Tiket Masuk Hutan Bambu, Spot Asri dan Instagenic di Surabaya




Hutan Bambu Surabaya (sumber: surabayarollcake.com)
Hutan Bambu Surabaya (sumber: surabayarollcake.com)

Kalau Anda beranggapan bahwa wisata hanya seputar mall dan monumen, Anda sebaiknya lekas-lekas menyingkirkan opini tersebut. Pasalnya, ibukota Jawa Timur juga punya banyak spot wisata yang oke. Kenjeran menjadi nama yang populer, namun ada lagi yang sedang hits, yakni Hutan Bambu. Tanpa dikenakan tiket masuk alias gratis, cuma membayar tarif parkir, spot ini menjadi lokasi yang sejuk serta pas untuk hunting foto yang kece.

Lokasi Hutan Bambu Surabaya

Hutan Bambu Surabaya lebih dikenal dengan nama Hutan Bambu Keputih. Pasalnya, lokasi liburan ini memang berada di kawasan Keputih, tepatnya di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Tidak sulit menemukan objek wisata ini karena letaknya tepat berada di belakang Terminal Keputih.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menempuh Hutan Bambu Surabaya. Anda bisa naik kendaraan pribadi atau menumpang angkutan umum. Namun, secara umum, jalur yang bisa Anda tempuh adalah melalui Jalan Arief Rahman Hakim hingga ke arah Keputih. Selanjutnya, Anda akan menemukan papan petunjuk bertuliskan ‘Terminal Keputih’. Dari titik ini, Anda bisa belok ke kanan dan letak Hutan Bambu persis di seberang terminal.

Alternatif lainnya, Anda bisa menjadikan RS Bersalin Putri sebagai patokan jalan. Dari rumah saki ini, Anda dapat menuju ke arah Perumahan Araya sejauh 2,2 km hingga tiba di pertigaan. Selanjutnya, Anda bisa ambil jalur kanan yang menuju ke Terminal Keputih. Seperti rute sebelumnya, lokasi Hutan Bambu terletak di seberang atau belakang terminal.

Pesona dan Fasilitas Hutan Bambu Surabaya

Pesona Hutan Bambu Surabaya (sumber: travelpaketwisata.com)
Pesona Hutan Bambu Surabaya (sumber: travelpaketwisata.com)

Sebelum menjadi spot yang kece seperti sekarang, Hutan Bambu Surabaya awalnya merupakan tempat pembuangan akhir sejak tahun 1970 silam. Kemudian, Pemerintah Kota Surabaya menutup TPA tersebut sekitar awal milenium ketiga dan memindahkannya ke daerah Benowo. Setelah itu, pemerintah setempat menanam bibit bambu di bekas TPA tersebut, hingga akhirnya tumbuh subur dan menjadi hutan bambu seperti sekarang.

Hutan Bambu Surabaya sendiri memiliki luas lahan sekitar 8,5 hektar dan memiliki empat jalur penjelajahan yang memungkinkan wisatawan untuk menikmati semua spot yang ada. Kontur tanah di sini empuk sekaligus nyaman untuk kaki telanjang sehingga tidak sedikit pelancong yang melepas penat dengan menanggalkan alas kaki mereka, lalu berjalan menapak di bawah pohon bambu yang rimbun. Dengan embusan angin sepoi-sepoi, udara panas khas Surabaya seolah hilang dalam sekejap.

Menurut ulasan wisatawan yang pernah singgah di tempat ini, Hutan Bambu menjadi spot yang oke dan nyaman untuk sekadar bersantai dengan teman, , atau orang terkasih. Lokasinya yang juga berada tidak jauh dari kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadikan tempat ini menjadi area yang pas untuk mahasiswa untuk berlibur, terutama mereka yang tinggal di kawasan Keputih, bahkan di Semolowaru.

Keunikan lain tempat wisata ini adalah punya area yang Instagramable. Pohon-pohon bambu yang tinggi menjulang dan rapat, tentu bakal mengingatkan kita dengan suasana ala film-film kolosal Jepang. Bagi mereka yang hobi berfoto atau penyuka fotografi, dapat menjadikan Hutan Bambu Surabaya sebagai latar belakang yang keren.

Pengunjung Hutan Bambu Surabaya sedang berfoto (sumber: humas.surabaya.go.id)
Pengunjung Hutan Bambu Surabaya sedang berfoto (sumber: humas.surabaya.go.id)

Sebagai sebuah spot liburan, Hutan Bambu Surabaya memang tidak memiliki fasilitas yang terbilang komplet. Meski demikian, di tempat ini, traveler sudah dapat menemukan area bermain dan gazebo. Untuk mereka yang membawa kendaraan pribadi, juga tidak perlu khawatir karena telah tersedia lahan parkir kendaraan untuk mobil maupun sepeda motor.

Tidak hanya Hutan Bambu, di area yang sama, pelancong juga dapat menemukan sebuah taman yang indah, yang terkenal dengan Taman Sakura. Namun, tidak seperti namanya, ternyata tidak akan ditemukan bunga sakura di tempat ini. Pasalnya, sakura hanya dijadikan nama taman, sedangkan jenis bunga yang tersebar antara lain bunga matahari, bunga mawar, dan lainnya.

Selain bunga-bunga yang cantik, di Taman Sakura pun bisa ditemukan pohon bambu. Berbeda dengan Hutan Bambu, tumbuhan bambu di taman ini lebih tertata. Kemudian, di tengah taman, Anda akan menjumpai air mancur yang menjadi ikon taman tersebut. Sementara, di sisi belakang, terdapat semacam tugu yang dipasangi jam dinding. 

Harga Tiket Hutan Bambu Surabaya

Lalu, berapa yang diperlukan untuk bisa rekreasi dan refreshing di Hutan Bambu Surabaya? Ternyata, untuk menikmati spot yang alami, segar, sekaligus Instagenic ini, wisatawan tidak dipungut tiket masuk alias gratis. Traveler cuma perlu membayar tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil atau kendaraan roda empat.

Jika kebetulan Anda berasal dari luar kota dan tidak memiliki sanak saudara atau kenalan di Surabaya, tidak perlu khawatir. Karena, di dekat Hutan Bambu, sudah tersedia banyak penginapan yang dapat Anda jadikan lokasi bermalam. Berikut kami sajikan lengkap deretan yang berlokasi paling dekat dengan Hutan Bambu Surabaya.

Suasana 'dunia lain' di Hutan Bambu Surabaya (sumber: detik.com)
Suasana ‘dunia lain’ di Hutan Bambu Surabaya (sumber: detik.com)

Penginapan Dekat Hutan Bambu Surabaya

Nama PenginapanTarif per Malam
OYO 1040 Ace Jalan Keputih Tegal Timur No. 16, Keputih, Sukolilo, SurabayaRp189.908
Wisma Bougenville Jl. Hidrodinamika I Blok T No. 1, Keputih, Kec. Sukolilo, SurabayaRp220.321
ABR Suite Ko Galaxi Bumi Permai Blok B2 No. 19, Keputih, Kec. Sukolilo, SurabayaRp272.000
Wisma Flamboyan Jl. Hidrodinamika Blok T No. 1, Keputih, Kec. Sukolilo, SurabayaRp292.495

Harga sewa penginapan-penginapan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi hotel dan situs resmi akomodasi. Biaya sewa akomodasi-akomodasi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan atau reservasi Anda. Untuk info lebih detail, Anda bisa langsung datang ke lokasi penginapan.

Lihat Juga:   Info Penginapan/Hotel di Sekitar Gunung Pancar, Bogor




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan