Harga Tiket Tirta Nirwana Songgoriti, Spot Wisata Murah di Batu Ramah Keluarga

  • Whatsapp
Tirta Nirwana Songgoriti - (@Agustinus)
Tirta Nirwana Songgoriti - (@Agustinus)

Songgoriti selama ini dikenal sebagai pusatnya villa di Kota Batu. Tidak cuma tempat , daerah tersebut juga memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya Tirta Nirwana. Juga dikenal sebagai Pemandian Tirta Nirwana, ini adalah tempat rekreasi yang menawarkan kolam renang segar sebagai wahana utama, juga fasilitas seperti outbound, kafe, dan . Cocok untuk keluarga, tiket masuk Tirta Nirwana Songgoriti pun cukup terjangkau.

Seperti diketahui, sejak berdiri sebagai kota mandiri, pariwisata Kota Batu memang terus berkembang dengan pesat. Kota Batu berhasil melakukan rekonstruksi kepariwisataan sehingga melahirkan wahana-wahana wisata yang bernuansa menyenangkan dan untuk semua usia, termasuk alun-alun yang disulap menjadi taman bermain dengan sentuhan wahana modern seperti kursi kincir atau bianglala.[1]

Bacaan Lainnya

Ada beragam wahana modern yang dapat ditemukan di Kota Batu. Beberapa yang telah populer adalah Jatim Park 1 yang menawarkan arena seperti kolam renang dan beragam , Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo dengan koleksi binatang yang lengkap, serta Museum Angkut. Ada pula Predator Fun Park, Wisata Paralayang, Taman Rekreasi Selecta, hingga sejumlah air terjun dan wisata .

Lokasi Tirta Nirwana Songgoriti

Meski sekarang bermunculan amusement park baru, sejumlah objek wisata lawas di Kota Batu tidak lantas tergerus. Nah, salah satu yang masih bertahan adalah Tirta Nirwana Songgoriti. Seperti namanya, lokasi memang berada di kawasan Songgoriti, tepatnya di Jalan Arumdalu Nomor 1, Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur. Apabila traveler berangkat dari Alun-Alun Kota Batu, cukup berkendara selama 8 menit untuk tiba di tempat rekreasi ini.

Lihat Juga:   10 Objek Wisata Populer di Jerman yang Wajib Dikunjungi

Letak Taman Nirwana juga cukup dekat dengan sejumlah tempat wisata lainnya di area Songgoriti. Apabila wisatawan hendak rekreasi ke Candi Songgoriti, cukup berjalan kaki selama 5 menit dari tempat ini, sedangkan jarak menuju Paralayang Gunung Banyak berkisar 3,3 km. Sementara itu, untuk mereka yang ingin bepergian ke Museum Angkut atau Jatim Park 1, dapat berkendara sekitar 10 menit saja dari wahana ini.

Tirta Nirwana Songgoriti - (@Zakky Ramones)
Tirta Nirwana Songgoriti – (@Zakky Ramones)

Wahana dan Fasilitas Tirta Nirwana Songgoriti

Dikutip dari berbagai sumber, Tirta Nirwana Songgoriti dikelola oleh PD Jasa Yasa, yang notabene berada dalam kewenangan Pemerintah Kabupaten Malang. Hal tersebut cukup unik lantaran lokasi tempat rekreasi ini secara administratif terletak di Kota Batu. Sebelumnya, pengelolaan pemandian tersebut malah di bawah naungan langsung Pemerintah Kabupaten Malang.

Sebagai lokasi wisata, Tirta Nirwana Songgoriti termasuk tempat yang cocok untuk liburan keluarga. Pasalnya, ini memang ramah anak, dengan cuaca yang , sehingga pas dijadikan lokasi refreshing. Wahana yang ditawarkan pun lumayan memadai, dengan suguhan utama berupa kolam renang dengan air yang segar dan cenderung dingin.

Dikutip langsung dari situs resminya, setidaknya ada dua kolam renang yang telah disediakan pengelola, yakni Kolam Renang Dewasa dan Kolam Renang Anak. Kolam Renang Dewasa memiliki kedalaman lebih dari 80 cm, cocok untuk mereka yang ingin melatih keterampilan berenang atau sekadar bersantai. Sementara itu, Kolam Renang Anak lebih dangkal, dengan fasilitas penunjang seperti ember tumpah dan beberapa papan seluncur. Di sekeliling kolam renang, pengelola menyiapkan sejumlah gazebo.

Untuk mereka yang enggan berenang tetapi ingin tetap merasakan keseruan bermain air, bisa menyewa Sepeda Air. Ini adalah wahana yang pengunjung mengitari kolam atau danau buatan di area wisata bersama pasangan atau keluarga. Keindahan kolam semakin bertambah berkat adanya jembatan melengkung di atasnya, cocok dijadikan background untuk berfoto.

Lihat Juga:   Guest House Jampit Bondowoso, Penginapan Memukau Bergaya Kolonial

Pengelola juga menyediakan area khusus untuk kegiatan outbound. Berukuran cukup lapang, tempat ini dapat dijadikan lokasi untuk sejumlah aktivitas menantang seperti flying fox, jembatan tali tinggi, outbound air, dan lainnya. Biasanya, yang kerap melakukan kegiatan adalah instansi seperti sekolah atau lembaga untuk melatih kekompakan dan kebersamaan.

Apabila capek beraktivitas, pengunjung dapat bersantai sambil foto-foto cantik di sejumlah patung replika seperti patung dinosaurus dan kuda. Ada pula restoran dan kafe yang bisa menjadi tujuan untuk mengisi perut atau energi setelah lelah berwisata. Fasilitas penunjang lainnya yang sudah disediakan adalah musala untuk tempat beribadah, toilet umum, serta area parkir kendaraan.

Tirta Nirwana Songgoriti - (@Adi Nugroho)
Tirta Nirwana Songgoriti – (@Adi Nugroho)

Harga Tiket Tirta Nirwana Songgoriti

Waktu Kunjungan Harga Tiket
Weekday Rp15.000 per orang
Weekday Rp19.000 per orang

Informasi harga tiket Tirta Nirwana Songgoriti di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah wisatawan. Kabarnya, apabila traveler datang bersama rombongan, minimal 30 orang, akan mendapatkan diskon menjadi Rp12.500 per orang untuk weekday dan Rp16.000 per orang saat weekend. Perlu dicatat bahwa tarif masuk ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lengkap, silakan menghubungi nomor kontak 0812 5273 6600.

[1] Suprojo, Agung dan Budi Siswanto. 2017. Pembangunan Kota Wisata Batu dalam Perspektif Sosial & Ekonomi Masyarakat (Suatu Kajian Perspektif Perubahan Sosial & Ekonomi). Reformasi, Vol. 7(1): 78-87.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan