Pilihan Terbatas, Ini Rekomendasi Penginapan di Muaro Jambi




Candi Muaro Jambi (sumber: wikipedia)
Candi Muaro Jambi (sumber: wikipedia)

Anda mungkin belum terlalu familiar ketika mendengar nama Muaro Jambi. Ini adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jambi. Untuk mereka yang doyan sejarah, kawasan ini menawarkan sejumlah , seperti Muaro Jambi dan Gedong II. Selain itu, ada pula Lubuk Penyengat yang terkenal sebagai murah. Sayangnya, masalah akomodasi, penginapan yang dapat Anda temukan di daerah ini masih terbilang minim.

Berbicara mengenai potensi wisata di Muaro Jambi, nama paling populer tentu saja Candi Muaro Jambi. Ini adalah situs purbakala yang diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-9 Masehi ketika masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya.[1] Situs Candi Muaro Jambi sendiri terletak di sebuah kompleks percandian yang totalnya diperkirakan mencapai 82 candi, beberapa masih berupa gundukan tanah (menapo).

Kompleks Candi Muaro Jambi dikatakan sebagai sebuah kompleks percandian agama Buddha terluas di Asia Tenggara, yang membentang dari barat ke timur di tepi Sungai Batanghari dengan luas sekitar 260 hektar. Pada tahun 2007, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan kompleks ini sebagai kawasan wisata sejarah terpadu (KWST). Selain itu, Candi Muaro Jambi juga telah masuk world heritage UNESCO sejak tahun 2009.[2]

Objek wisata Lubuk Penyengat (sumber: tribunnews.com)
Objek wisata Lubuk Penyengat (sumber: tribunnews.com)

Jika Anda tidak terlalu menyukai wisata sejarah dan cenderung ingin menjelajah , bisa langsung meluncur ke Lubuk Penyengat yang berlokasi di Desa Baru, Kecamatan Maro Sebo, Muaro Jambi. Ini adalah salah satu spot liburan favorit banyak wisatawan lokal karena punya harga tiket yang murah. Lubuk Penyengat menyulap kawasan sungai menjadi ekowisata, lengkap dengan fasilitas seperti miniatur rumah khas Jambi, toko cenderamata, hingga jajanan tradisional.

Lihat Juga:   Curug Bayan, Keindahan di Tengah Hutan Kawasan Baturraden

Masih seputar wisata alam, lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah Sungai Simpur. Juga terletak di Desa Baru, Kecamatan Muaro Sebo, Muaro Jambi, wisatawan dapat mencoba menyusuri rawa dan sungai menggunakan perahu kecil, berfoto dengan gorila buatan yang dibentuk dari ijuk, atau beristirahat di rumah pohon. Untuk berwisata, pelancong cukup membayar tiket sebesar Rp5.000 per orang.

Sayangnya, ketika berkunjung ke Muaro Jambi, agak sulit menemukan tempat bermalam. Pasalnya, kabupaten ini memang belum dilengkapi fasilitas yang memadai, mungkin karena angka kunjungan wisatawan dari luar daerah belum terlalu banyak. Bahkan, menurut data BPS Kabupaten Muaro Jambi tahun 2019, hanya ada satu kelas melati di kawasan ini.[3] Sebagai referensi, berikut penginapan yang berada di Muaro Jambi.

Homestay Uju

Tempat bermalam ini dapat Anda temukan di Jalan Candi Muaro Jambi RT 04, Dusun Sungai Melayu, Muaro Sebo, Muaro Jambi. Lokasi Homestay Uju hanya berselang 2,96 km menuju Komplek Candi Muaro Jambi. Jika Anda hendak berbelanja ke WTC Batanghari, jarak dari akomodasi berkisar 13,46 km, sedangkan perjalanan menuju Taman Budaya Jambi sekitar 17,5 km.

Fasilitas kamar Homesaty Uju, Muaro Jambi (sumber: traveloka)
Fasilitas kamar Homesaty Uju, Muaro Jambi (sumber: traveloka)

Sebagai tempat menginap, Homestay Uju sudah menyiapkan setidaknya 14 unit kamar Twin dengan berkisar Rp204 ribuan per malam. Memiliki harga yang relatif murah, jangan berharap Anda akan mendapatkan fasilitas mewah. Saat bermalam, Anda hanya akan mendapatkan fasilitas ranjang twin, sarapan gratis, meja, kipas angin, kamar mandi bersama, yang semuanya didominasi material kayu. Apabila tertarik, reservasi dapat dilakukan via situs online.

Lihat Juga:   Cemara’s Homestay, Akomodasi Paling Dekat dengan BNS

Jika Anda tidak cukup nyaman menginap di Homestay Uju, ada sejumlah akomodasi lain yang berlokasi tidak jauh dari Muaro Jambi. Alternatif pertama adalah Luminor Hotel Jambi yang beralamat di Jalan Mpu Gandring No. 72, Solok Sipin, Kota Jambi. Tempat inap ini hanya berjarak sekitar 2 km menuju Candi Muaro Jambi, WTC Batanghari, serta Taman Budaya Jambi. Tarif kamar Deluxe Rp455 ribuan per malam, biaya sewa kamar Executive berkisar Rp600 ribuan per malam, dan harga sewa kamar Suite Rp1 jutaan per malam.

Alternatif lainnya adalah Shang Ratu Hotel yang berada di Jalan Slamet Riyadi No. 24 Sungai Puteri, Broni, Telanaipura, Kota Jambi. Akomodasi ini berjarak sekitar 1,77 km menuju Taman Budaya Jambi dan 2,2 km menuju Kompleks Candi Muaro Jambi. Jika berminat, tarif kamar Superior mulai Rp370 ribuan per malam, sedangkan biaya sewa kamar Deluxe mulai Rp460 ribuan per malam.

[1] Meilania dan Harlia Febrianti. 2019. Pelestarian Candi Muaro Jambi Sebagai Benda Cagar Budaya dan di Provinsi Jambi.  Jurnal V-Tech (Vision Technology), Vol. 2(1): 99-109.

[2] Ibid.

[3] Badan Pusat Statistik Kabupaten Muaro Jambi. 2019. Statistik Daerah Kabupaten Muaro Jambi 2019. Jambi: Badan Pusat Statistik Kabupaten Muaro Jambi.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan