Rumah Coklat Karangasem, Spot Instagramable dengan Tiket Murah




Rumah Coklat Karangasem (sumber: paketwisatabali.co.id)
Rumah Coklat Karangasem (sumber: paketwisatabali.co.id)

Kalau ada yang berkata, tidak ada yang tidak dapat ditemukan di Bali, mungkin ada benarnya, khususnya tentang wisata. Pulau Dewata memang menawarkan banyak spot wisata, mulai wisata , wisata adat dan , hingga theme park. Namun, jika Anda ingin berburu spot foto yang unik dengan murah, maka Rumah Coklat di Karangasem bisa menjadi lokasi yang oke.

Dilansir dari Wikipedia, Karangasem, atau Karang Asem, adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Bali, dengan ibukota berada di Amlapura. Karangasem terkenal sebagai salah satu spot wisata berkat keberadaan Pura Besakih, pura terbesar di Bali. Tetapi, tidak cuma Pura Besakih, kabupaten dengan dua pelabuhan ini juga banyak objek wisata menarik lainnya, termasuk Gunung Agung, Taman Ujung, Candidasa, Tirta Gangga, Amed, Tenganan, hingga Padang Bai.

Lokasi Rumah Coklat Karangasem

Di samping tempat-tempat wisata di atas, ada satu lagi spot di Karangasem yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni Rumah Coklat. Ini adalah objek wisata yang bisa dibilang kekinian karena menawarkan suguhan utama yang pas bagi para kaum muda modern. Tak lain adalah spot foto Instragamable yang memang sudah menjadi kegiatan wajib wisatawan di era milenium ketiga.

Rumah Coklat Karangasem sendiri bisa Anda temukan di Desa Jasri, Kabupaten Karangasem, Bali. Jika Anda berangkat dari Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Anda perlu menempuh jarak sekitar 72 km untuk tiba di tempat ini. Anda bisa lewat Tol Bali Mandara dan by pass Ida Bagus Mantra. Lokasi Rumah Coklat sekitar 10 km setelah Candidasa atau sekitar 2 km sebelum pertigaan Desa Jasri. Setelah itu, belok kanan, melalui jalanan berbatu, dan selanjutnya Anda bisa bertanya ke petugas jaga pos di daerah tersebut.

Daya Tarik Rumah Coklat Karangasem

Dirangkum dari berbagai sumber, Rumah Coklat Karangasem juga dikenal dengan nama Bali Chocolate Factory. Kawasan ini sendiri dibangun oleh seorang berkebangsaan Amerika Serikat bernama Charlie. Karena itu, sebagian wisatawan pun juga menyebut tempat wisata ini dengan nama Charlie Chocolate Factory, mirip sebuah judul film yang pernah tayang pada tahun 2005 lalu.

Rumah Coklat Karangasem (sumber: mybaliholiday.net)
Rumah Coklat Karangasem (sumber: mybaliholiday.net)

Jika Anda mendengar kata “rumah coklat”, pasti yang terbayang di benak Anda adalah sosok makanan atau minuman berbahan coklat. Namun, ketika menyambangi tempat ini, Anda tidak akan menemukan pohon coklat sama sekali atau hal-hal lain yang menunjukkan bahwa lokasi tersebut memproduksi coklat. Yang bisa Anda temukan adalah bangunan berwarna cokelat dan tampil dengan desain yang unik sekaligus iconic.

Bangunan Rumah Coklat yang unik ini sebenarnya sudah ramai dibicarakan di media sosial sejak tahun 2015 lalu. Sejak saat itu, Rumah Coklat di Karangasem menjadi tempat hits bagi mereka yang ingin mengabadikan diri lewat sebuah kamera. Karena itu, ketika mengunjungi Rumah Coklat, Anda tidak usah heran dengan banyaknya wisatawan yang selfie di lokasi tersebut.

Selain menjadi tempat menarik untuk ber-swafoto, Rumah Coklat juga memiliki panorama lain karena letaknya yang berada di pinggir , di bawah gerombolan pohon nyiur, sehingga suasana di sekitarnya sangat menyenangkan, teduh, dan asri. Di tempat tersebut, juga disediakan setidaknya tiga buah ayunan yang talinya diikatkan pada batang pohon kelapa, sehingga pengunjung bisa berayun sambil bersantai menikmati suasana yang menenangkan.

Di samping itu, di kawasan Rumah Coklat Karangasem juga terdapat sebuah bangunan dari kayu, berbentuk kapal yang menyerupai wujud aslinya. Anda bisa bersantai di atas replika kapal tersebut sambil menyaksikan pemandangan alam pantai dan , dan juga bisa masuk ke ruang kapal sambil mengabadikan momen unik secara sendiri maupun bersama orang terdekat.

Untuk urusan perut, di sekitar lokasi sudah terdapat beberapa kedai kecil (atau biasa disebut mini bar). Di tempat tersebut, pengunjung bisa menikmati lezatnya makanan dan minuman dari cokelat, namun tentunya dengan mengeluarkan biaya tambahan. Umumnya, yang memadati kedai-kedai kecil di Rumah Coklat adalah turis mancanegara.

Menurut ulasan para tamu yang sempat singgah, Rumah Coklat Karangasem merupakan sebuah spot yang bagus untuk foto-foto. Sayangnya, akses menuju lokasi ini cukup sulit sehingga disarankan untuk segera diperbaiki. Apabila jalanan menuju Rumah Coklat Karangasem diperlebar, mungkin akan lebih banyak wisatawan yang tertarik rekreasi ke tempat ini.

Rumah Coklat Karangasem

Nah, untuk Anda yang tertarik berkunjung ke tempat ini, harga tiket masuknya tidak mahal. Pengunjung cukup mengeluarkan membayar Rp10 ribu per orang, maka bisa sudah bisa masuk dan berfoto-foto sepuasnya. Selain itu, setiap wisatawan yang berkunjung juga akan diberi sabun berbahan herbal dari pengelola sebagai kenang-kenangan.

Dekat Rumah Coklat Karangasem

Rumah Coklat Karangasem (sumber: mytrip.co.id)
Rumah Coklat Karangasem (sumber: mytrip.co.id)
Nama PenginapanAlamat per Malam
Kangkung CottagesJalan Pantai Jasri, Amlapura, KarangasemStandard Double/Twin : Rp275.660
MatanaiJalan A. Yani, Jasri 2, SubaganBudget Twin : Rp550.000
Comfort Double : Rp600.000
Deluxe Double : Rp800.000
Family Double : Rp800.000
Villa Katarina BaliJalan Pantai JasriDeluxe King : Rp560.000
Cabe BaliJalan Temega, Padangkerta, JasriDouble/Twin Room : Rp800.000
Villa MandalaJalan Pantai Dalem Subagan, JasriStandard Double : Rp1.040.000
Superior Double : Rp1.200.000
Bungalow : Rp1.440.000

Tarif kamar penginapan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs booking online. Harga sewa kamar akomodasi-akomodasi tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan Anda. Untuk lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke alamat penginapan yang bersangkutan.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Dekat Stasiun Kiaracondong Bandung




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*