Rekomendasi Penginapan di Muara Jawa, Harga Reasonable




Penginapan Handayani - @Afiat Nirmolo
Penginapan Handayani - @Afiat Nirmolo

Anda pernah mendengar daerah bernama Muara Jawa? Ini bukan wilayah di Pulau Jawa, melainkan di , tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara, Timur. Nama Muara Jawa sempat menjadi perbincangan setelah ada rencana pemindahan ibukota Indonesia dari ke Kaltim. Tak hanya itu, Muara Jawa ternyata juga memiliki potensi yang oke meski fasilitas penginapan di kawasan tersebut terbilang belum terlalu banyak.

Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri merupakan salah satu dari 25 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk mulai mengembangkan Gerakan 100 Smart City yang dicanangkan pada Smart City Summit 2017 lalu di Makassar.[1] Kabupaten ini dinilai memenuhi beberapa parameter penilaian, yakni visi, regulasi, sumber daya manusia, serta potensi daerah.[2]

Nah, berbicara mengenai potensi daerah, salah kecamatan di kabupaten tersebut yang ternyata punya potensi wisata yang cukup besar adalah Muara Jawa. Di sini, wisatawan bisa menemukan Pemandian Air Panas Dondang, yang mudah dijangkau serta konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Dalam sehari, pengunjung pemandian ini mencapai 20 hingga 30 orang.

Selain itu, ada pula Festival Kampung Handil, yang bertujuan untuk meningkatkan keragaman nilai seni serta budaya yang ada di Handil. Memang, masih banyak yang belum terjamah di Handil. Nah, dengan diadakannya festival tersebut, diharapkan dapat berperan penting untuk perkembangan dan kemajuan Handil, terutama dalam hal seni dan budaya, bahkan wisata alam dan sejarah.

Sayangnya, walau punya potensi wisata, namun selama ini Muara Jawa lebih populer sebagai daerah industri. Wilayah ini kaya akan sumber daya batubara, serta merupakan daerah penghasil minyak bumi dan gas alam. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian tidak banyak yang dapat ditemukan di kawasan tersebut. Sebagai referensi, berikut penginapan yang dapat Anda temukan di Muara Jawa.

Lihat Juga:   Atria Hotel & Conference Malang, Lokasi Favorit untuk Konferensi

Penginapan Handayani

Anda bisa menemukan tempat bermalam ini di Jalan M. Hatta RT XII Np. 29, Handil III, Muara Jawa, Kutai Kartanegara. Dilansir dari blog resminya, Penginapan Handayani diklaim sebagai akomodasi yang cukup strategis karena berada tidak jauh dari perusahaan besar penghasil minyak bumi dan gas, yakni Total E&P Indonesia dan VICO Indonesia, sehingga cocok untuk para tamu pabrik.

Sebagai sebuah tempat menginap, properti ini menawarkan -kamar yang cukup nyaman, tenang, serta sewa yang sesuai. Kondisi penginapan didesain untuk menciptakan suasana rumah dengan teras, lengkap dengan tempat duduk untuk bersantai bersama rekan kerja, teman, atau anggota . Ada pula tempat makan yang tertata rapi, dengan pemandangan taman hijau.

Menurut ulasan para tamu, walau berbentuk mirip rumahan, namun Penginapan Handayani menyediakan fasilitas serupa hotel berbintang tiga. Karena itu, tidak heran jika tarif yang dikenakan juga setara hotel berbintang, di kisaran Rp250 ribu sampai Rp450 ribuan per malam. Jika Anda berminat mampir, reservasi dapat dilakukan via nomor ponsel 0821 5832 3199.

Penginapan Handayani - @Afiat Nirmolo
Penginapan Handayani – @Afiat Nirmolo

Losmen Primer

Jika biaya sewa Penginapan Handayani Anda rasa masih terlalu mahal, salah satu alternatif yang lebih murah adalah Losmen Primer. Tempat bermalam ini juga terletak di Jalan M. Hatta, Handil 3, Kelurahan Muara Jawa Pesisir, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara. Losmen Primer pun berlokasi relatif dekat dengan Total E&P Indonesia dan VICO Indonesia.

Sayangnya, tidak banyak yang bisa diperoleh mengenai akomodasi ini. Yang jelas, harga sewa kamar di Losmen Primer relatif terjangkau, yakni berkisar Rp110 ribu hingga Rp275 ribuan per malam. Namun, fasilitas yang disediakan bisa dikatakan cukup standar, hanya ranjang, kipas angin atau AC, serta kamar mandi pribadi. Jika Anda butuh lebih detail, bisa menelepon nomor (0541) 691020.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan/Hotel di Klaten Lengkap dengan Tarifnya

Penginapan Lainnya di Muara Jawa

Nama PenginapanTarif per Malam
Penginapan Al-BarruJalan Ahmad Yani, Muara Jawa Pesisir, Muara JawaRp300.000
Penginapan Beringin BaruJalan Ahmad Yani, Muara Jawa Pesisir, Muara JawaRp125.000 – Rp300.000
Penginapan Empat LimaJalan Ahmad Yani, Muara Jawa Pesisir, Muara JawaRp100.000 – Rp150.000
Penginapan BintangJalan Ahmad Yani, Muara Jawa Ulu, Muara JawaRp300.000
Penginapan SerojaJalan Ahmad Yani, Muara Jawa Ulu, Muara JawaRp150.000
Penginapan SrikandiJalan Ahmad Yani 34, Muara Jawa Ulu, Muara JawaRp75.000 – Rp225.000
Penginapan MawarJalan Ahmad Yani RT 19, Muara Jawa Ulu, Muara JawaRp150.000
Penginapan Telaga IndahJalan Ahmad Yani RT 20, Muara Jawa Ulu, Muara JawaRp100.000
Penginapan Putri TanjungJalan Ir. Soekarno-Hatta, Muara Jawa Ulu, Muara JawaRp75.000
Penginapan Surya IndahJalan Ir. Soekarno-Hatta, Muara Jawa Ulu, Muara JawaRp150.000 – Rp250.000
Penginapan RidhoJalan Delima RT 10, Muara Jawa Ulu, Muara Jawa

Tarif sewa kamar penginapan-penginapan di atas kami rangkum dari sejumlah sumber. Perlu diketahui bahwa harga sewa akomodasi-akomodasi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola dan tanggal Anda. Jika membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa datang langsung ke lokasi properti yang diminati.

Penginapan Al-Barru - @Ahmad Amiruddin
Penginapan Al-Barru – @Ahmad Amiruddin

[1]Astuti, Indah Fitri dan Dedy Cahyadi. 2018.  Smart City Kutai Kartanegara dengan Pendekatan Framework Citiasia: Sebuah Kajian Analisis. Sebatik, Vol. 22(2): 219-225.

[2] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan