Pilihan dan Harga Penginapan di Fatumnasi Dekat Tempat Wisata




Kawasan wisata Fatumnasi (sumber: kompasiana)
Kawasan wisata Fatumnasi (sumber: kompasiana)

Fatumnasi merupakan desa wisata yang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT dengan cagar alam di Kaki Gunung Mutis. Selain memiliki tempat rekreasi alam, di desa wisata ini sudah terdapat beberapa penginapan dengan fasilitas lengkap dan harga sewa relatif terjangkau untuk mengakomodasi para wisatawan.

Termasuk salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan pencinta alam, Fatumnasi memiliki pemandangan dan pegunungan. Keadaan alam sekitar yang masih sangat asri membuat udara di desa ini terasa sangat sejuk. Selain itu, di sepanjang jalan menuju daerah ini terdapat pepohonan yang rindang dan tanaman berbunga.

Sebagai desa wisata, Fatumnasi terbilang cocok bagi Anda yang sedang berencana bersama keluarga. Tak hanya berfoto dan menikmati pemandangan alam sekitar, Anda bisa piknik keluarga di spot yang sudah disediakan. Rata-rata tempat piknik ini berada di pinggir hutan kecil dan area persawahan dengan gazebo atau pondokan beratap rumbia.

Sebagai tips, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Desa Fatumnasi lebih dari sehari, carilah yang menawarkan fasilitas lengkap, sehingga Anda betah berada di desa tersebut dan nyaman saat berlibur. Berikut adalah referensi penginapan di Fatumnasi beserta fasilitasnya.

Lopo Mutis Homestay

Lopo Mutis Homestay (sumber: cumaps.net)
Lopo Mutis Homestay (sumber: cumaps.net)

Lopo Mutis Homestay berada di Kuanoel, Fatumnasi, NTT dan berselang dua menit menuju Hutan Bonsai Alam Mutis Fatumnasi menggunakan kendaraan bermotor. Sementara itu, dari penginapan menuju Pasar Fatumnasi, Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar satu menit berkendara.

Penginapan ini didirikan di atas bukit, sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit. Didirikan pada tahun 2010 dengan empat bangunan beratap alang-alang, gaya bangunannya mampu menunjukkan ciri khas budaya lokal. Meskipun terbilang cukup sederhana, ini termasuk laris dan hampir tak pernah sepi. Jumlah tamu yang menginap di homestay ini terus meningkat dari tahun 2017 dengan jumlah tamu 160 orang, naik pada tahun 2018 menjadi 173 orang, hingga menjadi 180 orang pada tahun 2019.[1]

Lihat Juga:   Daejeon Batu, Guest House Gress dengan Lokasi Strategis

Hingga saat ini, Homestay Lopo Mutis aktif menerima para turis yang akan menginap. Supaya wisatawan betah, pihak penginapan memberikan fasilitas publik yang lengkap untuk tamunya. Fasilitas yang dimaksud antara lain padang rumput yang luas, spot parkir, tempat bersantai, area bebas merokok, area khusus merokok, dan kamar mandi.

Ada juga dapur dan ruang makan yang dipakai bersama dengan pemilik homestay. Dapur ini terkesan sederhana dan terbilang masih mengusung konsep tradisional dengan kompor tungku dan cerobong asap. Namun, disediakan pula kompor gas yang bisa Anda pakai sewaktu-waktu.

Sementara itu, kamar-kamarnya berbentuk seperti pondok dengan atap alang-alang dan tembok kayu. Bagian dalam kamar dibekali dengan meja kecil, single/double bed, bantal, selimut, tempat sampah, dan set meja rias. Setiap kasur atau bed diletakkan di atas ranjang dengan kelambu anti nyamuk berwarna putih dan berenda. Ada juga set kursi dan meja santai yang diletakkan di depan kamar sebagai penanda area bersantai pribadi.

Lalu, berapa harga sewa kamarnya? Menurut review pelancong yang pernah menginap, setidaknya turis harus membayar tarif sewa kamar mulai Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per malam. Biaya ini tentunya belum termasuk makan siang dan snack, serta tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan secara langsung di lokasi atau menghubungi pihak melalui telepon di nomor 0852 3989 0563.

Cottage Isu Fainman

Cottage Isu Fainman (youtube: step imagine)
Cottage Isu Fainman (youtube: step imagine)

Cottage Isu Fainman terletak di Kuanoel, Fatumnasi, NTT dan berselang delapan menit menuju Wisata Batu Marmer menggunakan kendaraan bermotor. Sementara itu, dari penginapan menuju Panorama Alam Tunua, Anda memerlukan waktu tempuh sekitar lima menit berkendara.

Lihat Juga:   Wisma Bungur, Hotel Rp 100 Ribuan di Jakarta dengan Fasilitas Komplit

Mengusung konsep tradisional, setiap kamar di penginapan ini berbentuk seperti rumah tradisional khas NTT, yakni bangunan pondok kayu dengan atap ilalang dan rumbia. Sementara itu, dindingnya terbuat dari kayu dan bambu. Selain terbilang unik untuk dijadikan tempat inap, ini sering dijadikan sebagai spot berfoto. Setiap bangunan kamar dikelilingi dan pepohonan rindang. Selain itu, karena dibangun di atas bukit, Anda bisa menyaksikan keindahan alam sekeliling bangunan.

Fasilitas umum yang ada di Cottage Isu Fainman di antaranya taman, area piknik, spot jogging, tempat bebas merokok, spot khusus merokok, ruang bersantai, dapur, dan toilet. Sementara itu, kamar-kamar di cottage ini dibekali dengan tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, dan set meja rias.

Mengenai biaya sewa, sayangnya Anda baru bisa mengetahui tarif sewa kamar Cottage Isu Fainman saat melakukan reservasi. Anda bisa melakukan pemesanan kamar secara langsung di lokasi atau menghubungi pihak melalui telepon di nomor 0812 3721 6034.

Selain menginap di di atas, Anda juga bisa bermalam di rumah adat kawasan Gunung Mutis, Desa Fatumnasi. Terdapat 15 rumah adat atau umay bubu yang bisa Anda sewa ketika berwisata ke Fatumnasi. Harga sewa rumah adat ini tidak terlalu mahal, yakni Rp100 ribu per malam untuk wisatawan domestik dan Rp200 ribu per malam untuk turis asing.

[1] Lasibey, Ariance Ana. 2020. Pengelolaan Homestay Lopo Mutis di Desa Wisata Fatumnasi. Jurnal Pariwisata Politeknik Negeri Kupang, Vol. 3(1): 43-51.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan