Harga Tiket Pantai Parang Dowo, Objek Wisata Unik di Malang Selatan




Pantai, rute, Parang Dowo, tarif, harga, tiket, penginapan, kendaraan, parkir, biaya, angkutan, Balekambang, jalur, Malang, ombak, berenang
Tanggul karang alami di Pantai Parang Dowo

Meski pamornya tidak sebesar -pantai yang berada di Pulau Bali atau Lombok, pantai yang terletak di Kabupaten tetap diminati banyak dari berbagai penjuru daerah. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, cukup banyak turis dari luar negeri yang datang mengunjunginya.

Besarnya minat para wisatawan untuk berkunjung ke pantai-pantai di Kabupaten Malang tak lepas dari keberadaan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang semakin memudahkan akses menuju objek yang dahulu hanya dianggap sebagai hidden paradise tersebut. Salah satu pantai yang sangat diuntungkan dengan keberadaan akses jalan tersebut adalah Pantai Parang Dowo. Pasalnya, pantai yang satu ini memang terletak persis di pinggir jalan.

Pantai Parang Dowo atau juga dikenal dengan Pantai Karang Dowo beralamat di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, . Disebut ‘Karang Dowo’ karena terdapat sebuah pengangkatan karang dengan tinggi sekitar 2 meter dan panjang sekitar 1 km yang membatasi bibir pantai dengan lautan lepas. Karang tersebut layaknya tanggul yang menghadang setiap ombak yang datang.

Rute ke Pantai Parang Dowo

Pantai, rute, Parang Dowo, tarif, harga, tiket, penginapan, kendaraan, parkir, biaya, angkutan, Balekambang, jalur, Malang, ombak, berenang
Pulau karang di tenggara pantai

Jika hendak pergi berwisata ke Pantai Parang Dowo bersama rombongan besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan. Dari Kota Malang, arahkan kendaraan Anda menuju ke Gondanglegi, kemudian ikuti petunjuk arah menuju Bantur atau Pantai Balekambang. Sesampainya di perempatan menuju Pantai Balekambang, belok ke kiri, kemudian lanjutkan perjalanan Anda sekitar 3 km. Pantai ini dapat Anda temukan setelah melewati Pantai Ngudel.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Syariah Murah di Jogja

Namun, bila Anda ingin menggunakan angkutan umum, rutenya adalah dari Terminal Arjosari, Malang, naiklah angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Lalu, lanjutkan dengan naik angkutan kota jurusan Bantur. Sesampainya di Bantur, wisatawan bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan perjalanan menuju Pantai Parang Dowo, karena memang belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke pantai tersebut.

Suasana Pantai Parang Dowo

Setibanya di Pantai Parang Dowo, Anda akan disambut deburan ombak yang sangat kencang. Maklum saja, pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia. Namun, Anda tak perlu khawatir jika ingin berenang, karena di belakang tanggul karang alami terdapat laguna yang berisi air laut jernih. Tetapi, untuk bisa berenang di laguna tersebut, Anda perlu menunggu saat pasang.

Lihat Juga:   Tips Wisata Hemat ke Vietnam Ala Backpacker
Pantai, rute, Parang Dowo, tarif, harga, tiket, penginapan, kendaraan, parkir, biaya, angkutan, Balekambang, jalur, Malang, ombak, berenang
Suasana Pantai Parang Dowo

Bagi Anda yang gemar mengabadikan momen dengan berfoto, Anda bisa naik ke atas tanggul karang dan berfoto dengan latar ombak dan pulau karang yang berada di sebelah tenggara. Akan tetapi, saat berfoto, Anda perlu tetap berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

dan di Pantai Parang Dowo

Sama halnya dengan pantai lain di Kabupaten Malang, untuk masuk pantai ini, Anda terlebih dahulu perlu membeli tiket. Tiket tersebut sudah berlaku bagi anak usia di atas 3 tahun. Harga tiket masuk Pantai Parang Dowo dipatok sebesar Rp15.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk parkir kendaraan roda dua. Sementara, jika Anda membawa kendaraan roda empat, Anda harus menambah biaya sebesar Rp10.000 untuk satu mobil.

Selain harus membayar tiket, ada beberapa fasilitas lainnya di Pantai Parang Dowo yang hanya bisa dinikmati dengan membayar terlebih dahulu. Misalnya untuk ke toilet, Anda perlu membayar sebesar Rp2.000. Sementara, untuk menyewa salah satu yang ada di dekat pantai, tarifnya dibanderol mulai Rp250.000 per malam.

Tonton video tentang Pantai Parang Dowo berikut:




Tentang M. Nur Fahmi897 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan