Harga Tiket & Tempat Pertunjukan Tari Barong di Bali




Tari Barong di Bali - id.m.wikipedia.org
Tari Barong di Bali - id.m.wikipedia.org

barong menjadi salah satu sajian yang wajib Anda saksikan ketika berlibur di Bali, selain tari kecak. Oleh masyarakat Dewata, tari ini dianggap sakral dan menghadirkan kesan mistis. Untuk yang tertarik melihat pertunjukan tari barong, ada beberapa tempat yang bisa dituju, antara lain di Batubulan, Desa Ubud, hingga Budaya GWK (Garuda Wisnu Kencana).

Asal-usul tari barong masih belum diketahui secara pasti. Namun, dari mitologi Hindu, menjelaskan bahwa barong diambil dari kata ‘Bahruang’, yang dalam bahasa Sanskerta merupakan binatang yang dianggap memiliki kekuatan gaib dan sering disebut sebagai pelindung kebaikan. Ada juga yang menyebutkan, tari barong awalnya merupakan perwujudan dari penguasa alam gaib yang ada di Bali. Pada saat itu, masyarakat setempat menggunakan tari barong ini untuk mengusir gangguan makhluk gaib yang ada di sana.

Opini yang lain mengatakan, barong Bali dipercaya sebagai metamorfosis dari barong Ponorogo atau yang lebih dikenal dengan sebutan Reog. Ini dibawa oleh Raja Airlangga saat mengungsi ke Pulau Bali untuk menyelamatkan diri. Selain barong Ponorogo, Raja Airlangga juga membawa seni sastra, aksara Jawa, serta keagamaan.

Tari Barong

  • Barong Ket, adalah barong yang sosoknya menjulang tinggi. Ini adalah tari barong yang paling banyak terdapat di Bali dan paling sering dipentaskan. Barong ini juga memiliki perbendaharaan gerak tari yang paling lengkap. Dari wujudnya, Barong Ket merupakan perpaduan bentuk antara singa, macan, sapi, dan naga.
  • Barong Bangkal, adalah barong yang menyerupai babi dewasa. Di Bali, babi dewasa jantan dinamakan bangkal, sedangkan yang betina dinamakan bangkung. Itu sebabnya barong jenis ini disebut juga dengan Barong Bangkung. 
  • Barong Landung, ditarikan oleh seorang. Ada sebuah lubang di bagian perut barong sebagai celah pandangan sang penari. Di beberapa tempat di Bali, ada juga Barong Landung yang tidak sepasang.
  • Barong Macan, seperti namanya, barong ini menyerupai harimau. Jenis barong ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Bali. Pementasan barong ini sama dengan barong bangkal, yakni ngelawang berkeliling desa. Adakalanya pementasan barong ini dilengkapi dengan dramatari semacam Arja (opera tradisional Bali).
  • Barong Kedingkling, disebut juga Barong Blasblasan. Ada juga yang menyebutnya Barong Nong nong Kling. Secara bentuk, barong jenis ini berbeda jauh dengan barong jenis lainnya. Barong ini lebih menyerupai kostum topeng yang masing-masing karakter ditarikan oleh seorang penari.
  • Barong Gajah, tentu saja menyerupai gajah. Barong ini ditarikan oleh dua orang. Karena barong ini termasuk jenis yang langka dan dikeramatkan, masyarakat Bali pun jarang menjumpai barong jenis ini.
  • Barong Asu, menyerupai anjing. Sama seperti Barong Gajah, Barong Asu juga termasuk jenis barong yang langka.
  • Barong Brutuk, termasuk jenis tarian langka yang ditarikan hanya pada saat-saat khusus. Barong ini memiliki bentuk yang lebih primitif dibandingkan dengan jenis barong Bali yang lain.

    Pertunjukan Tari Barong Batubulan Bali - taribarong.co.id
    Pertunjukan Tari Barong Batubulan Bali – taribarong.co.id

Tempat Pertunjukan Tari Barong

  • Batubulan. Bisa disebut sebagai pusatnya pertunjukan kesenian tari tradisional Bali, berselang sekitar 25 menit berkendara dari Kota Denpasar. Tari barong biasa dipentaskan di sebuah bernama Sahadewa, sebuah sanggar di kawasan Batubulan. Jika tari barong dipentaskan pada pukul 09.30 WITA, maka tari kecak dimulai sore hari, sekitar pukul 18.30 WITA. 
  • Taman Budaya GWK. Biasanya diadakan di sebuah amphitheater dengan kapasitas kurang lebih 800 orang penonton. Selain tari barong, di tempat iconic ini, juga kerap disajikan tari lenggong, tari kecak, tari Garuda Wisnu Kencana, dan jogged bumbung.
  • Desa Ubud. Lebih terkenal dengan spot museum serta Ubud Monkey Forest, Anda juga bisa menonton pertunjukan tari barong di desa ini. Di Ubud, tari barong biasanya dipentaskan di Pura Padang Kerta pada pukul 19.00 WITA setiap Senin, Arma Museum pada pukul 17.300 setiap Jumat, dan Pura Dalem Ubyd pada pukul 19.30 WITA.
  • Desa Budaya Kertalangu. Berada di Denpasar, desa ini memiliki panggung khusus yang ditujukan untuk pertunjukan tari barong. Seperti pertunjukan tari barong di kebanyakan tempat, Desa Budaya Kertalangu juga menyajikan pertunjukan tari barong lengkap dengan tari kecak dan joged bumbung. Namun, pementasan seni di Desa Budaya Kertalangu hanya berlangsung saat ada pesanan atau pengunjung yang datang. 
  • Suwung Kauh Denpasar. Terletak di Denpasar, pentas tari barong di tempat ini biasanya dilakukan setiap hari mulai pukul 09.30 WITA sampai 10.30 WITA. 
  • Waribang Kesiman. Masih berada di Denpasar, ini juga menjadi spot yang bisa didatangi untuk menyaksikan pertunjukan tari barong. Durasi pementasan sekitar satu jam, mulai pukul 09.30 WITA sampai 10,30 WITA setiap harinya. Sebelum pementasan dimulai atau setelah pementasan berakhir, pengunjung diperbolehkan foto dengan penari di sini.
  • Celuk Gianyar. Sanggar Kesenian Putra Barong Celuk menyajikan tempat dengan bangunan yang khas dan unik. Sebelum pertunjukan dimulai, pengunjung bisa berfoto dengan penari wanita. Hasil foto sebelum pertunjukan dimulai nantinya bisa diambil dalam bentuk foto cetak atau gantungan kunci. Pentas tari barong sendiri biasanya dimulai pukul 09.30 WITA.
  • Pura Puncak Payogan. Berada di kawasan Lungsiakan, Ubud, pertunjukan tari barong di tempat ini juga kerap didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara. 
  • Sari Budaya Bali. Selain menyaksikan tari barong, wisatawan juga dapat menonton pentas tari keris atau kris dance di tempat ini. Pengunjung pun diperbolehkan berfoto di photo booth dengan menggunakan kostum khas Bali.

    Barong Dance & Keris Dance Bali - id.pinterest.com
    Barong Dance & Keris Dance Bali – id.pinterest.com

Pertunjukan Tari Barong

Meski diadakan di beberapa yang berbeda, umumnya harga tiket untuk menyaksikan pertunjukan tari barong sama. Wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp100.000 per orang. Namun, ada juga jasa rental atau tour Bali yang menawarkan harga tiket Rp50 ribu hingga Rp65 ribuan per orang jika wisatawan memesan secara online.

Lihat Juga:   17 Tempat Wisata Hits dan Populer di Bandung




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan