Referensi Tempat Wisata Asyik di Jatiluhur, Purwakarta




Jatiluhur Water World - travelspromo.com
Jatiluhur Water World - travelspromo.com

Anda mungkin sudah sering mendengar nama Jatiluhur. Ini adalah salah satu kecamatan di Kabupaten yang kondang akan waduknya. Memang, Bendungan Jatiluhur menjadi daya tarik utama untuk memikat wisatawan agar berkunjung ke kawasan ini. Bahkan, bisa dibilang Waduk Jatiluhur menjadi andalan pariwisata .

Waduk Jatiluhur

Spot rekreasi paling populer di kawasan Jatiluhur. Pasalnya, bendungan ini merupakan waduk terbesar di Indonesia. Waduk Jatiluhur mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Prancis, Compagnie française d’entreprise, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3 per tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia. Waduk Jatiluhur dapat dikunjungi melalui Jalan Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi), keluar di Gerbang Tol Jatiluhur.

Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kWh setiap tahun, yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta II. Selain itu, Waduk Jatiluhur memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan, dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta.

Seiring berjalannya waktu, selain sebagai PLTA, waduk ini berkembang menjadi spot karena memiliki panorama yang indah sehingga dijadikan sebagai potensi yang mampu mendatangkan wisatawan. Ada beragam fasilitas yang bisa dinikmati di sini, antara lain bar dan restaurant, lapangan tenis, billiard, perkemahan, dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground, dan fasilitas lainnya. 

Paling baru, Hotel Pesanggrahan, yang menjadi bagian dalam sejarah pembangunan Waduk Juanda atau Waduk Jatiluhur, dibangun kembali usai mengalami kebakaran pada 2016. Masih mempertahankan arsitektur lama bergaya Eropa atau art deco, penginapan ini sudah mulai menerima tamu dari kalangan wisatawan maupun tamu Perum Jasa Tirta.

Waduk Jatiluhur - lifestyle.okezone.com
Waduk Jatiluhur – lifestyle.okezone.com

Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World sebenarnya masih berada di area yang sama dengan Waduk Jatiluhur. Anda bisa menemukan objek wisata ini di Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Akses menuju ke tempat tersebut juga sangat mudah serta bisa dilalui berbagai tipe kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil.

Apabila Anda berangkat dari Jakarta, perjalanan bisa dimulai dengan memasuki Tol Cipularang. Dari tol ini, Anda bisa keluar di pintu Tol Jatiluhur. Setelah keluar tol, Anda akan menemukan pertigaan Ciganea yang terdapat traffic light. Sekitar 500 meter kemudian, Anda akan menemukan pertigaan dengan patung di tengahnya. Anda bisa belok kiri di pertigaan tersebut, sesuai marka jalan yang menunjukkan arah ke Waduk Jatiluhur.

Seperti namanya, sajian utama di Jatiluhur Water World adalah kolam renang. Pengelola setidaknya sudah menyediakan lima buah kolam renang, tiga kolam untuk anak-anak dengan kedalaman yang dangkal dan dua kolam untuk orang dewasa. Kolam renang anak-anak memang berukuran tidak terlalu luas, namun sudah cukup dijadikan sarana bermain dan refreshing mereka.

Nah, apabila wisatawan ingin menantang adrenalin mereka, bisa langsung mencoba wahana papan seluncur dengan ketinggian mencapai 11,5 meter. Pengunjung akan diajak meluncur melewati papan dengan panjang kurang lebih 43 meter sebelum tercebur di kolam air. Tidak perlu khawatir mengenai keamanan, karena sudah ada penjaga yang selalu berjaga-jaga di sekitar papan seluncur tersebut.

Jika Anda tertarik liburan ke tempat ini, harga tiket masuk pada hari Senin hingga Jumat dipatok mulai Rp30 ribuan per orang, sedangkan masuk pada weekend (Sabtu, Minggu, dan hari libur) berkisar Rp45 ribuan. Sementara, apabila Anda rekreasi pada momen liburan atau hari besar, harga masuknya naik menjadi Rp65 ribu per orang.

Harga tiket Jatiluhur Water World tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk dari loket resmi objek wisata serta bocoran beberapa pengunjung. Sekadar catatan, untuk anak-anak dengan usia lebih dari 3 tahun, diwajibkan membayar tiket secara penuh. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa menghubungi nomor telepon (0264) 201087.

Jatiluhur Water World - travelspromo.com
Jatiluhur Water World – travelspromo.com

Parang Gombong

Siapa bilang wisata pantai hanya hadir di pinggir laut? Jika tidak percaya, Anda bisa berkunjung ke Danau Toba dan dapat menemukan banyak ‘pantai’ air tawar eksotis di pinggir danau tersebut. Selain itu, di kawasan Waduk Jatiluhur, Anda pun berkesempatan merasakan sensasi yang sama saat liburan ke Pantai Parang Gombong.

Masih merupakan bagian dari Waduk Jatiluhur, sebenarnya Parang Gombong terletak di Kutamanah, Sukasari, Purwakarta. Jika Anda berangkat dari pusat , cuma butuh waktu 30 menit berkendara untuk tiba di tempat ini. Akses menuju Parang Gombong pun sudah baik, dengan kontur jalan aspal dan sebagian jalanan juga sudah dibeton.

Punya lokasi yang elok, tidak sedikit yang menyamakan panorama Parang Gombong dengan Negara Swiss atau Selandia Baru. Meskipun sekadar bendungan, di sini Anda bisa merasakan udara sejuk di terbuka. Hamparan bukit berwarna hijau membentang luas sejauh mata memandang, selaras dengan warna air yang begitu tenang. Menyelami suasana di sekitar waduk, bisa membuat pikiran Anda kembali segar.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Anda bisa menyewa perahu untuk mengelilingi waduk atau memancing. Selain itu, Parang Gombong juga menjadi salah satu spot terbaik di Purwakarta untuk melihat sunset. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, Anda bisa berkemah di sekitar waduk, dengan camping per malam mulai Rp10.000.

Parang Gombong - www.maszaladventure.com
Parang Gombong – www.maszaladventure.com

Bumi Perkemahan Jatiluhur

Apabila Anda hobi berkemah atau camping, salah satu spot yang bisa Anda coba adalah Bumi Perkemahan Jatilihur. Terletak di pinggir Waduk Jatiluhur, ini adalah tempat yang keren untuk menghabiskan malam bersama teman atau sahabat. Selain itu, Bumi Perkemahan Jatiluhur juga sering dijadikan lokasi camping anak-anak Pramuka dari Purwakarta dan sekitarnya.

Menurut ulasan para pengunjung yang sempat berkemah, Bumi Perkemahan Jatiluhur memiliki suasana yang asri dan nyaman. Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan juga sangat menawan. Menikmati matahari terbenam atau sunset di pinggir bendungan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak wisatawan ketika camping di kawasan ini.

Lihat Juga:   Makanan Khas Pematang Siantar Murah, Harga Murah Mulai Rp3 Ribuan




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan