Rekomendasi Makanan Halal di Seminyak Bali, Menu Nikmat Harga Reasonable




Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku - www.tripadvisor.co.id
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku - www.tripadvisor.co.id

Makanan menjadi hal penting yang harus Anda pikirkan ketika hendak ke suatu daerah selama beberapa hari, termasuk saat ke Seminyak, Bali. Jika Anda adalah seorang Muslim, makanan yang bisa disantap tidak cuma harus enak, tetapi juga halal. Nah, untungnya di Seminyak sudah ada sejumlah tempat makan halal yang dapat Anda kunjungi saat ingin mengisi perut yang kosong.

halal saat ini memang kian familiar di kalangan wisatawan Muslim. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian berbagai daerah di Nusantara menggencarkan pembaharuan pariwisata mereka. halal tourism ini secara garis besar menyediakan jaminan makanan halal, tidak menjajakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang beribadah (azan), tempat bersuci lengkap dengan ibadah, serta berkonsep pemisahan antara laki-laki dan perempuan.[1]

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara tujuan wisata halal yang cukup populer di dunia. Bahkan, pada gelaran The World Halal Travel Summit & Exhibition 2015 lalu, Indonesia sukses meraih tiga penghargaan sekaligus, yaitu World Best Family Friendly Hotel, World Best Halal Honeymoon Destination, dan World Best Halal Tourism Destination.[2]

Lalu, bagaimana dengan , yang mayoritas penduduknya menganut agama Hindu? Tidak perlu khawatir, karena sejumlah spot wisata di Dewata telah menyediakan fasilitas halal bagi wisatawan, termasuk jika Anda hendak mencari makanan halal. Nah, apabila Anda kebetulan ingin liburan ke Seminyak, berikut referensi tempat makan halal yang dapat Anda tuju.

Som Chai

Walau menyediakan mayoritas menu ala Thailand, Som Chai terhitung sebagai salah satu restoran yang menyediakan makanan halal di Bali. Dengan menu yang diadaptasi dari Negeri Gajah Putih, koki restoran meracik sebagian besar makanannya dengan bumbu-bumbu yang bisa dikonsumsi semua kalangan, serta sudah disesuaikan dengan lidah mayoritas masyarakat Indonesia.

Lihat Juga:   Tarif Kamar Hotel di Palur Karanganyar dan Sekitarnya

Ada beragam sajian yang dapat Anda santap. Pannang curry misalnya, kari sapi yang dimasak dengan campuran santan kental dan diolah dengan rempah-rempah yang tak terlalu kuat. Ada juga crispy whole piece, gurami yang digoreng garing, dimasak dengan tambahan kriuk. Jika Anda berminat mampir, dapat meluncur ke Jalan Pangkung Sari No. 30, Petitenget, Seminyak.

Som Chai - whatsnewindonesia.com
Som Chai – whatsnewindonesia.com

Queen’s Tandoor

Rekomendasi lainnya adalah Queen’s Tandoor yang beralamat di Jalan Raya Seminyak No. 1/73, Seminyak, Kuta. Dilansir dari situs resminya, orang-orang diklaim memilih Queen’s ketika mereka ingin merasakan citarasa autentik dari makanan bersama dengan pengalaman bersantap yang mengesankan. Menjadi salah satu restoran tertua, tidak hanya Bali, tetapi juga Jakarta, Queen’s Tandoor menyatukan pengalaman yang menyenangkan bagi setiap tamu.

Menurut review beberapa pengunjung, restoran ini menyediakan resep legendaris dari chef asli Negeri Sungai Gangga, dengan pelayanan yang ramah dan didukung dengan ambient yang total, berbalut musik instrumental India. Menu yang disediakan antara lain Makai Jalfrazi, Dhal Sag Chicken, Fish Curry, Prawn Masala, Roghan Nan, hingga Aloo Gobhi Mutter, dengan mulai Rp33 ribuan per porsi.

Queen's Tandoor - baliindiancuisine.com
Queen’s Tandoor – baliindiancuisine.com

Made’s Warung

Nah, untuk mereka yang ingin menikmati sajian lokal dan halal, Made’s Warung dapat dijadikan rujukan yang oke. Tempat makan ini berada di Jalan Raya Seminyak, Seminyak, Kuta. Konon sudah berdiri sejak tahun 1969 silam, properti ini telah berkembang dari warung pinggir jalan tradisional menjadi restoran kosmopolitan yang menyajikan berbagai makanan lokal dan internasional di Bali.

Lihat Juga:   5 Penginapan Dekat Tempat Wisata Hits di Kota Batu

Pilihan menu yang disediakan sangat beragam. Untuk Indonesia Food misalnya, Made’s Warung menawarkan Rujak, Cap Cay, Gado-Gado, Lumpia, Fried Green Vegetables, Stuffed Tofu, Sate, Beef Rendang, hingga Bubur Ayam. Selain itu, ada pula Nasi Campur, Nasi Campur Special, serta aneka Nasi Goreng dengan harga mulai Rp43 ribu hingga Rp65 ribuan per porsi.

Made's Warung - www.thebalibible.com
Made’s Warung – www.thebalibible.com

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Kata orang, jalan-jalan ke Bali kurang lengkap rasanya jika belum mampir ke tempat ini. Yup, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku merupakan tempat makan yang bisa dibilang legendaris di Pulau Dewata karena sudah eksis sejak dekade 1960-an silam. Anda bisa menemukan restoran ini di Jalan Kayu Jati No. 12, Petitenget, Seminyak. Selain itu, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku juga beroperasi di kawasan Ubud.

Hanya satu menu yang disediakan di tempat ini, yakni nasi ayam. Isinya serba ayam, ada yang digoreng, dipepes, ditumis, dan suwir-suwir, serta tersedia tambahan telur dan ampela ati. Masakannya disajikan dengan bumbu khas Bali yang hampir selalu memanfaatkan kelapa dan juga kencur, tidak terlalu pedas. Untuk satu porsi nasi ayam, pengunjung cukup membayar harga Rp35 ribuan.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku - www.tripadvisor.co.id
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku – www.tripadvisor.co.id

[1] Hadi, Firdausia. 2017. Kajian Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Syari’ah (Studi di Pulau Santen Kabupaten Banyuwangi). Jurnal MD Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Vol. 3(1): 99-116.

[2] Pratiwi, Ade Ela. 2016. Analisis Pasar Wisata Syariah di Kota Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, Vol. 14(1): 345-364.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan