Referensi Penginapan di Danau Singkarak, Harga Reasonable




OYO 882 Puri Gevana Guest House - www.oyorooms.com
OYO 882 Puri Gevana Guest House - www.oyorooms.com

Jika Utara memiliki Danau Toba, maka Sumatera Barat punya Danau Singkarak, yang merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera. Punya pemandangan yang eksotis, danau ini bisa menjadi alternatif yang menarik apabila Anda hendak melakukan kunjungan ke Sumatera Barat. Sayangnya, tidak seperti Danau Toba yang didukung penginapan berlimpah, di sekitar Danau Singkarak, masih minim ditemukan akomodasi.

Danau Singkarak membentang di sepanjang Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera barat. Punya luas sekitar 107,8 km2, danau ini merupakan hulu dari sungai atau Batang Ombilin, yang terbentuk dari proses tektonik yang dipengaruhi Sesar Sumatera. Di kawasan Solok, Danau Singkarak menjadi salah satu destinasi wisata danau air tawar unggulan, selain Danau Kembar dan Danau Maninjau.[1]

Tak hanya untuk tempat liburan, danau ini juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Danau Singkarak menjadi salah satu habitat beberapa hewan endemik, seperti ikan rinuak, ikan sasau, dan ikan bilih, yang merupakan sumber mata pencaharian masyarakat setempat sebagai nelayan.[2] Di samping itu, air dari Danau Singkarak pun digunakan sebagai sumber energi bagi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Apabila Anda datang dari luar daerah dan ingin menikmati keindahan Danau Singkarak lebih dari satu hari, Anda memang harus bermalam. Sayangnya, pilihan penginapan di kawasan Danau Singkarak terbilang masih minim. Menurut penelusuran penulis, hingga artikel ini tayang, tempat menginap yang berlokasi dekat dengan Danau Singkarak tidak sampai lima unit. Apa saja akomodasi tersebut dan berapa harga sewanya?

Singkarak Sumpur

Penginapan ini beralamat di Jalan Sumpu Sumani (Kampung Minang), Sumpur, Danau Singkarak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Singkarak Sumpur Hotel merupakan salah satu akomodasi terdekat dari Danau Singkarak. Bahkan, hotel ini menawarkan pemandangan Danau Singkarak, plus gugusan Bukit Barisan yang membentang luas.

Lihat Juga:   Ingin Masuk Kampung Coklat Blitar? Cukup Bayar Tiket Rp 5.000

Menurut ulasan sejumlah tamu yang sempat menginap, sebagai tempat bermalam, Singkarak Sumpur Hotel sudah didukung dengan fasilitas yang memadai. Di sini terdapat kolam renang dengan air yang konon diambil langsung dari pegunungan. Terdapat pula tempat makan dan bersantai, akses Wi-Fi gratis, balkon dengan view Danau Singkarak, IDD telephone, AC, dan tentu saja ranjang sebagai tempat beristirahat.

Lalu, berapa yang diperlukan untuk bisa menginap di tempat ini? Menurut bocoran pengunjung, Standard Room sekitar Rp300 ribuan per malam, sedangkan harga sewa Deluxe Room berkisar Rp500 ribuan. Jika tamu membutuhkan extra bed, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp150 ribuan. Apabila Anda tertarik menginap di tempat ini, dapat dilakukan langsung di lokasi.

Singkarak Sumpur Hotel - sumbar.travel
Singkarak Sumpur Hotel – sumbar.travel

Hotel Palapa Prima

Alternatif akomodasi lainnya yang berada dekat dengan Danau Singkarak adalah Hotel Palapa Prima. Penginapan ini dapat Anda temukan di Tikalak, X Koto, Singkarak, Solok, Sumatera Barat. Lokasi Hotel Palapa Prima terletak tepat di pinggir Danau Singkarak. Selain itu, tempat inap ini juga berada tidak jauh dari Bukit Cinangkiak, spot populer untuk melihat pemandangan Danau Singkarak dari atas.

Jika Singkarak Sumpur Hotel mengusung desain arsitektur khas rumah adat Sumatera Barat, maka penampilan Hotel Palapa Prima tidak jauh berbeda dengan akomodasi sejenis. Dinding eksterior penginapan dibalut dengan warna kuning tua, berpadu tulisan ‘Hotel Palapa Prima’ berwarna merah yang cukup besar. Tidak mengherankan jika bangunan hotel ini tampak mencolok dibandingkan gedung di sekitarnya.

Untuk mengakomodasi wisatawan yang ingin menginap, Hotel Palapa Prima sudah dilengkapi dengan setidaknya 55 unit kamar. Masing-masing kamar di tempat ini memiliki fasilitas seperti televisi, AC, kamar mandi pribadi plus air panas dan air dingin, hingga akses Wi-Fi gratis. Sementara, fasilitas umum yang ditawarkan mencakup restoran dan ruang meeting berkapasitas hingga 250 orang. Untuk tarif sewa kamar per malam, Anda bisa datang langsung ke lokasi.

Lihat Juga:   Griya Pradipa Angel, Guest House Murah dengan Pelayanan Ramah Dekat Museum Angkut
Hotel Palapa Prima - sumbar.travel
Hotel Palapa Prima – sumbar.travel

Penginapan Dekat Danau Singkarak

Nama PenginapanJarak ke Danau SingkarakTarif per Malam
Hotel Satria Syariah Batusangkar17,92 kmEconomy Room : Rp168.000
Main Room : Rp210.000
VIP Room : Rp260.000
OYO 3382 Kaha Residence Syariah18,52 kmStandard Twin : Rp197.961
Standard Double : Rp197.961
Deluxe Double : Rp219.957
OYO 882 Puri Gevana Guest House18,53 kmStandard Double : Rp344.377
Deluxe Double : Rp413.253
Suite Triple : Rp774.850
Pagaruyung Hotel Batusangkar19,43 kmStandard Twin : Rp330.000
Standard Double : Rp330.000
Deluxe Double : Rp352.000
Emersia Hotel and Batusangkar19,45 kmExecutive Room : Rp1.300.000
Rachella 19,51 kmMulai Rp169.999
Emer One Hotel Batusangkar19,68 kmSuperior Terrace : Rp375.000

Harga sewa kamar penginapan-penginapan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs booking online. Perlu Anda catat bahwa biaya sewa akomodasi-akomodasi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan. Biasanya, tarif akan naik drastis saat memasuki musim liburan dan pergantian tahun.

[1] Fitri, Risnawati. 2016. Pengembangan Objek Wisata Danau Kembar di Kabupaten Solok. Jurnal Spasial, Vol. 3(2): 47-53.

[2] Amanda, Finga Fitri, Abdul Ghofur, Ibrohim. 2016. Studi Rekruitmen dan Eksploitasi Ikan Bilih di Danau Singkarak Sumatera Barat. Proceeding Biology Education Conference, Vol. 13(1): 701-703.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan