Referensi dan Harga Penginapan di Desa Butuh, Kaliangkrik




Omah Bening Homestay - @Ahmad S
Omah Bening Homestay - @Ahmad S

Jika Anda ingin merasakan panorama serasa di Nepal atau Himalaya, Anda mungkin bisa langsung meluncur ke Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten . Pasalnya, di daerah ini, terdapat Dusun Butuh, yakni sebuah desa yang punya pesona mirip dengan Pegunungan Himalaya. Masalah penginapan pun tidak perlu khawatir karena Anda bisa menyewa beberapa rumah penduduk setempat yang telah disulap sebagai homestay.

Diakui atau tidak, selama ini sebagian besar hanya mengenal Candi Borobudur sebagai objek di Magelang dan Jawa Tengah, sehingga tujuan terkonsentrasi di tersebut.[1] Nah, untuk mengatasi kejenuhan turis akan wisata percandian, saat ini mulai dikembangkan potensi wisata lain, termasuk desa wisata sebagai wisata andalan dan alternatif tujuan .

Desa wisata sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya biasanya masih memiliki tradisi dan yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian, dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata.[2]

Pesona Desa Butuh

Nah, apabila Anda mencari desa wisata oke di Magelang, Anda bisa langsung meluncur ke Dusun Butuh, Desa Temanggung, di Kecamatan Kaliangkrik. Berada di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan , Desa Butuh merupakan salah satu desa tertinggi di Magelang yang berada di kaki Gunung Sumbing dan sering dikatakan punya pemandangan mirip Pegunungan Himalaya.

Saat Anda rekreasi ke wilayah ini, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan rumah-rumah yang berjejer rapi dan seolah bertingkat di bawah lereng gunung. Sebelumnya, tempat ini merupakan ladang pertanian warga, sehingga bangunan rumahnya menjadi mengikuti kontur lahan. Yang unik, tata letak bangunan mirip anak tangga, karena awalnya terbentuk dari terasering dan berada di tempat yang tinggi. Karena keindahan tersebut, dusun ini akhirnya menjadi perbincangan hangat di media sosial sekitar tahun 2019 lalu.

Lihat Juga:   Asri Homestay Syariah Malang, Penginapan Murah Dekat Toko Oleh-Oleh Lancar Jaya

Untuk mereka yang kebetulan datang dari luar kota dan membutuhkan tempat , tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, meskipun jumlahnya memang tidak terlalu banyak, sudah ada beberapa rumah penduduk yang disulap menjadi homestay dan cocok dijadikan lokasi beristirahat. Tarif yang ditawarkan bervariasi, tetapi umumnya cukup ramah di kantong.

Homestay Wanto Murah

Penginapan ini terletak di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Homestay Wanto mengusung bangunan yang cukup besar untuk sekelas homestay, dua lantai, dengan balutan warna cokelat muda di dinding luarnya. Menginap di tempat ini, wisatawan dapat menyaksikan panorama oke Dusun Butuh, termasuk Gunung Sumbing, secara lebih leluasa tanpa terhalang bangunan tinggi.

Sebagai sebuah akomodasi, Homestay Wanto sudah didukung dengan sejumlah yang memadai. Pengelola sudah menyiapkan balkon di lantai dua untuk bersantai para tamu serta ruang ibadah yang cukup lapang. Sementara itu, kamar-kamarnya didukung dengan ranjang yang cukup nyaman serta karpet untuk memberikan kesan hangat. Dengan tarif Rp300 ribuan per malam, reservasi dapat dilakukan dengan menghubungi nomor ponsel 0896 5871 2697.

Homestay Wanto Murah - @Homestay Wanto Murah
Homestay Wanto Murah – @Homestay Wanto Murah

Omah Bening Homestay

Tempat inap ini juga berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Magelang. Omah Bening Homestay bisa menjadi alternatif tempat bermalam yang menyenangkan lantaran punya fasilitas yang lumayan memadai serta kondisi kamar yang bersih dan rapi. Selain itu, harga sewa kamar akomodasi ini juga dikatakan tidak akan membuat kantong wisatawan jebol.

Lihat Juga:   Keren dan Unik, Ini Rekomendasi Penginapan Tenda di Bogor

Punya bangunan dua lantai, pelancong berkesempatan menikmati panorama Dusun Butuh dari lantai atas atau balkon dengan lebih leluasa. Sementara itu, untuk kamar-kamarnya, sudah didukung fasilitas seperti tempat tidur, karpet, serta meja dan cermin rias. Selain itu, ada pula ruang bersantai dan dapur yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Untuk mengetahui tarif kamar di tempat ini, silakan menghubungi nomor ponsel 0831 0574 6415.

Omah Bening Homestay - @Ahmad S
Omah Bening Homestay – @Ahmad S

Shakila Homestay

Pilihan penginapan lainnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik adalah Shakila Homestay. Menurut ulasan para pengunjung yang pernah menginap di tempat ini, Shakila Homestay dikatakan sebagai sebuah akomodasi yang bersih dan cukup nyaman. Pemiliknya juga melayani dengan ramah, serta disediakan air panas dan camilan setiap hari.

Punya bangunan dua lantai, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Dusun Butuh di lantai atas atau balkon. Tidak hanya itu, penginapan ini juga sudah dilengkapi sebuah taman mini dan tempat bersantai. Sementara, kamar-kamarnya memiliki fasilitas ranjang yang empuk, cermin dan meja rias, serta televisi layar datar. Dengan sewa mulai Rp200 ribuan per malam, dapat dilakukan lewat nomor ponsel 0819 2706 8153.

Shakila Homestay - @Shakila Homestay
Shakila Homestay – @Shakila Homestay

[1] Saputra, M. Ryan dan Rodhiyah. 2016. Strategi Pengembangan Wisata di Kawasan Gunung Andong Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 UNDIP, Vol. 5(4): 571-586.

[2] Zakaria, Faris dan Rima Dewi S. 2014. Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Jurnal Teknik POMITS, Vol. 3(2): 245-249.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan