Harga Makanan dan Tiket Masuk Dusun Semilir Semarang




Dusun Semilir Semarang - travel.kompas.com
Dusun Semilir Semarang - travel.kompas.com

Saat berlibur ke , mungkin Anda akan sedikit dipusingkan dengan keberadaan banyak wisata yang oke-oke. Nah, sebagai referensi, Anda mungkin bisa langsung meluncur ke Dusun Semilir. Sedang viral di kalangan para traveler kekinian, harga tiket masuk ke kawasan ini cukup terjangkau. Selain menyediakan spot yang Instagramable, tempat ini juga memiliki restoran kece dengan harga makanan yang bisa dibilang standar.

Meskipun Semarang selama ini lebih dikenal sebagai kota industri dan bisnis (terletak di kawasan segitiga emas Joglosemar yang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi), ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut juga diketahui memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.[1] Bahkan, kepariwisataan Kota Semarang telah memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar.[2]

Tidak hanya terbatas di kota, Kabupaten Semarang pun memiliki segudang tempat yang oke untuk liburan. Mengusung slogan ‘Surganya Jawa Tengah’, Anda bisa menemukan sejumlah objek wisata alam, , hingga sejarah seperti candi dan museum. Nah, salah satu yang sedang viral dan diminati banyak pelancong masa kini, terutama anak muda, adalah Dusun Semilir.

Lokasi Dusun Semilir

Dusun Semilir bisa Anda temukan di Ngempe, Kecamatan Bawe, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berada di samping jalan utama Semarang-Surakarta/Yogyakarta, menemukan tempat wisata ini memang bukan pekerjaan yang susah. Jarak dari Kota Semarang hanya sekitar 37 km atau bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor selama sekitar 40 menit. Sementara, apabila Anda berangkat dari Surakarta, jarak menuju Dusun Semilir kira-kira 77 km atau kurang lebih 1 jam 15 menit berkendara melewati jalan tol.

Kalau Anda berangkat dari Kota Semarang atau Surakarta, Anda bisa memulai lewat jalan tol. Selanjutnya, bisa keluar di exit Tol Bawen, dilanjutkan menuju Dusun Semilir yang berselang hanya 1,5 km lagi. Cukup belok kanan (utara) menuju jalan utama Semarang, maka nantinya tempat wisata ini akan Anda temukan di kiri jalan. Tidak perlu khawatir tersesat, karena bangunan megahnya sangat mencolok.

Lihat Juga:   Pepito Homestay Batu, Akomodasi Keluarga Tarif Rp450 Ribuan
Dusun Semilir Semarang - www.idntimes.com
Dusun Semilir Semarang – www.idntimes.com

Fasilitas Dusun Semilir

Termasuk tempat wisata yang tergolong baru, Dusun Semilir saat ini tengah menjadi incaran banyak traveler milenial. Pasalnya, tempat tersebut menawarkan panorama yang berbeda. Di sini, Anda akan menemukan bangunan unik mirip stupa Candi Borobudur. Memasuki stupa pertama, pengunjung akan menemui area berbelanja. Di sini, terdapat aneka souvenir dan batik khas indonesia. Tidak hanya itu, tersedia juga berbagai mainan tradisional. Di lantai dua, sudah ada Gunungan Resto, tempat makan dengan fine dining. Pengunjung dapat mencicipi aneka sambil menikmati pemandangan -gunung di sekitar Semarang.

Spot lainnya yang tidak kalah kece adalah Jembatan Senggol. Ini bisa Anda temukan sesaat setelah keluar stupa pertama. Sepanjang Jembatan Senggol, sudah tersedia banyak tempat yang keren untuk berfoto. Selain itu, ada pula stand-stand yang menjual aneka makanan dan minuman. Dengan sebagian besar material terbuat dari bambu dan kayu, jembatan ini tampak unik untuk diabadikan.

Selain menawarkan banyak spot foto kekinian, Dusun Semilir juga memiliki wisata yang dapat dimanfaatkan . Anda bisa mencoba naik gondola dan trem di Alun-Alun Eropa atau menjajal kereta wisata. Untuk trem, satu gerbong dapat menampung maksimal tiga orang. Sementara, kereta wisata memiliki dua gerbong dengan daya angkut hingga 30 orang per gerbong.

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir

Sesi KunjunganHarga Tiket
WeekdayRp20.000
WeekendRp25.000
Fast Pass TicketRp95.000
Dusun SumringahRp35.000

Lelah berwisata, tentu saja perut akan kosong dan lapar. Tidak perlu khawatir, karena pengelola Dusun Semilir sudah menyediakan sejumlah area untuk bersantap. Spot paling oke untuk makan di kawasan ini adalah Gunungan Resto, yang selain punya banyak menu enak, juga menawarkan pemandangan alam di sekitar Semarang. Berikut kami sajikan harga makanan di Dusun Semilir.

Lihat Juga:   Info Penginapan yang Lokasinya di Dekat Pantai Goa Cina, Malang

Harga Makanan Dusun Semilir

MenuHarga
Lunch or Dinner PackageRp75.000 per pax
Kids Birthday PackageRp50.000 per pax
Coffee Break PackageRp75.000 per pax
Gunungan BarSop Buntut Dusun Semilir : Rp55.000
Ayam Bakar Bumbu Rendang : Rp30.000
Thai Beef Salad : Rp35.000
Bandeng Presto Sambal Kecap Pedas : Rp35.000
Udang Goreng Lada Hitam : Rp75.000
Sop Iga Sapi : Rp55.000
Lawar Bali Cumi Bakar : Rp25.000
Ayam Saus Teriyaki : Rp35.000
Gado-gado : Rp20.000
Tahu Gimbal : Rp25.000
Sop Ayam Jamur : Rp25.000
Bebek Goreng Cabai Hijau : Rp50.000
Sate Campur Maranggi : Rp60.000
Daging Sapi Bumbu Kari Hijau : Rp53.000
Gurami Goreng Saos Betutu : Rp50.000
Daging Bakar Saus Semur : Rp55.000
Vegetarian Rawon : Rp30.000
Mie Ramen : Rp40.000
Tori Katsu Ramen : Rp45.000
Spicy Tori Katsu Ramen : Rp45.000
Squid Bund : Rp30.000
Dusun Semilir Triple Decker : Rp40.000
Rendang Fajitas : Rp33.000
Chicken in the Basket : Rp30.000
Fish and Chips : Rp30.000
Moriawashe : Rp20.000
Chicken Slider : Rp20.000
Beef Burger : Rp55.000
Mixed Fruit Potatoes : Rp22.000
Cakwe Udang Mayonaise : Rp32.000
Captain America Nugget Burger : Rp27.000
Upin Ipin Hot Dog : Rp23.000
Boboiboy Beef Slider : Rp50.000
Spiderman Fried Rice : Rp25.000

Harga menu makanan di Dusun Semilir Semarang tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk akun Instagram resmi Dusun Semilir dan bocoran beberapa wisatawan. Perlu diingat bahwa harga makanan di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika membutuhkan informasi lebih detail, silakan menghubungi nomor ponsel 0811 289 068.

Dusun Semilir Semarang - www.tiket.com
Dusun Semilir Semarang – www.tiket.com

[1] Listyowati, Ari, E.K.S. Harini Muntasib, Rachmad Hermawan. 2013. Permintaan Wisata Alam di Kota Semarang Bagi Kelompok Usia Muda. Media Konservasi, Vol. 18(2): 101-106.

[2] Wahyudin, M. 2005. Analisis Potensi dan Permasalahan Wilayah Pantai Kota Semarang sebagai Kawasan Wisata Bahari (Tesis). Magister Manajemen Sumberdaya Pantai Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan