Rekomendasi dan Harga Makanan Halal di Osaka




Ramen Honolulu - wagayahawaii.com
Ramen Honolulu - wagayahawaii.com

Berada di negara dengan mayoritas non-Muslim seperti memang menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi Anda yang beragama Islam. Ini karena Anda tidak hanya diuji dengan sedikitnya tempat ibadah di negara tersebut, tetapi juga makanannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jika berkunjung ke Osaka, Anda bisa menemukan beberapa dengan halal, meskipun harganya tidak bisa dibilang murah.

Sebelum mencari makanan halal yang ada di Jepang, khususnya Osaka, pastikan Anda benar-benar paham dengan istilah halal. Hal ini karena negara dengan mayoritas non-Muslim kadang masih kurang paham dengan arti halal yang sebenarnya.

Berdasarkan Al Quran dan hadits, makanan dikatakan halal tidak hanya karena sesuai dengan hukum Islam, tetapi juga menyehatkan ketika dikonsumsi. Hal tersebut berhubungan dengan cara makanan disiapkan dan diproses. Makanan halal tidak boleh mengandung bahan yang dianggap haram atau dilarang bagi umat Islam, seperti babi, hewan yang disembelih tidak atas nama Allah SWT, alkohol, hewan karnivora, burung pemangsa, dan makanan yang terkontaminasi dengan bahan-bahan tersebut.[1]

Berdasarkan definisi di atas, banyak restoran di Osaka yang memutuskan untuk menyiapkan makanan halal bagi para Muslim. Hal ini selain membuat para pendatang merasa nyaman, juga membuat sejumlah komunitas Islam merasa mudah untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari. Bagi Anda yang masih bingung mencari restoran halal di Osaka, berikut sejumlah kedai dengan sajian halal yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Halal Restaurant Naritaya Osaka Minami

Bagi Anda penggemar wagyu, tidak ada salahnya untuk memanjakan perut di Halal Restaurant Naritaya Osaka Minami. Pasalnya, ada banyak menu wagyu dengan resep yang lezat, dan tentunya halal. Restoran tersebut berada di 1-7-23 Higashi Shinsaibashi Chuo-ku, Osaka, dan termasuk berada di kawasan turis.

Lihat Juga:   Sensasi Makanan Tradisional Jepang di Nishiki Japanese Restaurant

Memang, jalan tersebut adalah salah satu jalanan ramai yang paling banyak disinggahi pendatang dari berbagai negara. Dari sekian banyak menu makanan yang ditawarkan, paling memang wagyu. Ada beberapa varian menu wagyu yang bisa Anda pilih, seperti halal wagyu yakiniku bowl, halal wagyu katsu, dan halal wagyu curry.

Sementara, bagi Anda yang tidak ingin atau tidak suka dengan wagyu, Anda bisa memilih menu makanan lainnya, seperti special naritaya ramen, spicy miso ramen, vegetable ramen free of animal products, deep fried chicken, dan fried dumpling. Untuk menu makanan yang disediakan di Halal Restaurant Naritaya Osaka Minami, mulai 500 yen hingga 2.000 yen.

Halal Restaurant Naritaya Osaka Minami - www.tripadvisor.co.id
Halal Restaurant Naritaya Osaka Minami – www.tripadvisor.co.id

Ramen Honolulu

Berwisata ke Jepang, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi ramen dengan rasa autentiknya. Salah satu kedai ramen yang menawarkan berbagai macam varian ramen halal adalah Ramen Honolulu. Lokasinya berada di 2 Chome-5-27 Motomachi, Naniwa Ward, Osaka, Jepang.

Untuk memilih menu makanan, bagi Anda yang tidak bisa berbahasa Jepang, Anda bisa meminta tabel menu makanan dengan bahasa Inggris. Dari sekian banyak menu ramen yang disajikan, salah satu andalan kedai ini ialah special rich chicken ramen. Selain halal, makanan ini terkenal karena rasanya yang lezat. Anda bisa merasakan perpaduan kaldu ayam yang kental ditambah mie yang legit dan potongan ayam yang gurih dengan aneka topping lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa menu populer lainnya, seperti spicy ramen, spicy yakiniku ramen, fried chicken ramen, halal gyoza, curry rice, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin menikmati kelezatan ramen di restoran tersebut, Anda perlu menyiapkan kocek mulai 200 yen hingga 300 yen untuk minuman dan 580 yen hingga 1.380 yen untuk makanan.

Lihat Juga:   Pantai Pahawang, Tempat Wisata di Lampung dengan Pemandangan Bawah Laut Menakjubkan
Ramen Honolulu - wagayahawaii.com
Ramen Honolulu – wagayahawaii.com

Halal Kobe Beef Nagomi

Bagi Anda yang suka dengan makanan berbahan dasar daging sapi dengan tampilan mewah, Anda bisa mengunjungi Halal Kobe Beef Nagomi. Restoran ini menyediakan berbagai macam stik khas Jepang dengan bahan daging sapi kobe kualitas premium. Halal Kobe Beef Nagomi sendiri berada di 2 Chome-12-21 Nipponbashi, Chuo Ward, Osaka, Jepang.

Menu paket makanan yang disediakan di Halal Kobe Beef Nagomi ini terdiri dari steak daging sapi kobe yang dipanggang dengan bumbu khas Jepang, yang dilengkapi dengan aneka macam salad, sosis bakar, kentang goreng, ring onion, nasi, sup, makanan penutup, dan minuman. Untuk menikmati menu makanan yang ada di restoran ini, setidaknya Anda harus merogoh kocek sebesar 8.000 yen hingga 74.000 yen per paket.

Halal Kobe Beef Nagomi - fooddiversity.today
Halal Kobe Beef Nagomi – fooddiversity.today

Itulah rekomendasi beberapa restoran yang menyediakan menu halal yang dapat Anda temukan di Osaka. Memang, makanan halal di kawasan ini terbilang lebih mahal. Namun, hal itu cukup wajar mengingat cara memasak dan mendapatkan bahan makanan yang sulit di negara dengan mayoritas non-Muslim seperti Jepang.

[1] Scholichah, Wildatus dkk. 2017. Analisis Risiko MAkanan Halal di Restoran Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 16(1): 150-156.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan