Informasi dan Harga Penginapan di Cibatu, Garut




Saung Sawargi - travel.detik.com
Saung Sawargi - travel.detik.com

Mungkin Anda pernah mendengar daerah bernama Cibatu. Ini adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Garut yang berada di jalur provinsi dan ternyata punya potensi wisata yang cukup oke. Cibatu juga memiliki sebuah yang melayani tujuan Purwakarta dan beberapa rute jarak jauh. Sayangnya, wilayah ini belum didukung dengan fasilitas penginapan yang memadai.

Seperti disampaikan di atas, Cibatu adalah kecamatan di Kabupaten Garut yang berbatasan dengan Kecamatan BI Limbangan di utara, Kecamatan Kersamanah di sisi timur, Kecamatan Sukawening di sebelah barat, dan Kecamatan Leuwigoong dan Kecamatan Cibiuk di sisi selatan. Daerah ini cukup terkenal di Jawa Barat lantaran punya yang melayani perjalanan lokal dan jarak jauh.

Selain itu, Cibatu ternyata juga menyimpan sejumlah potensi wisata yang menarik. Apabila Anda kebetulan mampir ke tempat ini, Anda tidak boleh melewatkan untuk sajian Lais. Juga bisa ditemukan di Cianjur dan Tasikmalaya, Seni Lais adalah seni pertunjukan dengan sajian utama kemahiran dalam melakukan berbagai ketangkasan seperti berjalan di atas tali, menggantungkan tubuh pada seutas tali, dan melilit tubuh dengan tali pada ketinggian 15 meter.[1]

Apabila Anda suka dengan wisata alam, Anda bisa mampir ke Silayung Park, yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu. Diresmikan pertama kali pada tahun 2019 lalu, Silayung Park cocok bagi mereka yang suka dengan wisata pegunungan, karena selain punya pemandangan elok, juga gundukan ‘bebatuan aneh’ yang diduga merupakan peninggalan zaman manusia purba.

Lihat Juga:   Lokasi Villa Murah di Lembang Buat Keluarga Maksimal Kapasitas 10-12 Orang

Untuk mereka yang tertarik berwisata ke Cibatu, akses ke kecamatan ini cukup mudah, karena Anda bisa menggunakan kereta api atau transportasi umum lainnya. Sayangnya, untuk yang datang dari jauh, fasilitas di Cibatu hingga artikel ini ditayangkan masih minim. Sebagai referensi, berikut informasi akomodasi yang berada dekat dengan kawasan Cibatu, Garut.

Saung Sawargi

Akomodasi ini beralamat di Jalan Ade Irma Suryani, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Lokasi Saung Sawargi memang terletak cukup jauh dari kota. Namun, hal tersebut yang menjadi kelebihan ini. Menawarkan suasana desa, panorama yang alami, dan udara yang sejuk, Saung Sawargi diklaim dapat membuat pengunjung betah dan bisa menikmati santainya liburan yang mereka jalani.

Secara tampilan, properti ini mengusung desain bangunan khas rumah-rumah zaman dahulu. Ornamen kayu mendominasi bangunan villa, yang menghasilkan penampilan natural dan asri. Dilansir dari akun Twitter resmi penginapan, Villa Saung Sawargi juga sudah dilengkapi fasilitas yang cukup lumayan, termasuk tiga kamar, empat kamar mandi (tiga di setiap kamar dan satu di dapur), dapur (termasuk kompor, peralatan masak, dan peralatan memasak), serta jogging track.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa menginap di tempat ini? Sayangnya, belum ada bocoran mengenai tarif sewa villa di Saung Sawargi. Namun, melihat fasilitas yang ditawarkan, harga sewa Saung Sawargi kemungkinan berada di kisaran Rp500 ribu hingga Rp800 ribuan per malam. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail, Anda bisa menghubungi nomor telepon (021) 8430 1563.

Lihat Juga:   Villa Putih, Akomodasi Ikonik di Songgoriti
Saung Sawargi - travel.detik.com
Saung Sawargi – travel.detik.com

Sawah Lega Hegar Resort

Anda dapat menemukan ini di Maripari, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut. Jarak Sawah Lega Hegar Resort relatif dekat dengan Cibatu karena memang berbatasan langsung. Dari arah Kota Bandung, Anda bisa menuju Cileunyi, kemudian diteruskan ke Jalan Kresek-Cibatu, lalu belok kiri ke Jalan Arif Rahman Hakim, dan diteruskan ke Jalan Raya Cihuni-Cibatu. Setelah itu, Anda akan menemukan petunjuk menuju Jalan Sukawening.

Sebenarnya, Sawah Lega Hegar Resort lebih terkenal sebagai sebuah restoran. Namun, tempat ini juga menyediakan villa yang dapat digunakan untuk bermalam. Apabila wisatawan hendak menginap di villa yang disediakan pengelola, menurut bocoran sejumlah tamu, tarif yang harus dibayarkan sekitar Rp800 ribuan per malam. Tentu saja, harga sewa villa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Apabila Anda membutuhkan referensi lain yang tidak terlalu jauh dari kawasan Cibatu, Anda mungkin dapat meluncur ke OYO 900 Villa Buleud yang berlokasi di Jalan Jati No. 16, Tarogong Kaler, atau berselang 11 km menuju Cibatu. Alternatif lainnya adalah Hotel Santika Garut yang berada di Jalan Cipanas Baru atau berjarak 12 km, dan Hotel Agung Permata Artha yang berselang 12,3 km menuju Cibatu.

Sawah Lega Hegar Resort Garut - @Iyus Rustandi
Sawah Lega Hegar Resort Garut – @Iyus Rustandi

[1] Septiani, Ayu dan Asri Soraya Afsari. 2018. Regenerasi Pemerolehan Lais di Padepokan Lais Pancawarna Kampung Sayang Desa Cibunar Kecamatan Cibatu Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), Vol. 1(1): 37-47.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan