Mau Wisata ke Kota Gudeg? Ini Harga Tiket Bus Denpasar-Jogja




Harga Tiket Bus - xframe.io
Harga Tiket Bus - xframe.io

Bali dan Yogyakarta dapat dikatakan sebagai dua tulang punggung pariwisata Indonesia. Karena itu, bagi banyak turis, terutama dari luar negeri, tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Pulau Dewata, tetapi tidak mampir ke Kota Gudeg. Nah, mengakomodasi kebutuhan tersebut, sekarang sudah ada sejumlah bus yang menyediakan perjalanan Denpasar menuju dengan harga tiket yang tentunya jauh lebih terjangkau dibandingkan naik pesawat udara.

Seperti diketahui, dalam kehidupan masyarakat modern, sarana transportasi yang memadai menjadi salah satu poin yang sangat penting. Transportasi sendiri adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke yang terpisah secara geografis.[1] Transportasi ini digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Perhitungan utama transportasi ini adalah bagaimana memindahkan orang ke ruang akhir tertentu dengan biaya paling rendah yang dimungkinkan.[2] Untuk jarak dekat atau hanya di dalam kota, Anda mungkin bisa menggunakan becak, angkutan kota atau mikrolet, atau ojek jika ingin menghemat biaya. Lalu, bagaimana apabila Anda ingin bepergian dengan jarak yang jauh antar-kota bahkan antar-provinsi?

Saat ini, memang sudah ada banyak sejumlah maskapai penerbangan yang menyediakan pesawat untuk mengantarkan Ada bepergian dari satu kota ke kota lain atau dari satu pulau ke pulau lain. Namun, harga tiket penerbangan bisa dikatakan cukup mahal sehingga tidak semua orang mampu membelinya. Sebagai solusi yang lebih hemat, akhirnya banyak yang memilih menggunakan layanan bus.

PO Pahala Kencana - otomotif.kompas.com
PO Pahala Kencana – otomotif.kompas.com

Pilihan Bus Denpasar-

Sekarang, selain menyediakan perjalanan antar-kota di wilayah atau provinsi yang sama, sudah ada banyak bus yang juga mengoperasikan mereka untuk melayani perjalanan antar-kota antar-provinsi atau sering disebut bus AKAP. Bahkan, bukan cuma dalam satu pulau, tetapi juga melintasi antar-pulau, termasuk rute Denpasar-Jogja.

Lihat Juga:   Jadwal dan Update Harga Tiket Kapal ke Pulau Pari

Jika Anda menelusuri kolom pencarian Google, Anda akan menemukan sejumlah bus yang menawarkan perjalanan dari ibu kota Bali menuju Kota Gudeg. Pilihan pertama adalah PO Safari Dharma Raya, sebuah perusahaan transportasi yang berada di bawah naungan PT Safari Dharma Sakti. Perusahaan ini melayani perjalanan masyarakat Tanah Air dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus malam, bus pariwisata, dan ekspedisi paket kilat. Safari Dharma Raya membagi kelas bus menjadi super executive, executive, patas, dan non-AC.

Kemudian, ada PO Pahala Kencana, salah satu bus yang berkualitas dan cocok untuk Anda yang ingin bepergian jauh. Ketika menumpang bus Pahala Kencana, Anda akan merasakan hawa sejuk dari AC di bagian atas tiap bangku penumpang. Di bagian atas kursi, Anda juga akan menemukan lampu tidur yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Jika Anda memesan tiket bus AKAP, Anda akan mendapatkan bantal, selimut, dan makanan ringan selama perjalanan.

Alternatif lainnya adalah PO Gunung Harta yang telah eksis sejak awal dekade 1990-an silam. Dari segi armada, bus Gunung Harta mudah dikenali karena mengusung warna hijau yang mencolok, membuatnya sering disebut dengan nama “Si Hijau dari Pulau Dewata”. Selain formasi kursi yang nyaman, setiap bus dilengkapi AC , audio melalui speaker berkualitas, lampu baca, TV LED 32 inch dan juga TV LED 8 inch privat, area merokok khusus atau smoking room, air suspension, charger USB, dan juga toilet yang bersih.

Dikutip dari berbagai situs pemesanan tiket bus, perjalanan dari Denpasar menuju rata-rata memakan waktu sekitar 17 sampai 18 jam. Biasanya, bus akan bertolak dari Terminal Mengwi, walau ada juga yang berangkat dari garasi masing-masing. Mengenai harga tiket, berikut kami sajikan informasi lengkapnya dalam tabel berikut.

Lihat Juga:   Ingin Naik Busway ke Ancol? Ini Rute Lengkap Bus Transjakarta Menuju Ancol Terbaru
PO Tami Jaya - (twitter: @narendroo)
PO Tami Jaya – (twitter: @narendroo)

Harga Tiket Bus Denpasar-

Nama BusHarga Tiket
PO Safari Dharma RayaEksekutif : Rp275.000
PO Restu MulyaRp280.000
PO MansionRp300.000
PO Gunung HartaRp300.000 – Rp330.000
PO Wisata KomodoRp315.000
PO Tami JayaExecutive : Rp330.000
Suite Class : Rp580.000
PO Pahala KencanaTerminal Mengwi – Kulon Progo : Rp340.000
Terminal Mengwi – Sedayu : Rp340.000
Terminal Mengwi – Sleman : Rp340.000
Terminal Mengwi – Terminal Jombor : Rp340.000
Terminal Mengwi – Janti : Rp340.000
Terminal Mengwi – Giwangan : Rp340.000

Informasi harga tiket bus rute Denpasar menuju Yogyakarta di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk website resmi PO yang bersangkutan dan berlaku untuk satu seat/kursi. Perlu Anda catat bahwa tarif bus Denpasar-Yogyakarta tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Biasanya, harga tiket akan mengalami kenaikan pada peak season seperti libur Lebaran atau pergantian tahun.

Selain menumpang bus, Anda juga dapat memilih menggunakan jasa tour and travel apabila ingin bepergian dari Denpasar ke Yogyakarta, terutama untuk mereka yang tidak cukup nyaman bepergian dengan terlalu banyak orang. Ada sejumlah travel yang telah melayani ini, seperti Galih Putra Tour & Travel yang mematok tarif Rp370 ribuan per orang.

[1] Rahmat, Abdul Rohman Amat dan Alvino Octaviano. 2016. Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web (Studi Kasus pada PO. Harapan Jaya).Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 1(1): 1-11.

[2] Nugroho, Danar Adi dan Siti Malkhamah. 2018. Manajemen Sistem Transportasi Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol. 20(1): 9-16.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan