Harga Tiket Kolam Renang Tirta Alam di Malang, Kesegaran Sumber Alami




Kolam Renang Tirta Alam Malang - (YouTube: BerwisataTV)
Kolam Renang Tirta Alam Malang - (YouTube: BerwisataTV)

Di kawasan Kabupaten Malang, banyak bermunculan berbagai wisata alam yang dikelola oleh warga setempat. Tempat wisata Tirta Alam misalnya, kini digandrungi warga lokal karena menyediakan fasilitas kolam renang dengan harga tiket masuk murah meriah. Tidak hanya itu, wahana ini juga membuka pelatihan berenang dengan biaya yang relatif terjangkau.

Lokasi Kolam Renang Tirta Alam

Kolam Renang Tirta Alam sebenarnya merupakan wisata buatan warga yang berada di tengah pemukiman, tepatnya di Desa Sidorahayu, Wagir, Kabupaten Malang. Kolam ini dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi dan telah eksis sejak 2010 silam. Berawal dari sumber air yang mengalir di sekitar lahan milik warga bernama Sugeng, akhirnya lokasi tersebut dibangun menjadi kolam renang dengan nama Tirta Alam. Bukan tanpa alasan, Sugeng sendiri memang suka dan mahir berenang. Selain itu, dia berinisiatif membangun kolam renang sebagai wisata alternatif bagi warga sekitar Desa Sidorahayu.

Kehadiran Tirta Alam ternyata mendapatkan respons positif dari warga sekitar. Bahkan, tersebut dijadikan lokasi pelatihan renang bagi anak-anak di Desa Sidorahayu dan terpantau ramai hampir setiap Minggu. Akhirnya, Sugeng pun menambahkan kolam renang baru berukuran besar dengan fasilitas penunjang lainnya bagi para pengunjung.

Kolam Renang Tirta Alam Malang - (YouTube: BerwisataTV)
Kolam Renang Tirta Alam Malang – (YouTube: BerwisataTV)

Fasilitas Kolam Renang Tirta Alam

Jika dilihat dari depan, bangunannya memang tidak terlalu mencolok. Namun, saat pengunjung masuk ke dalam, barulah terlihat betapa luasnya area kolam renang ini. Kolam Renang Tirta Alam menyediakan dua macam kolam renang untuk pengunjung. Ada dua kolam renang untuk anak-anak yang kedalamannya relatif aman untuk anak usia mulai balita hingga 10 tahun. Ada pula kolam renang untuk orang dewasa. 

Tirta Alam memang mengandalkan sumber mata air alami yang membuat kolam renang tampak selalu jernih. Jika dipakai berenang pun, airnya akan menyegarkan badan. Ini tentu berbeda rasanya saat berenang di kolam renang berkaporit. 

Di sekitar kolam renang, sudah terdapat area datar yang cukup teduh, cocok untuk menggelar tikar sambil membuka bekal makanan dan minuman. Namun, bagi pengunjung yang tidak membawa perbekalan, pihak pengelola juga menyediakan kantin dengan kuliner setempat yang menggugah selera. Fasilitas lahan parkir Kolam Renang Tirta Alam pun memadai dan relatif aman.

Fasilitas lain yang dibutuhkan para pengunjung seperti ganti, kamar mandi, hingga musala juga tersedia di sana. Selain fasilitasnya, suasana rindang di sekitar area kolam renang Tirta Alam bakal membuat pengunjung yang datang merasa semakin rileks. Tak hanya pepohonan hijau, di sana juga ada kolam ikan hias yang banyak disukai anak-anak. Ada pula kandang burung tak jauh dari area kolam renang. 

Meski sederhana, kehadiran kolam renang Tirta Alam tentu menjadi alternatif wisata bagi masyarakat setempat. Banyak yang memberikan review positif di media sosial, yang menyebut Kolam Renang Tirta Alam tergolong tempat wisata merakyat. Bagi Anda yang penasaran, berikut harga tiket masuk Kolam Renang Tirta Alam yang berlaku saat ini.

Harga Tiket Kolam Renang Tirta Alam

KomponenTarif
Tiket MasukRp8.000 per orang
Parkir MotorRp2.000 

Tak hanya bisa menikmati kejernihan kolam renangnya, bagi Anda yang ingin belajar berenang, pihak pengelola juga menawarkan sejumlah paket pelatihan renang dengan kelas berbeda. Biaya latihan renang di Tirta Alam, baik kelas reguler maupun privat, dilaksanakan dengan 8 x pertemuan. Para pengunjung dapat memilih program yang sesuai kebutuhan. Berikut budget yang perlu disiapkan untuk tiket masuk atau program pelatihan renang di Kolam Renang Tirta Alam saat ini.

Tarif Pelatihan Renang di Tirta Alam

KomponenTarif
Pendaftaran Pelatihan Renang Rp50.000 per orang
Pelatihan Renang Kelas Reguler Rp100.000 per bulan
Pelatihan Renang Kelas PrivatRp350.000 per bulan

Rute Menuju Kolam Renang Tirta Alam

Kolam renang Tirta Alam berlokasi di Jl. Sadewa, Dusun Rekesan, Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Untuk menuju lokasi dari arah Kota Malang, Anda dapat melalui beberapa jalur di antaranya Jl. S. Supriadi dan Jl. Raya Bandulan. Jika bingung, Anda dapat mengakses jalur tersebut melalui Google Maps. Jika ingin berkunjung ke Kolam Renang Tirta Alam, Anda disarankan membawa sepeda motor saja karena medan jalan yang sempit dan naik turun.

Selain Kolam Renang Tirta Alam, rupanya Anda dapat menemukan beberapa wisata kolam renang lain di kawasan Wagir, Kabupaten Malang. Seperti Kolam Renang Tirta Alam, -tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas dan rindang pepohonan di sekitarnya. Sebagai bahan referensi, berikut kami sajikan infonya.

Kolam Renang Tirta Alam Malang - (YouTube: BerwisataTV)
Kolam Renang Tirta Alam Malang – (YouTube: BerwisataTV)

Daftar Wisata Kolam Renang Dekat Tirta Alam

Nama WisataAlamat & Nomor Telepon
HK FamilyPoh Bener, Gondowangi, Kec. Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Telp: 0817-0511-224
Aries Swimming Pool Perum. LPK 3, Blok H No. 20, Bunder, Pandanlandung, Kec. Wagir, Kabupaten Malang. Telp: 0851-0156-3000
Kolam Renang GedanganJl. Raya Gondowangi, Gedangan, Gondowangi, Kec. Wagir, Kabupaten Malang. Telp: 0856-8917-094
Kolam Keceh Sumber LanturJl. Mendalanwetan, Mendalan Kulon, Mendalanwangi, Kec. Wagir, Kabupaten
Warna Swimming PoolJl. Ikhwan Ridwan Rais Gg. IX No. 309, Tanjungrejo, Kec. Sukun, Kota Malang. Telp: 0811-3780-987

Untuk kebutuhan liburan dalam waktu yang lama, tentunya Anda juga membutuhkan penginapan terdekat. Namun sayangnya, di kawasan Wagir, terbilang masih jarang ditemukan penginapan. Jika menelusuri di situs online, Anda mungkin akan menemukan satu bernama Homestay Sidomampir yang berlokasi di Genengan, Parangargo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Lihat Juga:   Surabaya Suite Hotel, Hotel Bintang Empat di Pusat Kota Surabaya




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan