahan Bunder tidak hanya terletak pada panorama pantainya, tetapi juga taman bawah laut yang terjaga dengan hadirnya ikan-ikan kecil di terumbu karang. Anda bisa melihat gerombolan ikan nemo dengan cara snorkeling atau diving.

Ombak di Bunder tidak terlalu kencang dengan arus yang cukup tenang, sehingga cocok bagi Anda yang baru belajar renang. Untuk menikmati wahana snorkeling atau diving, Anda tidak harus membawa peralatan sendiri dari rumah. Ada sebuah pondok diĀ  pinggir pantai yang menyewakan peralatan menyelam lengkap.

Saat menyelam hingga ke dasar laut, ada aturan yang perlu Anda pahami. Setiap orang yang ingin snorkeling atau diving dilarang mengambil, menginjak, dan merusak terumbu karang. Terumbu karang di daerah ini memang belum cukup tua dan lama ditanam, sehingga dikhawatirkan bisa mati jika Anda menginjak atau mencabutnya.

Wahana banana boat di Bangsring Banyuwangi (sumber: blibli)
Wahana banana boat di Bangsring Banyuwangi (sumber: blibli)

Bagi Anda yang tidak suka berenang dan lebih suka dengan wahana yang memacu adrenalin, Anda bisa bermain banana boat. Wahana terletak di pinggir pantai dan agak jauh dari tempat berenang atau diving. Banana boat ini bisa melaju kencang dan ditarik oleh kapal super cepat (speed boat). Dalam satu perahu, bisa memuat 5 hingga 7 orang. Keseruan akan terasa saat perahu mulai melaju dengan kecepatan tinggi.

Lihat Juga:   Wisma Gaya Bandungan, Akomodasi Murah Dekat Candi Gedong Songo Semarang

Supaya tidak jatuh, Anda bisa saling berpegangan dengan wisatawan lain atau memegang tali di sekitar banana boat. Meskipun terbilang cukup menyeramkan, wahana ini aman dan tidak berisiko cedera. Anda akan mendapatkan fasilitas perlindungan berupa asuransi kesehatan dan pelampung.

Setelah puas menaiki banana boat, bagaimana jika Anda bermain jet ski? Wahana ini juga cukup menegangkan, apalagi bagi Anda yang suka melaju kencang saat mengendarai motor. Dengan fasilitas ini, Anda tidak hanya bisa merasakan terpaan angin kencang, tetapi juga melihat keindahan Pantai Bangsring.

Jetski tersebut bisa dinaiki oleh 1 hingga 3 orang. Saat menaiki wahana ini, Anda harus memakai pelampung dan memperhatikan prosedur yang disampaikan oleh instruktur. Bagi Anda yang belum pernah naik jetski dan bingung dengan cara mengendarainya, tenang saja, sudah ada joki yang siap mengajari Anda.

Pulau Tabuhan, Banyuwangi (sumber: lockerproject.org)
Pulau Tabuhan, Banyuwangi (sumber: lockerproject.org)

Tak jauh dari Bunder, Anda juga bisa menjelajahi Pulau Tabuhan. Untuk menjelajahi pulau ini, Anda harus naik perahu. Kapal-kapal untuk menuju pulau berada di pinggir pantai dan dekat dengan dermaga. Kapal tersebut memiliki kapasitas sekitar 10 hingga 15 orang. Sekitar 10 menit hingga 15 menit, Anda akan sampai di Pulau Tabuhan dan bisa langsung melakukan light trekking.

Fasilitas lain yang tak kalah menarik dari Pulau Tabuhan adalah rumah apung. Tempat inilah yang awalnya membuat wisata Bangsring menjadi populer dan dikunjungi banyak orang. Di sini, Anda tidak hanya bisa melihat pondok kayu yang terapung di laut, tetapi juga keindahan terumbu karang beserta ikan-ikan di dalamnya.

Lihat Juga:   Menikmati Suasana Kerajaan Jawa Kuno di Lembah Tumpang Resort dengan Tiket Masuk Terjangkau

Sebenarnya, rumah apung adalah klinik ikan sekaligus penangkaran ikan hiu. Di tempat ini, Anda bisa melihat aneka jenis hiu yang berukuran kecil hingga sedang. Sebagian besar ikan hiu di tempat ini sudah dijinakkan, sehingga aman untuk diajak berinteraksi. Anda bisa memegangnya dan mengajaknya berfoto.

Bagi Anda yang ingin menikmati semua fasilitas di atas, tentunya harus pergi ke wisata Bangsring. Sebelumnya, pastikan Anda mengetahui harga masuk dan wahana di Bunder, dan sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Aktivitas snorkeling di Bangsring Banyuwangi (sumber: pinterest)
Aktivitas snorkeling di Bangsring Banyuwangi (sumber: pinterest)

Wisata Bangsring

Varian TiketTarif (Rp)
Tiket Masuk per orang2.000
Tiket Parkir per kendaraan beroda 22.000
Tiket Parkir per kendaraan beroda 45.000
Snorkeling Bangsring per orang35.000
Jelajah Pulau Tabuhan per kapal500.000
Atraksi Banana Boat per orang30.000
Menyelam per orang400.000
Jet Ski per orang200.000

dan wahana di Bunder di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk website resminya. masuk serta menikmati wahana di Bangsring tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Lailatufa, Istiqomatul, Joko Widodo, Mukhamad Zulianto. 2019. Strategi Pengembangan Rumah Apung Bangsring Underwater di Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial Universitas Jember, Vol. 13(1): 15-19.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan