Tiket Paris Beach Tigaras, Wisata Pinggir Danau Toba




Paris Beach Tigaras - (YouTube: Go Adventure Indonesia)
Paris Beach Tigaras - (YouTube: Go Adventure Indonesia)

Desa Tigaras Sumatera Utara terkenal dengan tempat wisata Paris dengan air yang jernih dan pemandangan pegunungan.[1] Tak seperti namanya, ini bukanlah pantai, melainkan hamparan pasir yang menjorok ke arah air yang membentang luas. Penampakannya yang mirip pantai inilah yang membuatnya disebut sebagai pantai. Nah, untuk mengeksplorasi daerah Pantai Paris, Anda cukup membayar harga tiket masuk mulai Rp40 ribu per orang.

Fasilitas Paris Beach Tigaras

Cikal bakal nama Pantai Paris sebenarnya diambil dari nama perkebunan dan ladang di sekitar pantai ini, yakni Juma Paris. Terletak di Jl. Raya Tigaras Partuahan, Bangun Pane, Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara, Paris Beach Tigaras berselang dua menit dari Pelabuhan Tigaras menggunakan kendaraan bermotor. Sementara itu, dari Wisata Alam Dolok Sipinggol menuju pantai, Anda membutuhkan waktu tempuh enam menit berkendara.

Terletak di pinggir Danau Toba, Pantai Paris menawarkan pemandangan Pulau Samosir yang hijau. Pantai ini juga memiliki air yang jernih, sehingga Anda bisa melihat dasar pantai. Tak seperti pantai di laut lepas, tempat rekreasi ini memiliki ombak yang cukup tenang. Air pantai tersebut juga tidak asin dan cenderung tawar, sehingga Anda tidak akan merasa lengket jika ingin bermain air di tempat wisata ini.

Para yang berkunjung ke Pantai Paris bisa menikmati waktu yang tenang dengan leluasa, karena tempat rekreasi ini jauh dari kebisingan. Terbilang cocok bagi Anda yang lelah dan ingin melepas penat akibat kegiatan harian yang monoton. Selain itu, tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan rombongan. Pasir pantainya berwarna kecokelatan dan bertekstur lembut, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika berjalan tanpa alas kaki. Telah disediakan pula kotak pasir untuk bermain anak-anak.

Lihat Juga:   Info Menu, Minimum Order, & Harga Tiket Masuk La Laguna Beach Club Bali

Ada pula tempat khusus piknik untuk keluarga dan rombongan di pinggir pantai. Spot ini dibekali dengan meja dan bangku kayu sebagai alas duduk. Supaya tidak panas, di samping kanan dan kiri ditumbuhi pepohonan yang rindang. Meskipun begitu, beberapa orang tampaknya lebih suka piknik di pinggir pantai dengan alas tikar. Jika Anda lebih suka piknik seperti ini, Anda dianjurkan untuk membawa alas duduk sendiri.

Paris Beach Tigaras - m.kaskus.co.id
Paris Beach Tigaras – m.kaskus.co.id

Bisa dibilang, fasilitas publik yang ada di Pantai Paris cukup lengkap, bahkan sudah ada tempat parkir khusus motor, mobil, dan bus dengan juru parkir sebagai pengawasnya. Tak hanya itu, ada musala kecil dekat pantai dengan peralatan ibadah lengkap untuk pria maupun wanita.

mandi dengan air bersih dan tidak berbau lumpur juga ada di area pantai. Kamar mandi ini ada di dekat musala dan dilengkapi toilet khusus pria, toilet khusus wanita, tempat ganti, dan tempat cuci. Tak hanya itu, rupanya di sekitar pantai juga sudah ada pondok penginapan yang disewakan khusus untuk para pengunjung. ini memiliki fasilitas kamar tidur, kamar mandi, dan ruang bersantai.

Sementara itu, sebagai hiburan, sudah tersedia aneka wahana permainan air. Anda bisa memilih ingin bermain banana boat, speed boat, atau sepeda air. Semua wahana air ini aman untuk dimainkan anak-anak usia 12 tahun hingga orang dewasa. Ada juga perahu karet dan kayu yang disewakan untuk mengelilingi pantai atau memancing.

Lihat Juga:   Referensi Lokasi Foto Prewedding yang Keren & Gratis di Bogor

Paris Beach Tigaras

Menurut turis yang pernah berkunjung ke Pantai Paris, harga tiket masuknya Rp40 ribu per orang. Ini sudah termasuk biaya parkir untuk mobil. Sementara itu, jika bersama rombongan dan membawa bus, harus membayar Rp100 ribu per kendaraan. Lalu, untuk tarif setiap wahana air, mulai Rp30 ribu hingga Rp50 ribu per orang. Biaya di Pantai Paris tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Paris Beach Tigaras - klikbatak.com
Paris Beach Tigaras – klikbatak.com

Sementara itu, bagi Anda yang ingin menginap di pantai, bisa menyewa salah satu pondokan pinggir pantai. Untuk menyewa satu kamar di pondok, arus merogoh kocek Rp250 ribu per malam. Sementara itu, jika menginap bersama rombongan dan ingin menyewa satu pondokan, turis akan dikenakan biaya Rp600 ribu per malam. Harga sewa penginapan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa melakukan secara langsung di lokasi, karena pihak akomodasi tidak menerima kamar melalui telepon atau via booking online.

[1] Haloho, Devy Ronatama. 2018. Upaya Pengembangan Pantai Paris di Desa Tigaras Kabupaten Simalungun (Tugas Akhir). Bidang Keahlian Usaha Wisata Program Studi D-III Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Medan.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan