Harga Penginapan di Pulau Sirandah, Wisata Eksotis di Padang




Penginapan di Pulau Sirandah - westsumateraislands.blogspot.com
Penginapan di Pulau Sirandah - westsumateraislands.blogspot.com

Anda mungkin belum begitu familiar dengan Pulau Sirandah. Ini adalah salah satu pulau yang berlokasi di daerah Barat dan diklaim memiliki pantai dan pemandangan laut yang mengagumkan, yang disebut-sebut setara dengan Maladewa. Dengan makin banyaknya turis yang datang ke sini, di Pulau Sirandah juga telah berdiri penginapan berupa cottage di pinggir pantai.

Pulau Sirandah

Pulau Sirandah merupakan sebuah pulau kecil yang berada di samping Pulau Sikuai. Pulau ini berjarak sekitar 60 km dari Bandara Internasional Minangkabau, atau memakan waktu dua jam berkendara berangkat dari Kota Padang. Merupakan salah satu wisata baru di Padang, pulau dengan luas sekitar 10 hektar ini diproyeksikan menjadi salah satu destinasi unggulan bagi traveler dalam dan luar negeri.

Penginapan di Pulau Sirandah Type Room Warna - www.wisatapulausumbar.com
Penginapan di Pulau Sirandah Type Room Warna – www.wisatapulausumbar.com

Untuk menuju Pulau Sirandah, perlu menumpang kapal atau speedboat. Setidaknya, ada tiga titik keberangkatan yang bisa digunakan untuk menyeberang ke pulau ini. Titik pertama adalah dari Muara Padang, dekat Jembatan Siti Nurbaya. Jika berangkat dari lokasi ini, membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan speedboat.

Kemudian, alternatif lokasi keberangkatan berikutnya adalah dari Pantai Bungus, yang bisa dicapai dengan mobil atau sepeda motor pribadi melalui jalan aspal berjarak kurang lebih 15 km dari Kota Padang. Setibanya di Pantai Bungus, Anda bisa memarkir kendaraan di lokasi yang telah disediakan, lalu menumpang speedboat dengan durasi waktu sekitar 1 jam untuk menyeberang ke Pulau Sirandah.

Opsi selanjutnya adalah dari tempat berkumpul di Desa Pantai Sungai Pisang, berjarak sekitar 7 km ke arah selatan dari Pantai Bungus. Jalan yang ditempuh kendaraan untuk menuju desa tersebut sudah cukup baik, namun belum bisa dilalui bus besar. Setibanya di Pantai Sungai Pisang, Anda bisa memarkir kendaraan di sana, dan perjalanan ke Pulau Sirandah dilanjutkan dengan perahu boat kurang lebih sekitar 30 menit.

Pesona Pulau Sirandah

Layaknya pulau pada umumnya, daya tarik utama Pulau Sirandah adalah pantai yang memiliki pasir landai sehingga nyaman bagi anak-anak. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat hamparan lautan luas dengan debur ombak berwarna biru, yang bakal memanjakan mata Anda. Selain itu, pulau ini juga memiliki bukit yang bisa dijadikan lokasi asyik untuk wahana trekking dan hiking.

Lihat Juga:   Villa Apel Ijo, Penginapan High-Class Tarif Rp1 Jutaan Dekat Museum Angkut

Selain keindahan di permukaan, Pulau Sirandah ternyata juga menyimpan potensi bawah laut yang keren. Pulau ini dikatakan sangat cocok bagi traveler yang gemar diving atau snorkeling. Biota laut dan pesona terumbu karang di Pulau Sirandah menjadi salah satu daya tarik unggulan bagi para pelancong, sehingga semakin hari semakin dilirik oleh wisatawan.

Untuk menarik lebih banyak turis, Pulau Sirandah juga telah dilengkapi dengan sejumlah memadai, salah satunya penginapan. Di pulau ini, wisatawan tidak perlu khawatir akan menginap di mana, karena sudah ada banyak penginapan yang bisa dijadikan lokasi bermalam. Traveler bisa memilih beristirahat di penginapan model cottage, akomodasi khusus , atau bermalam di tenda. Berikut kisaran harga atau sewa penginapan di Pulau Sirandah.

Harga Penginapan di Pulau Sirandah

Tipe PenginapanTarif per Malam (Rp)
Type Room Warna900.000 per orang (minimal dua orang)
750.000 per orang (minimal lima orang)
Room Cottage Kayu1.500.000 per orang (minimal dua orang)
900.000 per orang (minimal lima orang)
Room Backpacker650.000 per orang (minimal dua orang)
550.000 per orang (minimal delapan orang)

Biasanya, harga atau tarif penginapan di Pulau Sirandah ditentukan berdasarkan kebijakan masing-masing agen tour and travel. Jadi, tarif kamar penginapan di Pulau Sirandah bisa berbeda-beda, tergantung agen perjalanan yang Anda gunakan. Ada yang menetapkan tarif lebih , namun ada juga yang menetapkan tarif lebih mahal dari tabel di atas.

Penginapan di Pulau Sirandah Room Cottage Kayu - www.wisatapulausumbar.com
Penginapan di Pulau Sirandah Room Cottage Kayu – www.wisatapulausumbar.com

Saat ini, memang banyak agen tour and travel yang menyediakan jasa perjalanan atau liburan ke Pulau Sirandah. Ada beberapa agen yang menyediakan layanan paket One Day Tour, namun tidak sedikit yang menyediakan layanan atau paket bermalam. Berikut kisaran harga paket tour atau perjalanan ke Pulau Sirandah, yang kami rangkum dari beberapa agen perjalanan.

Lihat Juga:   Tiga Srikandi di Sekeliling UGM: Losmen Srikandi, The Srikandi Hotel, Hotel Srikandi Baru

Harga Paket Tour Pulau Sirandah

Jenis PaketHarga (Rp)
One Day TourPulau Sirandah – Pagang : 260.000 per orang
Pulau Sirandah – Suwarnadwipa : 270.000 per orang
Pulau Sirandah – Pasumpahan : 250.000 per orang
Paket Menginap 1 Malam Type Color Room750.000 per orang (minimal 6 orang)
700.000 per orang (minimal 12 orang)
650.000 per orang (minimal 25 orang)
6000.000 per orang (minimal 50 orang)
Paket Menginap 1 Malam Backpacker Room700.000 per orang (minimal 6 orang)
600.000 per orang (minimal 12 orang)
550.000 per orang (minimal 50 orang)

 

  • Harga paket One Day Trip di atas sudah termasuk kapal boat pulang-pergi, masuk ke pulau, jaket pelampung, makan siang (nasi bungkus/kotak) plus air mineral, coffee break, snorkeling + foto underwater, tempat parkir dan bilas, P3K, pemandu/guide, dan free banana boat.
  • Harga paket menginap 1 malam sudah termasuk tiket kapal boat pulang-pergi, penginapan sesuai paket, tiket masuk Pulau Sirandah, makan 3 kali, coffee break dan buah, masker snorkeling, banana boat, dokumentasi foto underwater, BBQ, pelampung, guide, dan asuransi.

Sayangnya, meski menyimpan pesona alam yang keren, namun kabar terbaru mengatakan bahwa objek wisata di Pulau Sirandah akan ditutup. Dikutip dari beberapa media online, Pemerintah Kota Padang akan menutup objek wisata bahari di Pulau Sirandah karena tidak memiliki izin operasional. Selain menutup, Pemerintah Kota Padang juga akan mengambil alih secara langsung, dengan tujuan untuk menata ulang agar lebih menarik wisatawan dan jauh dari perilaku maksiat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*